7.29.2014

12 Khasiat Buah Kesemek untuk Kesehatan Tubuh

12 Khasiat Buah Kesemek untuk Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental persimmon. Nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki. Buah ini memiliki banyak manfaat dan tidak kalah dengan buah lain. Bahkan ada beberapa kandungan yang tidak terdapat pada buah lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buah kesemek mengandung zat-zat yang baik bagi kesehatan tubuh antara lain energi, karbohidrat, protein, kolesterol, serat, kolin, folates, niacin, pyridoxine, riboflavin, thiamin, vitamin A, C, E, K, sodium, kalium, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, zinc, karoten dan lycopene.
12 Khasiat Buah Kesemek untuk Kesehatan Tubuh
Buah Kesemek
Uniknya, zat serat yang ada pada buah kesemek dua kali lipat dengan zat serat yang ada di buah apel. Buah kesemek sepintas hampir mirip dengan buah apel. Namun ukuran serta bau dan rasanya berbeda. Selain itu, di seluruh permukaan kulit buah ini juga terdapat serbuk putih. Pohon buah kesemek dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar 40 hingga 50 meter. Umumnya, buah ini dikonsumsi saat sudah matang, selain itu juga bisa disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama. Diperkirakan buah ini berasal dari negara China. Berikut ini ada beberapa manfaat dan khasiat buah kesemek bagi kesehatan tubuh yang perlu untuk diketahui.

1. Mencegah kanker
Vitamin C dan E yang ada di dalam buah kesemek berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner. Sementara vitamin K yang ada pada buah kesemek dapat memperlambat proses pembentukan sel kanker di hati dan paru-paru.

2. Menyehatkan jantung
Jika rutin mengkonsumsi buah kesemek, maka akan menurunkan resiko terkena sakit jantung. Sebab buah ini memiliki kandungan vitamin C yang dapat menghilangkan aterosklerosis yang berada di dalam jantung. Aterosklerosis adalah suatu keadaan dimana arteri jantung menebal dan dapat meningkatkan terjadinya serangan jantung karena aliran darah yang tidak lancar.

3. Menyehatkan mata
Buah kesemek sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Hal ini tentunya berkaitan dengan adanya kandungan vitamin A yang sangat membantu untuk menyehatkan mata. Rutin mengkonsumsi buah kesemek dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan vitamin A di dalam tubuh.

4. Baik untuk kesehatan tulang
Unsur kalium pada buah kesemek sangat berperan penting dalam menyehatkan tulang. Selain itu kalsium memiliki peranan penting untuk pertumbuhan tulang dan mencegah tulang keropos. Tak hanya itu, vitamin K pada buah kesemek juga dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga terbentuk struktur rangka tubuh yang kuat.

5. Mencegah diabetes
Kandungan vitamin C pada buah kesemek dapat membatu untuk menurunkan kadar gula dan mencegah efek buruk penyakit diabetes pada penderitanya.

6. Mencegah anemia
Adanya kandungan zat besi yang terdapat pada buah kesemek sangat membantu untuk mencegah anemia. Seperti yang kita ketahui bahwa penyebab utama anemia yaitu kekurangan zat besi di dalam tubuh.

7. Mengontrol tekanan darah
Mengkonsumsi buah kesemek yang mengandung vitamin C secara rutin dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah.

8. Menyehatkan kulit
Vitamin E pada buah kesemek berperan sangat penting bagi kesehatan kulit, yaitu dengan menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, serta mencegah penuaan dini, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

9. Menyehatkan pencernaan
Tingginya kadar serat pada buah kesemek sangat membantu untuk menyehatkan sistem pencernaan.

10. Membantu menjaga kesehatan hati
Unsur kolin yang terdapat pada buah kesemek berperan penting untuk membuang kelebihan kolesterol dan lemak di dalam hati.

11. Meningkatkan sistem imun tubuh
Vitamin B, C, E dan zat besi yang terdapat pada buah kesemek berperan penting dalam pembentukan sistem imun tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.

12. Mengobati penyakit hipertensi
Untuk mengobati penyakit hipertensi, Anda bisa menggunakan buah kesemek. Caranya sangat mudah yaitu membuat jus dari buah kesemek. Kemudian jus tersebut dicampurkan dengan sedikit air hangat. Minum sebanyak satu kali sehari.

12 Khasiat Buah Kesemek untuk Kesehatan TubuhTitle : 12 Khasiat Buah Kesemek untuk Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|