8.28.2014

Universitas-Universitas Populer di Jerman

Universitas-Universitas Populer di Jerman -
UniksPos -
Republik Federal Jerman adalah suatu negara berbentuk federasi di Eropa Barat. Negara ini memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia. Jerman terletak di Eropa bagian tengah dan berbatasan langsung dengan sembilan negara. Di sebelah barat berbatasan dengan Belanda, Belgia, Luksemburg, dan Perancis; di sebelah selatan berbatasan dengan Swiss dan Austria, di sebelah timur berbatasan dengan Ceko dan Polandia, dan di sebelah utara berbatasan dengan Denmark.
Freie Universitaet Berlin, department of informatics, winter, evening, 3
By Revolus (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Apabila tetangga di seberang laut (Laut Baltik) juga dihitung, maka Jerman juga bertetangga dengan Swedia. Nama "Jerman" yang dipakai dalam bahasa Melayu yang diambil dari nama bahasa Inggris German yang berarti "orang Jerman" atau bahasa Jerman. Nama negara ini dalam bahasa Inggris, Germany, berasal dari nama Latin yang digunakan oleh orang-orang Romawi untuk wilayah di dekat Sungai Rhein, yaitu Germania sejak abad ke-3 SM. Namun yang tak kalah penting, di negara ini terdapat beberapa universitas terbaik. Seperti yang dilansir DW, berikut ini 10 universitas terbaik dan populer di Jerman.

1. Freie Universität Berlin
Universitas Bebas Berlin merupakan universitas terbesar dari empat universitas yang ada di kota Berlin. Penelitian pada universitas ini berfokus pada ilmu-ilmu sosial dan humaniora dan juga kesehatan serta ilmu-ilmu alam. FU Berlin didirikan pada tahun 1948 di Berlin Barat sebagai jawaban atas Universitas Humboldt yang berlokasi di Timur. Kendati tergolong muda, FU Berlin sudah dikenal sebagai lembaga pendidikan yang menawarkan kualitas dan fasilitas pendidikan terbaik di Jerman.

2. Universität Ludwig-Maximilians München
Universitas lainnya di München yang mendapat predikat elit adalah Universitas Ludwig Maximilians. Selain sebagai salah satu yang tertua, universitas ini juga dikenal sebagai salah satu yang terbaik di Jerman. Sedikitnya 34 pemenang hadiah nobel pernah mengecap pendidikan di universitas ini.

3. Universitas Teknik München
Universitas Teknik München adalah universitas riset yang berlokasi di Munich, Garching dan Freising-Weihenstephan, Jerman. Universitas ini termasuk anggota TU9, suatu perkumpulan institut teknologi di Jerman yang terbesar dan paling terkenal. Ibukota negara bagian Bayern ini memiliki dua universitas elit, salah satunya adalah Universitas Teknik München. Menurut pihak universitas, satu dari lima mahasiswa datang dari luar negeri. Namun ketika TU München memiliki reputasi mendunia perihal kualitas pendidikan, biaya hidup di kota München tergolong yang paling mahal di Jerman.

4. RWTH Aachen
Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen adalah salah satu universitas yang mengembangkan teknologi ke depan dalam riset maupun aplikasi untuk dunia industri di Jerman. Barangkali RWTH adalah satu dari sedikit universitas di Jerman yang memiliki reputasi mendunia. Salah satu lulusannya adalah mantan Presiden Indonesia, Bacharudin Jusuf Habibie yang mempelajari teknik penerbangan dan lulus dengan predikat terbaik.

5. Universitas Teknik Berlin
Universitas Teknologi Berlin (Bahasa Jerman: Technische Universität Berlin; Terjemahan resmi bahasa Inggris: Berlin Institute of Technology, merupakan sebuah perguruan tinggi riset yang berlokasi di Berlin, Jerman. Universitas ini didirikan pada tahun 1879 dan merupakan salah satu yang terbesar di Jerman, dengan hampir 30.000 mahasiswa. Ibukota Jerman ini tidak cuma menarik minat wisatawan, tetapi juga mahasiswa asing. Universitas Teknik atau TU Berlin memiliki reputasi sebagai wadah pendidikan di bidang teknik nomer wahid di Jerman. Terlebih dibandingkan München atau Hamburg, Berlin lebih unggul perihal biaya hidup yang terjangkau.

6. Universitas Humboldt, Berlin
Universitas Humboldt Berlin (Jerman Humboldt-Universität zu Berlin) adalah universitas tertua di Berlin, didirikan pada 1810 sebagai Universitas Berlin (Universität zu Berlin) oleh tokoh reformasi pendidikan dan bahasawan liberal Prussia, Wilhelm von Humboldt, yang model universitasnya sangat memengaruhi universitas-universitas lain di Eropa dan Dunia Barat. Serupa dengan Heidelberg, Universitas Humboldt juga termasuk yang tertua di Jerman. Reputasi lembaga pendidikan yang berdiri di pusat kota Berlin ini antara lain didapat karena kiprah lulusannya, Otto von Bismarck, Heinrich Heine, Robert Koch dan aktivis HAM Amerika Serikat W.E.B. Dubois.

7. Universitas Heidelberg
Universitas Heidelberg adalah lembaga pendidikan tinggi tertua di Jerman. Didirikan tahun 1364, selain reputasinya yang mendunia, universitas ini juga menggiurkan buat mahasiswa asing karena keindahan kota Heidelberg. Kota ini juga menjadi pusat penelitian Astrofisika dan kanker.

8. Universitas Duisburg-Essen
Universitas Duisburg-Essen adalah sebuah universitas di Jerman yang terletak di negara bagian Nordrhein-Westfalen. Universitas ini merupakan hasil gabungan dari Universitas Gerhard Mercator, Duisburg dan Universitas Essen pada 1 Januari 2003. Dengan 37.000 mahasiswa, Universitas Duisburg-Essen adalah salah satu lembaga pendidikan terbesar di Jerman. Universitas yang menggabungkan institusi pendidikan tinggi di dua kota ini, Duisburg dan Essen, berdiri di kawasan paling padat penduduk di Jerman.

9. Universitas Johann Wolfgang Goethe, Frankfurt am Main
Universitas yang dibaiat dengan nama penyair terbesar Jerman itu dikenal sebagai rumahnya mazhab Frankfurt - sebuah aliran filsafat yang lahir dari rahim Institut Penelitian Sosial di Universitas Frankfurt. Kota ini juga sering disebut sebagai "Mainhattan," yang merujuk pada Manhattan di New York. Frankfurt adalah jantung keuangan Jerman.

10. Universitas Köln
Köln adalah kota keempat terbesar dari segi populasi di Jerman dan kota terbesar di negara bagian Nordrhein-Westfalen. Kota ini merupakan pelabuhan daratan terpenting di Jerman, dan merupakan ibukota bersejarah, budaya, dan ekonomi dari Rheinland. Kuliah di kota yang menggelar pesta karnaval terbesar di Jerman setiap tahunnya? Siapa yang tidak mau. Terlebih penduduk Köln disukai dengan gayanya yang santai. Kedekatan kota ini dengan kota-kota besar Eropa juga menjadi nilai plus: Amsterdam, Brussel, Paris dan Düsseldorf dapat dicapai cuma dalam waktu kurang dari tiga jam dengan kereta.

Universitas-Universitas Populer di JermanTitle : Universitas-Universitas Populer di Jerman ~ UniksPos
Description : Republik Federal Jerman adalah suatu negara berbentuk federasi di Eropa Barat. Negara ini memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat pe...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->