7.01.2014

10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia

10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia -
UniksPos -
Anda yang tinggal di Indonesia sebaiknya berbahagialah kamu karena telah terbiasa dengan buah-buah negara tropis. Karena buah tropis dianggap sebagai buah paling segar dan menyenangkan di dunia. Akan tetapi ternyata ada buah-buah yang terasa biasa di Indonesia, dianggap aneh di dunia. Seperti apa? Sebut saja buah durian, rambutan, dan salak yang dianggap sebagai buah-buah paling aneh di dunia! Wah, kira-kira apa yang membuat buah-buah itu dianggap paling unik ya? Penasaran, simak penjelasannya berikut ini.

1. Atemoya
10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia
Atemoya, 10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia
Atemoya merupakan gabungan dari dua buah yaitu apel manis (Annona squamosa) dan cherimoya (A. cherimola). Keduanya berasal dari daerah tropis Amerika. Buah ini populer di Taiwan, di mana ia dikenal sebagai "nanas srikaya", jadi kadang-kadang salah diyakini sebagai persilangan antara apel manis dan nanas. Di Kuba, buah ini disebut Anon, dan di Venezuela chirimorinon. Di Palestina dan Lebanon, buah ini disebut achta. Hal ini berbeda dari Achta yang digunakan dalam banyak makanan pencuci mulut Lebanon, termasuk es krim, yang sebenarnya adalah skimming susu segar atau krim. Atemoya memiliki kulit bergelombang namun lembut dan manis di dalamnya.

2. Durian
10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia
Durian, 10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia
Durian adalah tanaman tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, yang buahnya bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Merupakan salah satu buah populer di Indonesia dan disebut sebagai Raja Buah. Banyak orang di luar negeri menganggap durian sebagai buah berbau busuk meskipun dari kejauhan beberapa meter. Namun tanyakan rasa durian pada orang-orang Indonesia.  Dengan tegas mereka akan terpesona dengan daging lembut dan rasa manisnya si durian. Apa kamu suka?

3. Salak
10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia
Salak, 10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia
Sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Salak dikenal juga sebagai sala. Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini dijauhi karena memiliki kulit yang tajam ketika di kupas. Sehingga banyak orang membenci salak.  Namun tidak bagi penghuni kawasan tropis terutama penduduk Indonesia. Salak menjadi buah favorit karena meski bagian luarnya 'jelek', mereka memiliki daging yang tegas namun lembut dan manis yang membuat kenyang. 

4. Kiwano
Fruit kiwano
By luxy68 (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Melano, disebut juga melon tanduk, merupakan tanaman merambat yang nama binomialnya Cucumis metuliferus yang berasal dari Afrika. Kiwano ditanam untuk diambil buahnya, buahnya berbentuk oval dengan tanduk. Kiwano adalah buah melon/mentimun aneh yang berasal dari Selandia Baru.  Buah Kiwano di bagian luar tampak berduri dan bagian dalamnya lebih aneh dengan berwarna hijau yang dipenuhi biji sehingga membuat beberapa orang jijik.

5. Rambutan
10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia
Rambutan, 10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia
Tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Orang Barat menganggap buah rambutan asli Indonesia ini sebagai buah dengan bentuk menjijikkan karena bulat dengan bagian luar dengan rambut panjang menggelikan. Namun jangan salah, sebab rambutan memiliki rasa manis dan segar yang membuat siapapun jatuh hati!

6. Akebia Quinata
Akebia quinata fruits 0s3
By Alpsdake (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Merupakan buah khas dari kawasan Jepang, China dan Korea. Buah yang mungil bening ini berisi bijian kecil. Tekstur daging buah lembut seperti leci. Buah akebia berbentuk panjang seperti sosis dengan daging buah yang penuh biji tapi memiliki kulit yang pahit. Meski sedikit rasa pahit, kulit buahnya digunakan sebagai sayur. Aroma buahnya wangi persis cokelat. Oleh sebab itu, buahnya diolah menjadi berbagai hidangan. Digoreng, diberi bumbu miso hingga dibuat tempura. Hadirnya buah ini jadi tanda awal musim gugur. Namun malangnya, tanaman buah Akebia quinata dilarang di Selandia Baru karena dianggap sebagai hama. Uniknya, daun dari akebia juga bisa digunakan sebagai pengganti daun teh. Selain dimasak dan diminum, ternyata biji akebia dapat menghasilkan minyak dan digunakan sebagai obat herbal.

