8.29.2014

Khasiat dan Manfaat Kerang untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Kerang untuk Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Kerang adalah hewan air yang termasuk hewan bertubuh lunak. Pengertian kerang bersifat umum dan tidak memiliki arti secara biologi, namun penggunaannya luas dan dipakai dalam kegiatan ekonomi. Sebagian di antara kita menganggap, menyantap kerang sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu kesehatan. Padahal pendapat ini tidak sepenuhnya benar.
CornishMussels
By Wilson44691 at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Jika tidak dikonsumsi secara berlebih, kerang juga menawarkan beragam manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Makanan laut seperti ikan, cumi, kepiting, udang maupun kerang menawarkan beragam zat gizi penting bagi tubuh. Zat gizi tersebut antara lain vitamin B6, vitamin D, niacin dan omega 3. Manfaat yang bisa Anda dapat bila mengkonsumsi ikan dan kerang bagi kesehatan antara lain, menurunkan kolesterol darah, kadar trigliserida serta mencegah risiko terkena sakit jantung.

Makanan laut ini juga ampuh mengurangi gejala rematik, dan menurunkan aktivitas pertumbuhan sel kanker. Bagi anak usia tumbuh kembang, semua jenis makanan laut termasuk kerang juga bisa meningkatkan kecerdasan otak. Selain itu, kandungan zat besi yang terdapat pada kerang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh, membantu metabolisme tubuh, mencegah dan menyembuhkan anemia.

Ketika mengolah kerang, sebaiknya jangan pernah direbus karena cara itu adalah salah. Jika direbus, maka akan membuat nutrisi dan gizi dari kerang akan menghilang secara keseluruhan. Selain menghilangkan nutrisi dan gizi dari kerang, daging kerang akan menciut atau mengecil Anda tidak akan mendapatkan nutrisi, protein, vitamin, dan kadar kalorinya. Lantas bagaimana proses yang benar dalam mengolah kerang? Anda cukup mengambil teflon atau wajan, kemudian persiapkan bumbu seperti bawang merah, putih, cabai, jahe, jeruk lemon, daun ketumbar, dan sedikit minyak.

Panaskan Teflon, tuangkan minyak, saus bumbu, tumis sampai harum, lalu masukan lemon dan kerang, kemudian tutup dan kecilkan api. Masakan kerang siap dihidangkan. Selain itu, pengolahan makanan laut ini juga wajib Anda perhatikan. Pilihlah teknik memasak seperti mengukus, membakar atau memanggang. Hindari proses menggoreng untuk mengurangi kandungan lemak jenuhnya. Tunggu apalagi? Mari segera kita santap kerang!

Khasiat dan Manfaat Kerang untuk Kesehatan TubuhTitle : Khasiat dan Manfaat Kerang untuk Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Kerang adalah hewan air yang termasuk hewan bertubuh lunak. Pengertian kerang bersifat umum dan tidak memiliki arti secara biologi, namun pe...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->