7.07.2014

Tempat-Tempat Spektakuler, Fenomena dan Keajaiban Alam di Dunia

Tempat-Tempat Spektakuler, Fenomena dan Keajaiban Alam di Dunia -
UniksPos -
Di dunia ini, banyak dari kita yang mencari keajaiban dunia namun banyak pula yang kurang bisa memahami keajaiban dunia. Selain itu, banyak pula orang yang berasumsi bahwa keajaiban dunia ialah tempat-tempat yang indah dan bangunan-bangunan yang sulit dibayangkan cara pembuatannya. Namun pada kenyataannya beberapa fenomena alam yang sulit dipahami pun turut andil sebagai keajaiban dunia. 
Tempat-Tempat Spektakuler, Fenomena dan Keajaiban Alam di Dunia
Tempat-Tempat Spektakuler, Fenomena dan Keajaiban Alam di Dunia
Satu hal yang pasti bahwa keajaiban dunia itu haruslah menimbulkan rasa takjub bagi siapa saja yang melihat ataupun mengetahuinya. Berikut ada beberapa  tempat menakjubkan, keajaiban alam dan fenomena yang terjadi di berbagai penjuru dunia yang mungkin belum anda ketahui. Mari kita simak bersama-sama!

1. Pintu Neraka (Hell gate)
Sebenarnya tempat ini tidak seseram namanya. Hell gate atau lubang neraka hanyalah nama pemberian warga setempat karena lubang ini memiliki api abadi yang sudah menyala sejak 37 tahun yang lalu. Alhasil gua raksasa tersebut pun menjadi gua merah membara layaknya neraka yang panas selama bertahun-tahun sampai akhirnya gua tersebut pun disebut sebagai “Hell Gate” atau gerbang neraka oleh masyarakat setempat. Hal ini dikarenakan sumber gas bumi yang dimiliki nya. Hell gate ini terletak di negara Uzbekistan.

2. Great Blue Hole
Great Blue Hole adalah lubang runtuhan bawah air di lepas pantai Belize. Lubang itu terletak di dekat pusat Karang Lighthouse, sebuah atol kecil yang berjarak 70 kilometer dari daratan dan Belize City. Great blue hole merupakan lubang di lautan yang berbentuk mendekati lingkaran sempurna, memiliki diameter 0,4 km dan kedalaman 145 meter. Disisinya dibatasi oleh karang yang masih dalam komplek karang lighthouse.

3. Fly Geyser
Terletak di Nevada, AS. Fly Geyser tak sengaja diciptakan pada tahun 1916 saat pengeboran sumur untuk air, Dan air panas yang keluar terus-menerus dan semakin lama membentuk sebuah kerucut yang berwarna warni yang disebabkan oleh mikroorganisme tertentu. Uniknya, sumber mata air airnya bisa digunakan untuk merebus telur dan lain sebagainya. Jadi pada dasarnya tempat ini tertutup untuk umum. Tetapi karena kepopulerannya di internet, sehingga banyak wisatawan yang sengaja datang ke Fly Ranch untuk melihat sendiri geyser berwarna pelangi ini.

4. Danau Biru di dalam Gua (Blue lake cave)
Terletak di wilayah selatan Brasil dekat kota tenang Bonito, Anda akan menemukan tempat spektakuler yang bernama Blue lake cave, mineral gua membuat air jernih berkilau kebiru biruan yang indah, dihiasi dengan stalaktit dan formasi gua geologi lainnya. Tempat ini juga tak kalah unik. Kalau anda belum pernah membayangkan ada danau di dalam gua maka tempat inilah jawabannya. Salah satu keindahannya adalah pada interiornya (meski tempat ini terbentuk secara alami) yang terbentuk dari stalaktit, stalakmit, dan danau biru yang sangat indah. Keindahan utamanya adalah pada air danau yang berwarna biru dan jernih.