7. Markisa
10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia
Markisa, 10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia
Markisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Orang Indonesia mengenalnya dengan nama Markisa. Buah ini awalnya berasal dari Amerika Selatan dan bagian kulitnya mengandung banyak glikosida sianogen, yang berarti mengandung sedikit toksin. Namun entah bagaimanapun bentuknya, pecinta markisa begitu banyak terutama di negara tropis.

8. Screw Pine
10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia
Screw Pine, 10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia
Sering disebut pohon pandan, tanaman ini tidak terkait dengan pohon-pohon palem. Spesies bervariasi dalam ukuran, mulai dari semak-semak kecil kurang dari 1 meter, tinggi pohon dapat mencapai 20 meter, biasanya dengan kanopi yang luas, buah berat, dan tingkat pertumbuhan yang moderat. Buah ini juga disebut dengan nama Pandanus. Memiliki pohon yang seperti palem dan merupakan buah yang bisa hidup di negara tropis dan subtropis. Banyak spesies buah Screw Pine berasal dari Maladewa. Bagaimana rasanya? Meskipun bentuknya menjijikkan, akan tetapi rasanya manis asam dan menyegarkan!

9. Buah Naga
10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia
Buah Naga, 10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia
Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun saat ini juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah Naga juga dikenal sebagai Pitaya. Buah Naga memiliki bentuk yang begitu artistik berwana merah dengan ujung-ujung hijau yang mirip dengan kulit naga. Meski awalnya Pitaya berasal dari Meksiko, namun kini sangat populer di belahan timur dan berkembang pesat di Indonesia sampai seluruh Asia Tenggara. Bagaimana rasanya? Segar.

10. Tangan Buddha
10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia
Tangan Buddha, 10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia
Buah ini bisa didefinisikan sebagai 'keluarga' dari jeruk. Namun yang aneh bentuknya seperti kumpulan tangan kuning. Umumnya orang tidak memakan buah tangan Buddha. Akan tetapi hanya dipakai sebagai parfum di kamar lantaran mengeluarkan aroma jeruk yang kuat. Sementara bagian 'jarinya' kadang dipakai untuk campuran masakan ikan dan salad. Nama ilmiah dari buah tangan buddha adalah Citrus medica var sarcodactylis, sedang nama pasar adalah fingered citron, jika  dilihat dari namanya pastinya manfaat dari jeruk aneh ini adalah untuk obat. 

Karena bentuk buahnya yang aneh ini tidak salah jika anda gunakan juga sebagai tanaman hias yang pastinya akan menarik perhatian orang-orang yang datang ke rumah anda. Bentuk yang mirip tangan tadi sebenarnya adalah penonjolan dari kulit buah yang tebal dan berbenjol-benjol kemudian memanjang menjadi sebuah bentuk yang menyerupai tangan. Habitus dari Pohon Tangan Buddha berupa perdu yang tidak terlalu tingi. Batangnya memiliki banyak duri seperti halnya pohon jeruk. Daunnya besar berwarna hijau muda. Bunganya berwarna putih, harum baunya. Buah Tangan buddha hampir tidak memiliki daging buah. 

Bijinya juga kadang tidak ada. Hampir keseluruhan isinya hanya berupa kulit. Kulit ini banyak mengandung minyak atsiri sehingga baunya sangat tajam. Banyaknya kandungan atsiri juga membuat buah ini getir rasanya. Buah tangan buddha banyak manfaatnya: Kulit buah ini bisa dipotong lalu diiris, bisa digunakan sebagai pengharum ruangan atau pengharum pakaian, Jika irisan buah itu dikeringkan, bisa menjadi bahan ramuan obat, Bisa pula dijadikan manisan untuk hiasan kue.

10 Jenis Buah Paling Unik di DuniaTitle : 10 Jenis Buah Paling Unik di Dunia ~ UniksPos
Description : Anda yang tinggal di Indonesia sebaiknya berbahagialah kamu karena telah terbiasa dengan buah-buah negara tropis. Karena buah tropis diangg...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|