7.06.2014

Manfaat dan Khasiat Kopi bagi Kesehatan Anda (Coffee)

Manfaat dan Khasiat Kopi bagi Kesehatan Anda (Coffee) -
UniksPos -
Di dunia ini, dapat dipastikan bahwa hampir semua orang mengenalnya. Biasanya, untuk mengawali hari dalam rutinitas tidak lengkap rasanya tanpa secangkir kopi hangat. Tak menutup kemungkinan, kebiasaan minum kopi banyak digemari oleh setiap orang. Hal ini memang sudah menjadi tradisi turun temurun dan hobi tersendiri bagi para penggemar kopi.
Manfaat dan Khasiat Kopi bagi Kesehatan Anda (Coffee)
Manfaat dan Khasiat Kopi bagi Kesehatan Anda (Coffee)
Apabila diartikan, kopi merupakan suatu jenis minuman berwarna hitam pekat yang mampu memberikan cita rasa unik bagi yang meminumnya. Dua varietas yang paling banyak dibudidayakan yaitu kopi arabika 75% dan kopi robusta 20%. Kopi arabika mengandung sekitar 0.8 - 1.4 persen kafein, sedangkan kopi robusta 1.7 - 4% kafein. Kopi merupakan salah satu tanaman perkebunan dan komoditas ekspor utama dari setengah negara berkembang di dunia.

Berkat adanya kandungan kafein yang terkandung didalamnya, tidak sedikit orang menjadi kecanduan karena cita rasa kopi. Kafein merupakan senyawa kimia alkaloid dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan zat kafein yang terdapat dalam kopi adalah antara 1 hingga 1,5 persen. Bagi mereka pecinta kopi, hari-hari tak lengkap rasanya tanpa meminum kopi.

Usut punya usut, ternyata manfaat kopi juga sangat baik bagi kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secara baik dan tidak berlebihan. Meminum kopi dalam satu hari cukup 1 hingga 2 cangkir kita sudah mendapatkan manfaatnya. Lantas apa saja manfaat yang diperoleh setelah minum kopi? Setidaknya penjelasan berikut ini akan memberikan informasi tentang manfaat kopi bagi kesehatan yang sebaiknya Anda ketahui.

1. Mencegah penyakit jantung atau stroke
Senyawa yang terkandung dalam kopi dapat mencegah serangan jantung bahkan hingga stroke, hal tersebut diperkuat dengan adanya hasil penelitian dari sejumlah 83000 wanita dalam usia 24 tahun memiliki risiko 18 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi. Pada penelitian tersebut mereka meminum kopi 2-3 cangkir kopi dalam satu hari.

2. Menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson
Kopi dapat membantu anda dalam berkonsentrasi dan memperlambat timbulnya penyakit neurodegenerative. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi memiliki risiko sampai 60 persen lebih rendah dari Alzheimer dan demensia.

3. Menjaga kesehatan hati
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat membatu kesehatan hati. Konsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko seseorang dari primary sclerosing cholangitis (PSC), yaitu penyakit autoimun langka yang mengakibatkan gagal hati, sirosis hati, dan bahkan kanker.

4. Mencegah kanker hati
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American Gastroenterological Association menyebutkan bahwa kopi dapat mengurangi resiko kanker hati. Faktor yang menyebabkan kopi dapat mengurangi risiko kanker hati adalah karena kopi akan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh seseorang. Kadar gula darah yang tinggi adalah penyebab utama dari penyakit kanker hati.

5. Menangkal kanker kulit
Selain kanker hati, riisiko kanker kulit juga dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kopi dengan porsi yang tepat. Wanita yang minum dua cangkir dalam sehari jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker kulit dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

6. Menurunkan risiko diabetes tipe 2
Mengkonsumsi kopi dengan porsi yang sesuai setiap hari akan membantu anda dalam menurunkan 25 persen resiko terkena diabetes tipe 2. Berkat adanya kandungan kromium dan magnesium sehingga dapat membantu menekan resiko diabetes tipe II. Meskipun demikian bagi anda yang mengkonsumsi kopi sebaiknya memperhatikan jumlah gula yang digunakan dalam kopi anda.

7. Mencegah risiko kanker mulut dan melindungi gigi
Senyawa yang terdapat dalam kopi bermanfaat mencegah terjadinya resiko kanker mulut, membatasi pertumbuhan sel kanker. Selain itu kopi memiliki sifat anti bakteri dan anti-perekat yang sangat baik dan memungkinkan untuk menyembuhkan berbagai masalah berkaitan dengan kesehatan mulut, termasuk gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi gusi.