5. Batu Ombak (Wave rock)
Wave Rock adalah formasi batuan alam yang berbentuk seperti gelombang laut yang tinggi. Tingginya 14 meter dan panjang mencapai 110 meter. Membentuk sisi utara bukit soliter, yang dikenal sebagai "Hyden Rock". Terletak di bagian barat australia. Bukit ini, yang merupakan granit inselberg, terletak 3 km timur dari kota kecil Hyden dan 296 km timur-tenggara dari Perth, Australia Barat. Wave Rock dan merupakan bagian dari 160 ha (395-acre) cagar alam, Hyden Wildlife Park. Bisa dilihat, batuan ini hampir sangat mirip dengan ombak besar. Guratan garis-garisnya pun semakin menimbulkan kesan seperti ombak. Batuan ini sebenarnya tidak ada kaitannya dengan ombak yang membatu atau sebagainya walaupun ada orang yang mengatakannya demikian. 

6. Danau Kelimutu (Danau tiga warna)
Kali ini adalah giliran tempat menarik yang terletak di indonesia. Danau yang pernah dijadikan gambar di mata uang rupiah terdahulu ini memang benar benar memiliki tiga warna yang berbeda. Uniknya adalah warna dari danau ini berubah ubah seiring waktu berjalan.  Danau yang terletrak di NTT tepatnya di pulau flores ini menjadi destinasi wisata yang alam yang sangat menarik untuk di kunjungi karena selain keunikannya terdapat pula pemandangan yang amat luar biasa. Awal mulanya daerah ini ditemukan oleh orang lio Van Such Telen, warga negara Bapak Belanda Mama Lio , tahun 1915. Keindahannya dikenal luas setelah Y. Bouman melukiskan dalam tulisannya tahun 1929. Sejak saat itu wisatawan asing mulai datang menikmati danau yang dikenal angker bagi masyarakat setempat. Mereka yang datang bukan hanya pencinta keindahan, tapi juga para peneliti yang ingin tahu kejadian alam yang amat langka itu.

7. Uluru
Uluru, dikenal juga sebagai Ayers Rock, adalah sebuah formasi batu berukuran besar di Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta, yaitu 350 kilometer di barat daya kota Alice Springs, Northern Territory, Australia. Uluru adalah benda keramat bagi para Aborigin dengan banyak mata air, gua, dan lukisan primitif. Uluru tercatat dalam Warisan Dunia, dan merupakan salah satu simbol alam pedalaman paling mengesankan di Australia. Uluru juga mengusung dongeng rakyat yang tak lekang waktu, budaya asli yang kaya, dan nuansa kerohanian yang kental. Terletak tepat di jantung Uluru Kata Tjuta National Park, di tengah Red Centre Australia.

8. Air Terjun Niagara
Niagara adalah air terjun besar di sungai Niagara yang berada di garis perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat New York dengan provinsi Kanada Ontario. Sebenarnya air terjun ini merupakan air terjun yang memang memiliki luas yang besar dibandingkan dengan air terjun di daerah lainnnya di dunia ini. Jika dipetakan, keberadaan Air Terjun Niagara ini berjarak 27 km berada di sebelah utara barat laut Buffalo, New York. Sementara dari bagian tenggara Toronto, Ontorio adalah berjarak 120 km tenggara. 

9. Salar de Uyuni
Terletak di Bolivia, Salar de Uyuni atau Salar de Tunupa merupakan dataran garam terluas di dunia. Salar de Uyuni terletak di Departemen Potosi dan Oruro, Bolivia bagian tenggara, dekat puncak Andes, pada ketinggian 3.650 meter. Salar de Uyuni adalah gurun garam paling besar di dunia. Meliputi kawasan seluas 10.582 kilometer persegi, jantung dari Altiplano. Pada waktu tertentu pemandangan disini sangat menakjubkan yaitu pantulan langit akan terlihat jelas di gurun garam ini dan menimbulkan efek cermin yang sangat indah.

7. Air terjun malaikat (Angel fall)
Air Terjun Angel atau Santo Angel adalah air terjun jatuh-bebas tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter, sementara yang jatuh tanpa hambatan sejauh 807 meter. Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela. Dari namanya saja sudah tercermin betapa tingginya air terjun ini. Kalau kita terjun menggunakan parasut dari atas air terjun, maka kita akan serasa melayang di udara.

