7.28.2014

10 Tempat Wisata Menarik di Jerman

10 Tempat Wisata Menarik di Jerman -
UniksPos -
Republik Federal Jerman adalah suatu negara berbentuk federasi di Eropa Barat. Negara ini memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia. Selain itu, Jerman menjadi tujuan wisata menarik, baik bagi 23 juta wisatawan mancanegara maupun domestik. Sedikitnya 33 persen turis Jerman berlibur di negaranya sendiri. Objek wisata mana saja yang menjadi tujuan utama para turis? Dipantau langsung dari dw.de, berikut ini beberapa tempat wisata menarik dan populer di Jerman.

1. Lapangan Maria di München
10 Tempat Wisata Menarik di Jerman
By X (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Di jantung kota München terdapat Marienplatz dengan kawasan pejalan kakinya yang ramai. Beberapa kali sehari pengunjung dapat mengagumi permainan lonceng di Gedung Balaikota Baru (Neue Rathaus) yang tidak jauh dari situ. Sebagai musik pengiring lonceng itu, di ketinggian berputar figur-figur kecil yang mengingatkan akan sejarah kota itu.

2. Katedral Köln
Kölner Dom 001
By William Vaughn TupperFlickr uploaderWilliam Vaughn Tupper (1835 — 1898) (Köln Cathedral) [Public domain], via Wikimedia Commons
Katedral Köln merupakan katedral yang terletak di Köln, Jerman. Katedral ini mulai dibangun tahun 1248. Sejak bertahun-tahun Gereja bergaya Gotik di tepi Sungai Rhein ini menjadi objek wisata favorit di Jerman. Tidak hanya bagi turis asing, melainkan juga bagi turis domestik. Katedral ini mencatatkan sejarah panjang religiusitas, juga menjadi salah satu jejak peradaban Romawi sejak abad ke-13. Selain itu, Katedral Köln pun dinilai sebagai salah satu karya seni abad pertengahan paling penting dari era Goldsmith di Eropa.

3. Kota Tua di Lübeck
Gebaeude an der Untertrave Luebeck
By Garitzko (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Lübeck adalah kota tua yang berada di dekat sungai. Terusan Elbe-Lübeck menghubungkan Trave dengan Elbe. Sungai penting lain dekat kota ini adalah Wakenitz. Holstentor yang pernah menjadi batas di barat kota Lübeck, kini dikenal sebagai lambang kota tersebut. Yang menjadi bagian inti kota yang bersejarah, yang terletak di tengah pulau yang dikelilingi saluran-saluran air dan sisa tembok benteng. Banyak rumah dari batu bergaya gotik tua menjadi bangunan yang dilindungi.

4. Istana Heidelberg
Heidelberg Castle on the Hills
By Goutamkhandelwal (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Heidelberg adalah sebuah kota otonom (Kreisfreie Stadt) di Baden-Württemberg, Jerman, yang terletak di tepi sungai Neckar. Heidelberg terkenal dengan kastil, kota tua, dan universitas tua yang sangat terkenal di dunia. Kemungkinan besar lambang kota Heidelberg merupakan puing reruntuhan paling terkenal Jerman. Istana ini untuk pertama kalinya disebut-sebut pada abad ke-13. Di masa Raja Ludwig XIV di sini tinggal bangsawan-bangsawan Pfalz.

5. Katedral Aachen
Aachen cathedral 007
By Mattana (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Gereja Katedral Aachen, merupakan bangunan sejarah penting bagi orang Eropa yang telah melahirkan Raja-Raja Prancis di abad pertengahan. Gereja Katedral Aachen didirikan oleh Charlemagne yang menyimpan banyak peninggalan berupa arsitektur emas menghiasi gereja Katedral. Inti bangunan ini dikenal sebagai bangunan bersejarah yang paling terawat dari masa dinasti Karolingia dan pada 1978 merupakan bangunan bersejarah Jerman pertama yang masuk dalam daftar warisan budaya dunia UNESCO. Di Katedral Aachen Kaisar Karl yang Agung dimakamkan dan di kapelnya sampai tahun 1531 dilaksanakan pemahkotaan hampir semua raja Jerman.

