8.11.2014

Pohon-Pohon Unik di Seluruh Dunia

Pohon-Pohon Unik di Seluruh Dunia -
UniksPos -
Pohon adalah tanaman yang ditanam di tanah. Salah satu tujuan dalam menanam pohon yaitu untuk mengurangi iklim kering dalam rangka menjadi sejuk, hijau, dan segar. Pohon merupakan komponen penting dari lanskap alam. Berikut ini pohon-pohon unik di berbagai penjuru dunia.

1. Bonsai
Bonsai 8
By Sajansamuel at ml.wikipedia [Public domain], via Wikimedia Commons
Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Kuat seperti pohon, namun tak setinggi pohon aslinya. Dialah yang disebut Bonsai. Istilah ini berasal dari bahasa Cina, di mana 'bon' berarti baki dan 'sai' berarti tanaman. Seni yang berasal dari Timur Jauh ini menjaga tujuan dasarnya, yakni membentuk pohon menjadi kerdil, sekitar sepuluh sampai 20 sentimeter. Yang sangat cocok untuk dibonsai adalah pohon Maple Jepang.

2. El Arbol del Tule
Tule tree Mexico
By Wicki (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
El arbol del tule (Pohon tule) adalah pohon cemara Montezuma besar di dekat kota Oaxaca, Meksiko. Pohon 'El Arbol del Tule' tingginya hanya 42 meter, tapi diameter batang kayunya mencapai rekor 14,05 meter. Menurut legenda, pohon ini ditanam sekitar 1.400 tahun yang lalu oleh seorang imam dari Suku Aztec Ehecatl. Letaknya yang berada di situs suci merupakan indikasi keakuratan legenda itu. Para peneliti telah menghitung beratnya: Hasilnya adalah 636 ton!

3. Old Tjikko
Lush mixed spruce forest
By Tyler Finvold [Public domain], via Wikimedia Commons
Old Tjikko adalah pohon Norwegia Spruce berusia 9.550 tahun, yang terletak di Gunung Fulufjället provinsi Dalarna, Swedia. Old Tjikko adalah pohon tertua di dunia yang diketahui hidup secara individu. Yang tampak dalam gambar diperkirakan hanya beberapa ratus tahun usianya. Tapi bagian dari sistem akar - dimana selalu tumbuh jalur baru - berasal dari zaman es hampir 10.000 tahun yang lalu.

4. Jenderal Sherman
Pohon-Pohon Unik di Seluruh Dunia
Pohon Jenderal Sherman
Jenderal Sherman adalah nama untuk suatu pohon Sequoia Besar yang terdapat di Giant Forest, Taman Nasional Sequoia, Amerika Serikat. Pohon 'General Sherman' adalah pohon terbesar di dunia. Pohon ini dapat ditemukan di Taman Nasional Sequoia di Kalifornia. Dengan tingginya yang menjulang hampir 84 meter, pohon ini bukan pohon tertinggi, tapi ketebalan batangnya rata-rata mencapai lima meter, sehingga pohon ini tergolong pohon berbatang amat tebal. Umurnya diperkirakan mencapai 1.900-2.500 tahun.

5. Metusalah
Methuselah
By Bradluke22 at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Di Kalifornia juga terdapat pohon 'Metusalah,' persisnya terletak pada ketinggian 3.000 meter di White Mountains. Sejenis pinus ini sempat dianggap pohon tertua di dunia dengan usianya yang mencapai 4.779 tahun. Namun pada tahun 2012, ada pohon lain dari genus yang sama, yang usianya lebih tua 300 tahun dari Metusalah. Letak pohon tidak pernah dipublikasikan, guna melindungi pohon tersebut.

6. Pohon Bakau
Everglades mangroves Buttonwood Canal
By Moni3 di Wikipedia bahasa Inggris (Karya sendiri (Original text: “Self made”)) [Public domain], via Wikimedia Commons
Bakau adalah nama tumbuhan dari marga Rhizophora, suku Rhizophoraceae. Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri berupa akar tunjang yang besar dan buah yang berkecambah serta berakar ketika masih di pohon. Pohon bakau tak punya jenis yang khusus: mereka adalah pepohonan dan semak-semak yang telah beradaptasi dengan kondisi pesisir laut. Akarnya bergerak melalui air garam hingga ke sedimen yang mendasarinya. Jadi mereka bisa melindungi pantai dari erosi dan menyediakan rumah bagi reptil, burung, ikan, kepiting, alga dan mamalia.

7. Juniperus phoenicea
Juniperus communis subsp. phoenicia Habitus SierraNevada
By Javier martin (Karya sendiri) [Public domain or Public domain], via Wikimedia Commons
Pohon Juniperus phoenicea yang cerdik ini mudah menyerah oleh angin. Karena saking banyaknya angin kencang bertiup di El Hierro, Kepulauan Kanaria, beberapa batang pohon ini melengkung sebagian ke arah tanah. Hutan Sabinar yang dipenuhi pohon-pohon juniper tersebut selama berabad-abad menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Pohon-Pohon Unik di Seluruh DuniaTitle : Pohon-Pohon Unik di Seluruh Dunia ~ UniksPos
Description : Pohon adalah tanaman yang ditanam di tanah. Salah satu tujuan dalam menanam pohon yaitu untuk mengurangi iklim kering dalam rangka menjadi...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->