7.07.2014

10 Khasiat Menakjubkan Buah Kiwi bagi Kesehatan Tubuh

10 Khasiat Menakjubkan Buah Kiwi bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Buah yang awalnya berasal dari New Zealand ini rupanya mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah kiwi secara ilmiah dikenal dengan istilah Actinidia deliciosa, sedangkan kiwi berasal dari nama burung asli Selandia Baru, yang disebut kiwi. Buah kiwi memiliki kulit berwarna coklat dan dagingnya hijau dengan biji hitam kecil-kecil. Buah ini memiliki rasa yang manis. Buah kiwi terbagi atas dua jenis yaitu kiwi hijau dan kiwi gold. Sesuai namanya, kiwi hijau mempunyai daging berwarna hijau dan kiwi gold memiliki daging dengan warna kuning. 
10 Khasiat Menakjubkan Buah Kiwi bagi Kesehatan Tubuh
10 Khasiat Menakjubkan Buah Kiwi bagi Kesehatan Tubuh
Pada bagian dalamnya, terdapat biji-biji yang kecil sehingga membuat daging buah ini tampak cantik. Maka tak heran, jika irisan daging buah kiwi biasa digunakan sebagai hiasan kue tart atau minuman. Selain bentuknya yang cantik, Anda akan merasa segar setelah mencicip buah ini. Rasa asam manis dan kandungan air yang dimilikinya membuatnya disukai banyak orang. Terlebih lagi kandungan gizi yang dimilikinya yang akan bermanfaat bagi kesehatan dan juga untuk kecantikan. Buah kiwi juga mengandung flavonoid yang berperan sebagai antioksidan sehingga anda terhindar dari penyakit jantung dan kanker. Untuk lebih jelasnya mari segera kita simak beberapa manfaat dan khasiat menakjubkan buah kiwi bagi kesehatan seperti berikut ini.

1. Menangkal radikal bebas
Buah kiwi mengandung 100 mg vitamin C dalam 100 gram beratnya. Sedangkan jeruk hanya memiliki kandungan vitamin C sebanyak 54 mg per 100 gram. Ini berarti kandungan vitamin C pada sebutir kiwi sama dengan 2 buah jeruk. Sebagaimana yang kita tau, vitamin C bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh serta mengatasi resistensi infeksi juga.

2. Mencegah Kanker
Selain terkandung vitamin C, buah kiwi juga mengandung vitamin E yang berperan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker dan jantung sebab vitamin E mampu menstabilkan kondisi tubuh kita. Selain itu, vitamin E juga bermanfaat dalam perawatan kecantikan sehingga wajah anda mampu terlihat lebih cantik. Untuk mendapatkan manfaat kecantikan ini, anda bisa mengolah buah kiwi ini untuk dijadikan masker wajah anda.

3. Sebagai antioksidan
Kandungan polifenol, karotenoid dan enzim-enzim lain membentuk antioksidan yang akan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Hasilnya tubuh lebih sehat dan dapat terhindar dari banyak penyakit.

4. Menjaga kesehatan mata
Manfaat dari lutein dan beta karoten (vitamin A) adalah menjaga kesehatan mata. Maka dengan mengkonsumsi buah kiwi, fungsi penglihatan dapat terpelihara dengan baik. Sehingga anda akan terhindar dari mata rabun, paling tidak akan mengurangi efek mata rabun di usia senja.

5. Mengatasi hipertensi
Tak hanya kelapa yang bermanfaat untuk mengatasi darah tinggi, sebab unsur kalium yang juga dimiliki oleh buah kiwi sangat baik bagi anda yang sedang menderita Hipertensi. Nantinya, kalium inilah yang akan mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah anda.

6. Mengontrol kolesterol dan kadar gula dalam darah
Unsur kalium yang terdapat pada buah kiwi bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Buah kiwi juga dapat membantu mengurangi risiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Sehingga dapat mengontrol kolesterol dan kadar gula dalam darah.

7. Baik untuk ibu hamil
Di awal kehamilan, ibu hamil membutuhkan 400-800 mikrogram asam folat untuk perkembangan janin. Kiwi adalah salah satu buah yang memiliki kandungan tinggi folat. Folat sangat bermanfaat membantu perkembangan otak dan kognitif dan mencegah cacat saraf pada bayi.

8. Mencegah autism
Berkat adanya kandungan Omega-3 Fatty Acids pada buah kiwi, sangat ampuh untuk mencegah terjadinya penyakit autism pada anak-anak serta menghindarkan anda dari penyakit jantung dan stroke.

9. Mengatasi masalah pencernaan
Buah kiwi dapat membantu bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan. Buang air besar tidak teratur atau kembung dapat diatasi dengan mengkonsumsinya secara teratur. Pasalnya, buah kiwi merupakan buah penghasil fitonutrients dalam tubuh sehingga mampu menghasilkan polifenol yang sangat besar. Polifenol sendiri memiliki peran menjaga sistem pencernaan serta menangkal radikal bebas dalam tubuh kita.

10. Baik untuk tulang dan otak
Kandungan mineral yang dimiliki buah kiwi diantaranya adalah magnesium, mangan dan tembaga. Senyawa dalam kandungan mineral yang dimiliki buah kiwi mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Contohnya, magnesium memiliki manfaat untuk menguatkan tulang anda. Mangan sendiri berperan sebagai kalisator yang bermanfaat untuk dismutase superoksida. Sementara tembaga yang berguna untuk membantu perkembangan otak dan menjaga kekuatan tulang anda.

Buah kiwi disebut sebagai 'nutritional all - star' yang berarti bahwa buah ini memiliki kepadatan nutrisi terbaik. Oleh karenanya, konsumsi buah kiwi sebagai menu sarapan Anda karena buah kiwi sangat kaya akan magnesium yang dapat mengubah makanan menjadi energi.

10 Khasiat Menakjubkan Buah Kiwi bagi Kesehatan TubuhTitle : 10 Khasiat Menakjubkan Buah Kiwi bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Buah yang awalnya berasal dari New Zealand ini rupanya mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah kiwi secara ilmiah dikenal de...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|