6. Istana Neuschwanstein
Neuschwanstein Castle in Tobu World Square
By Jiang Dong-Qin (Photo taken and uploaded by user) [Public domain], via Wikimedia Commons
Kastil Neuschwanstein adalah kastil Bavaria pada abad ke-19. Terletak di puncak pegunungan di Jerman, di dekat Hohenschwangau dan Füssen di Bayern barat daya. Kastil ini dibangun oleh Ludwig II dari Bavaria. Raja Bayer Ludwig II memerintahkan pembangunan sebuah puri di dekat sungai, karena ia ingin menyepi dari publik. Beberapa pekan setelah ia wafat (1886), puri itu dibuka untuk umum. Schloss Neuschwanstein menjadi salah satu istana yang paling banyak dikunjungi di Eropa. Setiap tahun 1,3 juta orang mengunjungi ruang-ruang indah di istana tersebut.

7. Gerbang Hitam (Porta Nigra)
Trier Porta Nigra BW 2
By Berthold Werner (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Porta Nigra (gerbang hitam) adalah pintu gerbang kota Romawi besar di Trier, Jerman. Gerbang ini adalah salah satu gerbang yang paling utuh dari jaman antik. Bekas pintu gerbang kota di jaman Romawi itu hampir 1000 tahun lamanya digunakan sebagai Gereja, sebelum Napoleon pada tahun 1802 memerintahkan pembangunan kembali pada bentuk asalnya.

8. Gerbang Brandenburg
Brandenburger Tor in Berlin
By Malis (My own photo taken by my own camera) [Public domain], via Wikimedia Commons
Gerbang Brandenburg adalah bekas gerbang kota dan salah satu simbol utama Berlin, Jerman. Terletak antara Pariser Platz dan Platz des 18. Pada akhir abad ke-18 Raja Friedrich Wilhelm II memerintahkan pembangunan gerbang kehormatan di tengah kota Berlin. Gerbang ini menjadi lambang nasional dan simbol penyatuan kembali Jerman. Pintu masuk antara timur dan barat Berlin itu selalu terbuka bagi para pengunjung.

9. Frauenkirche di Dresden
Dresden, Frauenkirche, Panorama
By Weyf (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons
Dresden Frauenkirche adalah sebuah gereja Lutheran di Dresden, ibukota negara bagian Jerman Saxony. Gereja ini dianggap sebuah contoh luar biasa dari arsitektur Protestan suci, menampilkan salah satu kubah terbesar di Eropa. Bagi banyak orang, Frauenkirche di Dresden masih diingat sebagai puing-puing dan monumen peringatan masa perang. Sejak pembangunan kembali dan peresmiannya tahun 2005 Frauenkirche menjadi tujuan favorit turis domestik dan luar negeri. Setiap hari mereka rela lama mengantri untuk bisa mengunjungi bangunan Gereja Protestan bergaya Barok yang dibangun abad ke-18 ini.

10. Istana Sanssouci
Sanssouci 9
By Malis (My own photo taken by my own camera) [Public domain], via Wikimedia Commons
Di Potsdam terdapat rumah istirahat musim panas Raja Prusia Friedrich II. Istana Sanssouci terletak di Potsdam, dekat Berlin, Jerman. Istana ini sering dianggap sebagai saingan Versailles. Nama "Sanssouci" yang artinya tanpa kecemasan, menyiratkan keinginan sang raja untuk memiliki tempat beristirahat. Istana dan taman sering juga disebut-sebut sebagai Versaille Prusia. Sejak 1990 Istana Sanssouci menjadi warisan budaya dunia.

10 Tempat Wisata Menarik di JermanTitle : 10 Tempat Wisata Menarik di Jerman ~ UniksPos
Description : Republik Federal Jerman adalah suatu negara berbentuk federasi di Eropa Barat. Negara ini memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat p...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|