8. Briksdalsbreen (Glasier briksdal)
Briksdalsbreen atau Glasier Briksdal merupakan salah satu keajaiban alam yang terdapat di kawasan Taman Nasional Jostedalsbreen, Norwegia. Briksdalsbreen merupakan sebuah aliran sungai yang membeku, meski kemudian mencair secara perlahan. Aliran air beku Briksdal yang indah itu berakhir di sebuah danau es kecil, Briksdalbrevatnet, berada di ketinggian 346 meter di atas permukaan laut. Tempat ini sangat indah bagi pecinta keindahan es.

9. Karang Penghalang Besar (Great barrier reef)
Karang Penghalang Besar adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3 ribu karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 kilometer. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia, dan termasuk tempat yang dilindungi Great Barrier Reef Marine Park. Keunikannya adalah karang ini memiliki dinding kepungan yang terbentuk secara alamiah.

10. Danau Baikal
Terletak di sebelah selatan Siberia Russia, sebuah danau dengan pemandangan yang menawan dan telah memukau banyak orang. Danau Baikal ialah danau terdalam dan tertua di dunia dan terbanyak air tawarnya di Bumi. Danau ini berisi lebih dari 20 persen air tawar dunia dan lebih dari 90 persen air tawar Russia. Baikal adalah representasi danau dengan warna biru yang sangat kentara. Ini juga menunjukkan kejernihan Danau Baikal, yang airnya bisa langsung diminum tanpa penyaringan. Ya, Baikal juga menempati posisi sebagai salah satu danau terjernih di dunia. Pada musim dingin seluruh air di Danau Baikal berubah menjadi es. Pemandangan Danau Baikal tertutup es ini telah menarik banyak orang untuk melihatnya. 

11. Pamukkale
Pamukkale, yang berarti "benteng kapas" dalam bahasa Turki, adalah sebuah situs alam di Provinsi Denizli di Turki barat daya. Kota ini berisi air panas dan travertine, mineral karbonat yang ditinggalkan oleh air yang mengalir. Mungkin bisa dibilang tempat ini adalah pemandian air panas bertingkat. Tempat ini adalah surga bagi orang-orang yang mendambakan ketenangan dan suasana rileks yang berkualitas. Dulunya, kolam ini bisa dinikmati para pengunjung. Namun semakin banyak wisatawan yang datang, Pamukkale semakin tidak terawat. Alhasil, saat ini kolam tersebut hanya bisa dinikmati sebatas pandangan mata. 

12. Ngarai antelope
Ngarai Antelope adalah sebuah ngarai terkenal yang berada di Page, Coconino County, Arizona, Amerika Serikat. Tempat ini merupakan destinasi pemotretan favorit di amerika. Tersusun dari 2 bagian terpisah, bagian atas (The Cracks) dan bagian bawah (The Corkscrew). Kawasan menakjubkan ini milik suku Indian American Navajo di Page, Arizona.

13. Cenote angelita
Terletak 17 kilometer dari Tulum. Cenote Angelita, adalah salah satu daerah di Meksiko. Tempat ini sempat menjadi perbincangan hangat di dunia maya karena keberadaannya yang menggemparkan. Jika kita menyelam ke dalam Cenote Angelita, kita akan menemukan air tawar pada kedalaman 30 meter pertama yang kemudian diikuti dengan air asin pada kedalaman 60 meter. Pada kedalaman itu juga kita bisa melihat sungai dan pohon-pohon di dasarnya. Uniknya, sungai ada di dasar laut dan airnya tak bercampur.

14. The wave
Terletak di lereng Coyote Buttes, Paria Canyon-Vermilion Cliffs Wilderness, Plato Colorado memang merupakan objek favorit para fotografer landscape. Permukaan bukitnya membentuk pola huruf U yang saling berhimpitan. Daerah perbukitannya tampak seperti permukaan gelombang laut dalam berbagai gradasi warna merah dan cokelat. Dari sanalah nama The Wave berasal. Kalau diperhatikan sepintas maka akan tampak seperti hamparan rambut panjang seorang wanita berwarna cokelat kemerahan. Jika beruntung pengunjung bahkan bisa menemukan jejak dinosaurus dan fosil arthropoda serta serangga yang hidup pada zaman jurassic. The wave adalah daerah batuan yang terletak di perbatasan arizona dan Utah. Batuan ini bisa dibilang batuan purba karena terbentuk 190 juta tahun yang lalu. 

