7.19.2014

17 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

17 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Alpukat, Avocado atau yang disebut juga sebagai Persea americana adalah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama yang sama. Alpukat berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini telah banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.
17 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh
Buah Alpukat
Tinggi pohon alpukat dapat mencapai 20 meter dengan daun sepanjang 12 hingga 25 sentimeter. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram, biji yang besar bisa mencapai 5 hingga 6,4 sentimeter.

Buah alpukat memang memiliki sejuta manfaat bagi manusia, dari mulai manfaat kesehatan, manfaat kecantikan dan manfaatnya sebagai makanan. Alpukat sendiri mempunyai nama latin Persea americana dan termasuk dalam keluarga Lauraceae. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah.

Ternyata selain nikmat dikonsumsi dan dibuat jus, buah alpukat juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan tidak hanya buahnya saja, sebab biji dan daun alpukat juga memiliki khasiat yang sama dan sering dijadikan obat tradisional. Beberapa kandungan nutrisi buah alpukat yaitu kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B, C dan serat. Berikut ini ada beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga kesehatan jantung
Pada buah alpukat terdapat Tiamina (B1) yang bermanfaat untuk membantu memproduksi neurotransmitter acetylcholine yang sering digunakan sebagai media penyampaian pesan antara system syaraf dan otot untuk memastikan kerja jantung yang baik dan sempurna, sehingga jika kita kekurangan vitamin B1 maka dapat menyebabkan gangguan pada jantung.

2. Mengoptimalkan kerja otak
Jika mengkonsumsi buah alpukat secara teratur, maka dapat membantu mengoptimalkan kerja otak. Sebab pada buah alpukat terdapat tiamina yang sangat berguna untuk mengoptimalkan kerja otak.

3. Mencegah penyakit beri-beri
Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengoptimalkan kerja otak, tiamina pada buah alpukat juga berkhasiat untuk mencegah penyakit beri-beri.

4. Mencegah jerawat
Riboflavin (B2) yang terdapat pada buah alpukat dapat membantu untuk mencegah munculnya jerawat. Karena Riboflavin ini dapat meningkatkan keluarnya minyak pada kulit sehingga akan berkurangnya jumlah jerawat pada wajah.

5. Menjaga kesehatan mata
Vitamin A dan B2 pada buah alpukat bermanfaat untuk kesehatan mata, vitamin B2 ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata hanya saja fungsi Vitamin A untuk kesehatan mata jauh lebih besar dibandingkan dengan Vitamin B2 ini. Selain itu, vitamin B2 juga bermanfaat dalam mencegah katarak.

6. Menangkal radikal bebas
Para peneliti mengatakan bahwa kandungan minyak alpukat dapat menembus ke dalam mitokondria, bagian penting dari fungsi sel tubuh yang mengubah makanan menjadi energi. Kandungan anti-oksidan dalam buah-buahan dan sayuran seperti wortel atau tomat juga mampu memblokir radikal bebas, tetapi tidak mampu menembus ke dalam mitokondria.

7. Menjaga tekanan darah
Manfaat buah alpukat selanjutnya yaitu dapat membantu menjaga tekanan darah, ini karena buah alpukat mengandung potassium yang dapat menstabilkan tekanan darah, terutama dapat mencegah agar tidak terkena serangan darah tinggi.

8. Mencegah stroke
Sebagaimana yang telah dijelaskan, memakan satu buah alpukat setiap hari dapat menghindarkan seseorang dari penyakit stroke. Hal ini disebabkan oleh tingginya asam folat dalam buah alpukat. Serangan darah tinggi pun menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit stroke, penyakit yang membuat tubuh tidak dapat bergerak separuhnya. Tetapi dengan adanya kandungan potassium, sehingga masalah darah tinggi dan stroke dapat diminimalisir.

9. Menurunkan kolesterol
Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dan dapat meningkatkan HDL. Selain itu, alpukat juga mengandung betasitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Kombinasi betasitosterol dan lemak tak jenuh tunggal membuat alpukat merupakan makanan yang baik untuk memecah kolesterol.

10. Mengurangi depresi
Potasium yang terdapat pada alpukat sangat bermanfaat untuk mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah.

11. Mengontrol gula darah
Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang mampu mengembalikan resistensi insulin, sehingga membantu tubuh untuk mengatur gula darah secara teratur. Selain itu, serat makanan di dalamnya juga membantu mempertahankan tingkat gula darah. 

12. Mencegah kanker
Ekstrak alpukat diketahui bermanfaat untuk menghentikan pertumbuhan sel-sel prakanker yang dapat memicu kanker mulut. Tapi ekstrak ini juga diyakini mempunyai efek yang sama terhadap jenis kanker yang lainnya. Khasiat buah alpukat yang satu ini menurut beberapa peneliti dihasilkan oleh kandungan folat, vitamin C dan E serta Antioksidan.

13. Anti-inflamasi
Efek kombinasi dari nutrisi yang terkandung dalam alpukat menawarkan manfaat besar sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan). Kombinasi unik dari buah alpukat seperti Vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3 asam lemak yang bermanfaat untuk mencegah peradangan. Hal ini menunjukkan bahwa alpukat dapat mencegah atau mengurangi risiko penyakit osteoarthritis dan rematik.

14. Mencegah cacat lahir
Tingginya jumlah folat yang mencapai 23 persen jumlah harian folat dari secangkir alpukat sangat penting untuk pencegahan cacat lahir seperti kerusakan saraf.

15. Mengatasi bau mulut
Buah alpukat merupakan pencuci mulut alami yang baik dan dapat membersihkan usus yang merupakan penyebab bau mulut.

16. Menghaluskan kulit
Vitamin E yang terdapat pada buah alpukat berperan sangat penting bagi kesehatan kulit, yaitu dengan menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembaban kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

17. Mencegah penuaan dini
Adanya vitamin E pada buah alpukat sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh, memperlambat penuaan, dan mendorong sistem saraf yang sehat.

17 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan TubuhTitle : 17 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Alpukat, Avocado atau yang disebut juga sebagai Persea americana adalah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama yang sama. Alpukat berasal...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|