8.04.2014

7 Kamuflase Hewan yang Menakjubkan

7 Kamuflase Hewan yang Menakjubkan -
UniksPos -
Beberapa hewan memiliki kemampuan untuk menyamar, terlihat seperti daun atau benda di sekitar mereka. Ada hewan yang dengan sempurna mampu menyamar sehingga sulit membedakannya dengan daun, ranting atau batang pohon. Banyak jenis serangga yang dapat 'menghilang' dengan mengadaptasi bentuk atau warna di sekitar mereka, seperti yang ditunjukkan belalang ranting Phasmatodea, yang dijuluki daun berjalan. Ada pula yang melindungi diri dengan cara mengandalkan kekuatan tubuh atau juga kemampuan untuk menyerang balik. 

Tapi ada juga hewan yang memiliki cara unik dengan menyembunyikan dirinya atau menggunakan teknik kamuflase untuk mengelabui musuh, dan ada pula jenis hewan yang memiliki kemampuan menyerupai warna tumbuhan, tanah, pasir, bahkan hewan lainnya untuk bersembunyi atau mencari makan. Kamuflase adalah suatu metode yang memungkinkan sebuah organisme atau benda yang biasanya mudah terlihat menjadi tersamar atau sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya. Berikut ini ada 7 jenis hewan dengan kemampuan kamuflase yang Menakjubkan di dunia.

1. Stone Flounder
Flounder camo md
By User:Moondigger (Karya sendiri) [CC-BY-SA-2.5], via Wikimedia Commons
Stone flounder ialah sejenis ikan yang memiliki bentuk tubuh pipih. Ikan yang memiliki nama ilmiah Kareius bicoloratus hidup di dasar perairan yang berpasir atau juga berlumpur yaitu 150 meter dari permukaan laut. Habitat aslinya adalah perairan beriklim barat laut Pasifik, dari Jepang ke pulau-pulau Kuril, Sakhalin, Korea, China utara dan Taiwan. Kemampuannya menyamar sangatlah baik, karena sangat mirip dan hampir tidak dapat diketahui bahkan oleh manusia. Keunikan lain dari ikan ini yaitu ketika telur flounder menetas, anak ikan ini lahir dengan dua mata biasa-satu pada masing-masing sisi kepalanya. Tetapi ketika ikan tumbuh menjadi dewasa, salah satu mata mulai bergeser ke sisi yang lain. Tak lama kemudian, kedua mata berada pada bagian atas sisi ikan jika terlihat dari dasar laut.

2. Uroplatus
Gekkoninae Uroplatus sikorae camouflage horiz
By Hexasoft (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Uroplatus adalah hewan yang termasuk dalam keluarga tokek dengan tubuh yang pipih dan ekor yang cukup lebar. Hewan satu ini merupakan hewan endemik di Madagaskar. Kemampuannya menyamarkan diri pada suatu ranting atau dahan pohon. Sehingga membuat mangsa atau pemangsanya tidak dapat mengidentifikasi keberadaannya.

3. Phasmatodea
Unidentified Phasmatodea
By User:Mattes (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Hewan yang disebut juga dengan sebutan serangga ranting ini merupakan hewan yang memiliki habitat di tempat-tempat hangat di seluruh dunia, khususnya di daerah tropis dan sub-tropis. Dikarenakan tubuhnya yang ramping dengan warna tubuh menyerupai ranting, maka banyak pemangsa yang terkecoh karena mengira hewan ini hanyalah sebuah ranting di dedaunan.

4. Katydid
Green Leaf Katydid
By Ltshears (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Serangga yang masih masuk dalam keluarga Tettigoniidae ini ditemukan pertama kali oleh Carl Linnaeus pada tahun 1748. Katydid dan banyak lagi serangga dari keluarga Tettigoniidae memang dikenal dengan kemampuannya menyamarkan diri dari sergapan pemangsa. Selain dikenal sebagai serangga yang pintar berkamuflase, Katydid juga dapat diidentifikasi dengan bentuk tubuhnya yang ramping serta kaki dan antena di kepalanya yang panjang.

5. Bunglon
Jacksons Chameleon 1
By Movingsaletoday at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Bunglon adalah sejenis reptil yang termasuk ke dalam suku Agamidae. Bunglon meliputi beberapa marga, seperti Bronchocela, Calotes, Gonocephalus, Pseudocalotes dan lain-lain. Semua jenis bunglon dapat merubah warna tubuh mereka, termasuk Jacksons Chameleon. Bunglon jenis ini juga memiliki kemampuan luar biasa yang dapat mengubah warna dan menyembunyikan diri.

6. Great Potoo
Nyctibius grandis - GreaterPotoo
By Mitternacht90 at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Great Potoo adalah sejenis burung yang memiliki ukuran sedikit lebih besar daripada gagak. Warna bulu utamanya adalah abu-abu mudah, cream dan coklat. Hewan satu ini juga pintar menyembunyikan dirinya dari serangan pemangsa atau juga ketika mereka berburu. Dengan bertengger di dahan pohon yang hampir kering, maka secara otomatis warna bulunya akan menyerupai dahan tersebut.

7. Stonefish
Synanceia nana
By Photo2222 at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Ikan unik yang satu ini adalah jenis ikan yang memiliki warna tubuh sama dengan terumbu karang di sekitarnya, sehingga memudahkannya untuk bersembunyi dan tidak terlihat. Namun ternyata ikan yang satu ini juga merupakan ikan yang paling berbisa di dunia. Tentunya dengan kemampuan kamuflase yang baik ini memudahkan Stonefish untuk mendapat mangsa yang banyak.

7 Kamuflase Hewan yang MenakjubkanTitle : 7 Kamuflase Hewan yang Menakjubkan ~ UniksPos
Description : Beberapa hewan memiliki kemampuan untuk menyamar, terlihat seperti daun atau benda di sekitar mereka. Ada hewan yang dengan sempurna mampu ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->