15. Gunung Roraima
Gunung Roraima terletak di perbatasan Guyana di sudut tenggara dari Canaima National Park Venezuela 30 ribu kilometer persegi yang membentuk puncak tertinggi Rentang Dataran Tinggi Guyana. Gunung dengan Puncak datar ini dianggap beberapa formasi geologi tertua di Bumi, berumur dua miliar tahun yang lalu. Memiliki tinggi tebing 400 meter di semua sisi membuat bagian atas nya terlihat rata seolah ini adalah pulau di atas awan. Ada juga yang menyebut tempat ini mirip meja. Permukaan atas yang rata dan bersih ini akibat hujan yang turun di sini hampir tiap hari. Hujan tersebut lah yang membersihkan permukaan atas gunung dari tanaman rambat.

16. Chocolate hills
Chocolate Hills, atau Bukit Coklat, adalah objek wisata paling terkenal di Bohol, Filiphina, merupakan formasi geologi yang tidak biasa, berupa 1.268 bukit yang membentuk kerucut sempurna dengan ukuran hampir sama, yaitu 30 sampai yang tertinggi 120 meter dan tersebar di wilayah seluas 50 kilometer persegi. Uniknya, kumpulan bukit ini ini tertutup oleh rumput hijau akan berubah menjadi coklat ketika musim kemarau. bahkan menurut orang orang disana Chocolate Hills berbentuk seperti gundukan raksasa ada juga yang mengatakan seperti anak kecil. Chocolate Hills merupakan salah satu objek wisata disana dan telah dilindungi oleh pemerintah provinsi dan merupakan National Geological Monument ketiga di Filipina.

17. Giant crystal cave
Gua ini adalah gua yang didalam nya terdapat kristal- kristal raksasa bahkan panjangnya bisa menyamai pohon pinus serta memiliki bentuk yang beragam. Diketahui kristal-kristal tersebut juga memiliki warna perak dan emas transparan. Luar biasanya mereka terbentuk secara alamiah. Kristal-kristal raksasa ini terbentuk dari tanah jenuh kalsium sulfat yang disaring melalui sistem gua jutaan tahun yang lalu. Air dihangatkan oleh intrusi magma yang berada satu mil di bawah permukaan tanah, dan disaring melalui sistem gua jutaan tahun yang lalu. Pada 600 ribu tahun yang lalu, magma mulai dingin, mineral mulai mengendap keluar dari air, dan selama berabad-abad kristal kecil tumbuh dan tumbuh sampai tahun 1985. 

18. Giant Causeway
Giant's Causeway ialah kumpulan kolom basalt yang terbentuk karena letusan vulkanik. Kebanyakan kolom-kolom ini berbentuk heksagonal, meskipun ada juga yang punya empat, lima, tujuh, atau bahkan delapan sisi. Susunan basalt ini terdiri dari kurang lebih 40 ribu basalt yang saling bersambung. Berlokasi di pesisir timur laut irlandia, batuan ini terbentuk dari sisa erupsi vulkanik masa lampau.

19. Crystal cave, Islandia
Fenomena kristal yang terjadi di Crystal Cave ini berasal dari proses air sungai yang mengalir di atas atap gua. Air sungai yang mengalir di atas gua membawa sedimentasi mineral. Bersamaan dengan udara atau angin yang bertiup seiring waktu endapan mineral tersebut kemudian mengeras, sementara airnya membeku dan sebagian tetap mengalir ke bawah gua. Gua kristal yang terdapat di Islandia ini memiliki panjang 7 meter, dengan tinggi 1,2 meter. Pintu masuknya berada di pesisir pantai. Meski demikian memasuki gua es ini tidaklah aman, karena dapat runtuh setiap saat terutama ketika cuaca sedang hangat. Namun sebuah pengalaman yang mendebarkan juga mengagumkan ketika dapat memasuki gua es ini, selain menikmati keindahannya, para pengunjung dapat mendengar deru arus air dan suara retakan glasier.

