8.09.2014

Berkunjung ke Tempat-Tempat Terbaik untuk Melihat Aurora

Berkunjung ke Tempat-Tempat Terbaik untuk Melihat Aurora -
UniksPos -
Aurora biasanya terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis. Ini karena di Eropa, aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah Matahari akan terbit dari arah tersebut. Sementara, fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa. Tapi kadang-kadang aurora muncul di puncak gunung di iklim tropis.
Berkunjung ke Tempat-Tempat Terbaik untuk Melihat Aurora - Auroraborealis yukon
By Robinsoncrusoe (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Seperti yang kita ketahui bahwa Aurora adalah fenomena alam seperti pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari. Biasanya pancaran cahaya yang menyala-nyala di atas langit ini akan menghilang pada akhir bulan Maret. Berkat adanya badai matahari yang masih ada di beberapa tempat maka kita dapat menyaksikan pemandangan yang menakjubkan. Seperti yang dilaporkan cnngo.com, berikut ini ada 5 tempat terbaik untuk melihat aurora yang bisa Anda kunjungi.

1. Southern Hemisphere
Southern Hemisphere adalah setengah permukan Bumi yang terletak di selatan garis khatulistiwa. Terdiri dari benua Antarktika, Australia, sebagian Amerika Selatan, sebagian Afrika dan Asia serta empat samudera yaitu Samudera Atlantik, Samudera Hindia, Samudera Pasifik dan Samudera Selatan. Meskipun menjadi tempat terbaik untuk melihat Aurora Australis, Antartika merupakan tempat yang sulit diakses. Jika Anda seorang ilmuwan atau teknisi pendukung sebuah ekspedisi penelitian akan lebih mudah mendatangi Antartika. Meski demikian, Anda masih mempunyai kesempatan untuk melihat Aurora dari ujung selatan Amerika Selatan, Australia, Selandia Baru, dan Afrika Selatan.

2. Kangerlussuaq, Greenland
Kangerlussuaq atau Sondrestrom, adalah pemukiman di Greenland barat di kotamadya Qeqqata. Kangerlussuaq memiliki bandara internasional dan merupakan pintu gerbang menuju seluruh Greenland. Permukiman, ekonomi, dan populasi, hampir seluruhnya bergantung pada industri bandara dan wisata. Ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat Aurora. World of Greenland - Arctic Circle (Wogac) menawarkan wisata Aurora dari bulan Oktober-April, tetapi dari Februari-April mereka juga menawarkan ekspedisi selama tiga hari. Anda akan merasakan ekspedisi bersama kereta luncur anjing menuju kota pantai barat Sisimiut.

3. Tromso, Norwegia
Tromsø merupakan nama kota di Norwegia. Letaknya di bagian utara. Anda bisa mengikuti tur kapal pesiar atau menyewa bus untuk mencapai gunung-gunung salju yang menjulang tinggi dan menyaksikan keindahan Aurora. Tromso dikenal sebagai Paris dari Utara dan memiliki panorama Aurora yang indah.

4. Fairbanks, Amerika
Fairbanks merupakan sebuah kota di Amerika Serikat. Terletak di bagian utara, tepatnya di negara bagian Alaska. Fairbanks sering disebut sebagai tempat terbaik untuk melihat Aurora di Amerika Serikat. Salah satu cara paling menyenangkan untuk melihat tampilan Aurora adalah sambil berendam dalam kolam air panas di resor Chena.

5. Yellowknife, Kanada
Yellowknife adalah ibu kota Northwest Territories di Kanada, dan kota satu-satunya di wilayah tersebut. Terletak di pantai utara Danau Great Slave di bagian barat dari Teluk Yellowknife dekat muara Sungai Yellowknife. Jika Anda mempunyai kesempatan baik untuk melihat langit bersinar di Yellowknife. Untuk mengunjungi Desa Aurora, Anda membutuhkan waktu 25 menit berkendara dari pusat kota.

Berkunjung ke Tempat-Tempat Terbaik untuk Melihat AuroraTitle : Berkunjung ke Tempat-Tempat Terbaik untuk Melihat Aurora ~ UniksPos
Description : Aurora biasanya terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nam...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->