7.06.2014

Manfaat Sehat dari Buah Naga yang Perlu untuk Diketahui

Manfaat Sehat dari Buah Naga yang Perlu untuk Diketahui -
UniksPos -
Seperti yang kita ketahui bahwa buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kita, karena beragam jenis buah-buahan yang ada memiliki kandungan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu buah-buahan yang bisa memberikan anda semua banyak manfaat adalah tentu saja Buah Naga. Buah yang memiliki nama latin Hylocereus polyrhizus, adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Tadinya, buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Saat ini telah tersebar luas dan dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Uniknya, Hylocereus hanya mekar saat malam hari.
Manfaat Sehat dari Buah Naga yang Perlu untuk Diketahui
Manfaat Sehat dari Buah Naga yang Perlu untuk Diketahui
Dikatakan buah naga, pasalnya buah ini memiliki kulit bagian luar yang menyerupai sisik ular naga dan berwarna merah. Buah naga sudah digunakan sejak dulu oleh masyarakat China kuno sebagai buah untuk persembahan para dewa. Namun setelah dilakukan berbagai macam penelitian, kini buah naga menjadi populer karena manfaatnya yang beraneka ragam.

Buah naga yang tumbuh subur di daerah yang sejuk memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan kita. Kandungan nutrisi dan gizi buah naga sangat baik untuk kita sehingga buah naga ini sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan dalam buah naga juga dapat mencegah dan mengatasi segala macam gangguan kesehatan mulai dari penyakit ringan bahkan hingga beberapa penyakit berat.

Buah naga mengandung kalsium yang baik untuk tulang serta gigi, fosfor yang baik untuk pembentukan sel-sel, serta zat besi untuk memperlancar kualitas darah yang baik. Mengandung Vitamin C yang cukup tinggi, vitamin B1 yang dapat berfungsi sebagai karbohidrat baik untuk metabolisme tubuh. B2 dapat mempercepat penyembuhan serta mampu mengontrol nafsu makan. B3 dapat mengurangi kolesterol jahat dan memperbaiki kondisi kulit.

Berbagai jenis kaktus yang menghasilkan buah naga antara lain Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih. Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah. Selenicereus megalanthus, dengan kulit buah kuning dan daging buah putih. Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah. Berikut ini ada beragam manfaat Buah Naga bagi kesehatan diantaranya:

1. Menu diet
Buah naga merupakan sumber serat yang sangat baik bagi tubuh Anda, apalagi jika Anda sedang menjalankan program diet sehat. Serat membuat pembuangan toksin dan sisa makanan dalam tubuh menjadi lancar, termasuk proses pembuangan lemak.

2. Mencegah kanker
Selain alpukat, antioksidan yang terkandung dalam buah naga mampu mencegah penyakit kanker. Caranya ambilah 500 gram buah naga, kemudian diblender sampai halus dan minumlah setiap hari.

3. Memperlancar metabolisme
Dengan mengkonsumsi buah naga dapat memperlancar metabolisme tubuh sehingga kita terhindar dari kegemukan meskipun kita telah banyak mengkonsumsi makanan. Namun jika metabolisme kita tidak lancar, maka akan menimbulkan kegemukan pada tubuh kita.

4. Menjaga kesehatan jantung
Selain berolahraga, mengonsumsi buah naga juga membantu menjaga kesehatan jantung kita. Kandungan Vitamin C, B1, B2, dan B3 yang terkandung dalam buah naga mampu menjaga kesehatan jantung.

5. Baik untuk ibu hamil
Di dalam 100 gram buah naga segar buah terkandung 0,55 Zat Besi. Selain itu buah naga juga mengandung senyawa karbohidrat Folates yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Senyawa ini berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Jika ibu hamil mengalami kekurangan karbohidrat folates, maka besar kemungkinan janin yang berada di dalam kandungan akan mengalami cacat tabung saraf atau Neural Tube Deffect dan juga cacat sistem saraf otak.

6. Mencegah diabetes melitus
Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan berlebihan bisa berakibat terkena diabetes melitus. Maka dari itu, untuk menjaga terkena penyakit tersebut selain mengatur hidup sehat dan pola makan usahakan mengkonsumsi buah naga. Karena didalamnya terdapat zat yang efektif untuk mengurangi kadar gula dalam darah.

7. Mengontrol gula darah
Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur maka gula darah akan terkontrol. Sehingga buah ini baik dikonsumsi untuk anda yang menderita diabetes tipe 2.

8. Penghilang dahaga
Buah naga memiliki kandungan air yang amat tinggi sekitar 90 persen dari berat total buah, sehingga dapat kita gunakan untuk pelepas dahaga.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh
Buah naga mengandung Vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu ada pula kandungan protein, zat besi, dan potassium, semuanya membantu tubuh meningkatkan ketahanan terhadap penyakit. Sebagaimana yang kita tau, Vitamin C sangat ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah naga juga sangat baik dikonsumsi oleh anak dalam masa pertumbuhan.

10. Melancarkan pencernaan
Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin setiap hari, dapat membantu anda untuk mengatasi masalah sistem pencernaan tubuh, sehingga anda tidak usah takut lagi terkena sembelit. Hal ini dikarenakan buah naga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

11. Mengobati batuk dan asma
Batuk dan asma adalah beberapa gangguan pernapasan yang sering dialami anak-anak dan orang dewasa. Gejala ini tentunya akan reda jika dengan rajin mengkonsumsi buah naga.

12. Menurunkan kadar kolesterol
Terdapat banyak biji-biji kecil dalam buah naga. Ternyata, biji ini merupakan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

13. Menetralkan racun
Hanya dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin akan mampu menetralkan racun dalam tubuh seperti merkuri, arsen, dan lain-lain, yang dapat membahayakan kesehatan anda.

14. Menjaga kesehatan mata
Di dalam buah naga terkandung Karoten yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Jika penglihatan anda ingin selalu sehat, tak ada salahnya mengkonsumsi buah naga secara teratur.

15. Menghambat penuaan dini
Selain buah apel, ternyata buah naga juga mampu menjaga proses penuaan dini. Karena didalam buah naga terkandung antioksidan yang berfungsi untuk menghambat penuaan dini.

16. Memperkuat tulang dan gigi
Selain buah nanas yang bermanfaat untuk kesehatan gigi, kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat dalam buah naga dapat memperkuat tulang dan gigi. Oleh karenanya, konsumsi buah naga tersebut secara teratur setiap hari.

17. Mencegah kolesterol dan tekanan darah tinggi
Berkat kandungan vitamin B3 di dalamnya maka sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dan menyembuhkan tekanan darah tinggi.

18. Merawat Kesehatan Kulit
Vitamin C yang terkandung dalam buah naga merah bisa juga digunakan untuk perawatan kulit. Yaitu dengan cara dibuat menjadi masker. Caranya adalah kupas kulit buah naga dan ambil dagingnya lalu blender sampai halus. Masukan ke gelas dan ambil airnya lalu dioleskan pada wajah. Masker ini bisa menjadi obat herbal untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

Sebagai tambahan, ternyata manfaat dari tumbuhan ini bukan hanya terletak pada buahnya saja. Tapi ekstrak daun dan kulit buahnya dapat meningkatkan kelenturan pembuluh darah dan menghambat pertumbuhan sel tumor. selain itu, kulit tersebut juga bermanfaat untuk mencegah diabetes dan penyakit jantung. 

Manfaat Sehat dari Buah Naga yang Perlu untuk DiketahuiTitle : Manfaat Sehat dari Buah Naga yang Perlu untuk Diketahui ~ UniksPos
Description : Seperti yang kita ketahui bahwa buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kita, karena bera...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|