20. Mata di Sahara (Eye of Sahara)
Bentuk lingkaran di gurun sahara ini dikenal dengan eye of the sahara. Dengan diameter yang luas yaitu hampir 31 mil membuat tempat ini terlihat mencolok jika dilihat dari angkasa. Banyak yang meyakini bahwa ini adalah hasil hantaman meteoroid yang kuat namun para ilmuwan berasumsi bahwa ini disebabkan oleh upfit dan erosi. Namun tidak dipungkiri bentuk yang bundar ini masih menjadi teka teki bahkan untuk para geolog sendiri.

21. Relampago del Catatumbo di Ologa
Relampago del Catatumbo di Ologa, Venezuela dikenal sebagai tempat yang paling sering disambar petir di dunia. Bayangkan, 250 sambaran petir per 1 km persegi setiap tahun. Menurut penelitian, intensitas petir yang sangat tinggi dikarenakan faktor kelembaban, dan banyaknya benturan angin dari pegunungan dan laut. Ini hampir bisa disebut sebagai badai permanen. Selain itu, petir abadi ini juga dijadikan sebagai navigasi oleh para pelaut.

22. Racetrack Playa
Death Valley dikenal dengan misteri batu yang bisa bergerak sendiri, tepatnya di Racetrack Playa. Racetrack Playa adalah sebuah danau yang datar dan telah mengering. Racetrack Playa terkenal di kalangan turis karena sebuah misteri yang belum terpecahkan. Misteri itu adalah 162 batu yang bisa berpindah tempat sendiri, banyak yang menyebutnya batu geser. Meskipun belum ada yang melihat secara langsung bagaimana batu tersebut bergeser, setiap turis yang datang bisa melihat jalur yang terbentuk akibat pergeseran batu. Ternyata, permukaan Racetrack Playa tidak datar. Dataran Playa di utara ternyata lebih tinggi beberapa sentimeter dibanding permukaan sebelah selatan.

23. Gua Waitomo
Gua Waitomo yang terletak di selandia baru menyimpan keindahan yang menakjubkan. Jika berada di dalam gua ini anda tidak akan merasa takut akan gelap, karena ribuan cahaya indah bagaikan bintang menghiasi dinding dan langit-langit gua ini. Didalamnya anda akan merasa seolah sangat dekat dengan cahaya bintang yang indah, kemilau warna hijau dan biru dari cahaya akan memanjakan mata anda. Ribuan cahaya indah itu bukan berasal dari lampu melainkan dari makhluk hidup yaitu cacing Arachnocampa luminosa. Cacing tersebut dapat menghasilkan cahaya berwarna biru dan hijau. Karena jumlahnya ribuan maka terlihat seperti cahaya bintang di langit.

24. Air terjun api
Jauh di pedalaman Taman Chestnut Ridge, New York, AS yang rimbun, ada sebuah air terjun yang bernama Eternal Flame Falls atau yang berarti Air Terjun Api Abadi. Bukan tanpa alasan, memang ada api di balik air terjun ini. Api ini berasal dari gas alam yang keluar melalui celah batu di sana. Api ini bisa juga mati jika terkena angin yang terlalu kencang atau tersiram air terlalu banyak. Namun para pendaki dan pelancong yang ke sana akan dengan senang hati kembali menyalakan api demi sajian pemandangan unik.

25. Gravitasi
Gravitasi ialah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Gravitasi matahari mengakibatkan benda-benda langit berada pada orbit masing-masing dalam mengitari matahari. Gampangnya, gravitasi adalah gaya tarik suatu denda terhadap benda lain, walaupun sudah bisa dirumuskan dalam berbagai perhitungan, namun gravitasi tetap menyimpan sejuta misteri. Bahkan fakta menyebutkan bahwa supernova atau ledakan bintang terjadi karena gravitasi. Inti bintang meledak ke dalam dan runtuh kedalam dirinya sendiri lalu memancarkan gelombang kejut yang dahsyat. Setelah itu seluruh bintang akan meledak. Gravitasi juga diketahui bisa membelokan cahaya.