8. Menurunkan berat badan
Kandungan kafein yang dikonsumsi dengan tepat dapat membantu anda dalam menekan nafsu makan. Kehilangan cairan di dalam tubuh karena mengkonsumsi kafein akan mengakibatkan tubuh memproses panas dan energi, meskipun demikian cairan harus segera digantikan untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Beberapa suplemen atau pengobatan yang menggunakan kandungan kafein dalam penurunan berat badan harus menggunakan resep dokter, sehingga tidak mengganggu kesehatan organ tubuh yang lain.

9. Mencegah gout
Berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2007 menunjukkan bahwa pria yang berusia di atas 40 tahun terhindar dari gout dengan seringnya mengkonsumsi kopi. Gout bisa terjadi ketika ada peradangan akibat tingginya tingkat asam urat yang mengkristal pada sendi atau jari-jari. Orang yang rajin meminum enam gelas kopi sehari memiliki risiko encok 60 persen lebih rendah.

10. Pembangkit stamina dan energi ekstra
Mekanisme kerja zat kafein dalam tubuh bersaing dengan fungsi adenosin dalam tubuh kita. Sebetulnya, Adenosin sendiri merupakan senyawa yang terdapat dalam sel otak berfungsi membuat orang cepat tertidur. Kandungan kafein dapat memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk dan muncul perasaan segar, mata terbuka lebar, detak jantung lebih kencang, serta naiknya tekanan darah.

11. Menurunkan risiko penyakit Parkinson
Di tahun 2000, Journal of the American Medical Association menemukan bahwa konsumsi kafein dalam kopi bisa menurunkan risiko terkena Parkinson. Selebelumnya, hasil penelitian pada tahun 2010 juga menunjukkan bahwa minum dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari bisa menurunkan risiko kena Parkinson hingga 25 persen.

12. Mengurangi rasa sakit kepala
Berkat kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi derita sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migran ringan terbukti dapat disembuhkan dengan meminum secangkir kopi pekat.

13. Mencegah batu ginjal
Peneliti di Harvard menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi empat cangkir kopi sehari memiliki risiko batu ginjal 25 persen lebih rendah. Penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya juga menunjukkan hasil yang sama.

14. Mengatasi perubahan suasana hati dan depresi
Minum kopi secara teratur sesuai dengan porsinya dapat memaksimalkan kerja otak lebih baik. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik. Selain itu, zat kafein dalam kopi berfungsi sangat baik sebagai stimulan pada tubuh kita. Hal ini dapat membantu indera kita dan meningkatkan laju metabolisme. Sehingga meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi, mengatasi perubahan suasana hati bahkan hingga masalah depresi.

15. Meningkatkan daya ingat
Peneliti dari Johns Hopkins University mengamati efek kafein terhadap kemampuan seseorang untuk mengingat. Hasilnya, mereka menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengingat hingga rentang waktu 24 jam setelah diminum. Peneliti menemukan bahwa setidaknya diperlukan 200 miligram kafein untuk mendapatkan efek daya ingat yang meningkat.

Sebagai kesimpulannya, sebaiknya jangan sampai Anda meminum kopi secara berlebihan karena akan menimbulkan efek samping yang berbahaya terhadap tubuh kita. Cukup konsumsi 2 cangkir kopi dalam sehari untuk mendapatkan manfaat sehat yang maksimal. 

Selain itu, Jangan lupa mengkonsumsi kopi setelah makan siang. Pasalnya, kemampuan kopi untuk memproses glukosa di dalam tubuh paling efektif terjadi di siang hari terutama setelah makan siang. Itulah sebab mengapa kopi mampu menurunkan diabetes di dalam tubuh.

Zat kopi yang mampu mencerna glukosa ini bernama asam chlorogenic. Asam ini selain mampu mencerna glukosa juga dapat mengatasi peradangan dan meningkatkan insulin.

Manfaat dan Khasiat Kopi bagi Kesehatan Anda (Coffee)Title : Manfaat dan Khasiat Kopi bagi Kesehatan Anda (Coffee) ~ UniksPos
Description : Di dunia ini, dapat dipastikan bahwa hampir semua orang mengenalnya. Biasanya, untuk mengawali hari dalam rutinitas tidak lengkap rasanya t...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|