26. Galaksi
Galaksi ialah sebuah sistem masif yang terikat gaya gravitasi yang terdiri atas bintang, gas dan debu medium antar bintang, dan komponen materi gelap yang penting namun belum begitu dimengerti. Galaksi merupakan suatu wilayah di ruang angkasa yang menurut kita manusia sangat luas. Sebagai contoh yaitu galaksi bimasakti. Sampai saat ini galaksi bimasakti diketahui memiliki bintang sebanyak 100 milyar dan 160 milyar planet baik yang mengorbit bintang maupun yang tidak. Sedangkan jarak masing masing bintang saja berjarak sangat jauh dan bahkan mustahil manusia bisa menempuhnya. Karena bintang terdekat dengan matahari saja ditempuh cahaya dalam waktu 4 tahun.

27. Planet
Planet ialah benda astronomi yang mengorbit sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri, tidak terlalu besar untuk menciptakan fusi termonuklir, dan telah "membersihkan" daerah orbitnya yang dipenuhi planetesimal. Planet adalah sebuah keajaiban dunia. Kenapa karena bahkan sampai saat ini tidak diketahui secara pasti bagaimana sebuah planet terbentuk. Adapun teori yang paling banyak dipakai yaitu bahwa planet terbentuk di area bintang dan terbentuk dari gas mulanya. Sedangkan bagaimana dengan planet yang yatim piatu. Beberapa tahun ini telah banyak ditemukan planet-planet tanpa bintang yang artinya adalah planet yatim piatu. Selain planet yatim piatu tersebut terdapat juga planet yang mengorbit dua bintang.

28. Jagad raya
Alam semesta atau jagad raya kata ini digunakan untuk menjelaskan seluruh ruang waktu kontinu di mana kita berada, dengan energi dan materi yang dimilikinya pada pertengahan pertama abad ke-20. Luas jagad raya adalah relatif, yaitu menurut sudut pandang yang melihat. Ketika manusia melihat seberapa luas alam semesta pastinya hanya akan ada di angan-angan karena yang pasti luas alam semesta ada di balik horizon, yaitu batas tempat yang bisa diamati manusia karena cahaya tidak mampu lagi menembusnya.

29. Bintang raksasa
Bintang raksasa adalah bintang yang memiliki luminositas lebih besar daripada bintang-bintang berkelas spektrum sama yang mendiami deret utama. Seperti yang kita ketahui bahwa matahari adalah bintang terdekat dengan kita. Matahari ialah gumpalan gas yang amat panas. Bila dibandingkan dengan bumi kita, matahari sangatlah besar. Namun terlalu dini bagi kita untuk mengatakan bahwa matahari adalah bintang yang besar. Sebab ada banyak bintang yang jauh lebih besar dan lebih terang daripada matahari.

30. Black hole
Black hole ialah bagian dari Ruang Waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Teori Relativitas Umum memprediksi bahwa butuh massa besar untuk menciptakan sebuah Lubang Hitam yang berada di Ruang Waktu. Secara singkat, balck hole adalah pengumpulan massa yang termat besar namun terkumpul dalam volume yang teramat sangat kecil. Jika ada black hole memiliki massa yang sama dengan matahari maka diameter black hole tersebut kurang lebih hanya 3 kilometer. Padahal diameter matahari kita adalah 1.392.000 kilometer.

Tempat-Tempat Spektakuler, Fenomena dan Keajaiban Alam di DuniaTitle : Tempat-Tempat Spektakuler, Fenomena dan Keajaiban Alam di Dunia ~ UniksPos
Description : Di dunia ini, banyak dari kita yang mencari keajaiban dunia namun banyak pula yang kurang bisa memahami keajaiban dunia. Selain itu, banyak...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|