7.21.2014

Ragam Nutrisi dan Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Ragam Nutrisi dan Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Disebut juga sebagai betik, pepaya adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. Pepaya merupakan tanaman buah berupa herba dari famili Caricaceae. Beberapa pendapat mengatakan bahwa pepaya pertama kali dibudidayakan di Meksiko. Tumbuhan ini banyak tumbuh di dataran rendah hingga 1.000 meter di atas permukaan laut, terutama di daerah yang subur.
Ragam Nutrisi dan Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh
Buah Pepaya
Nutrisi yang terdapat pada buah pepaya yaitu vitamin A, B, C, riboflavin, niacin, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, karbohidrat, protein dan kalori. Di dunia ini, tak jarang banyak orang yang menggunakan pepaya sebagai tanaman obat. Berikut ini ada beberapa manfaat penting buah pepaya untuk kesehatan atau media penyembuhan penyakit diantaranya :

1. Meningkatkan sistem imun

Sistem imun tubuh berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul jahat dan Vitamin A yang terdapat pada buah pepaya akan meningkatkan aktivitas kerja dari sel darah putih dan antibodi di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih resisten terhadap senyawa toksin maupun terhadap gangguan bakteri patogen dan virus.

2. Menyehatkan mata

Selain sebagai sistem imun tubuh, vitamin A pada buah pepaya juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. karena didalam Vitamin A terdapat retinol yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata kita.

3. Mengatasi gangguan pencernaan
Buah pepaya mengandung enzim papain dan serat yang dapat membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan efektif untuk mencegah wasir.

4. Menurunkan risiko serangan jantung

Vitamin C pada buah pepaya mampu menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Aterosklerosis ialah suatu kondisi dimana arteri jantung Anda menebal dan mampu meningkatkan serangan jantung sebab darah Anda menjadi tidak lancar.

5. Mencegah flu
Kandungan vitamin C pada buah pepaya dapat memperbaiki sistem imun tubuh dan mencegah serangan penyakit seperti batuk, pilek, bahkan hingga kanker.

6. Mengontrol tekanan darah

Mengkonsumsi buah pepaya secara rutin mampu mengurangi tekanan darah dan kerusakan jantung. Mengapa? Sebab buah pepaya kaya vitamin C.

7. Menjaga kesehatan ginjal
Selain bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, vitamin C pada buah pepaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, biji pepaya juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

8. Menghindarkan dari resiko asma

Berdasarkan sebuah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa orang yang menderita asma biasanya memiliki jumlah vitamin C yang kurang di dalam tubuh mereka. Karenanya, mengkonsumsi buah pepaya setiap hari mampu mengurangi sesak napas.

9. Mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan di dalam pepaya bermanfaat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah di kulit, misalnya seperti flek, keriput, dan sebagainya.

10. Mengurangi resiko diabetes

Vitamin C pada buah pepaya juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh dan membantu mencegah efek buruk dari diabetes pada penderitanya. Ganti camilan manis Anda dengan buah pepaya.

11. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin A, C dan E sendiri baik untuk kesehatan kulit. Selain membantu melembabkan, vitamin tersebut juga dapat membantu mengembalikan kulit kusam menjadi cerah dan lebih segar.

12. Anti radang
Kandungan papain dan chymopapain yang bisa meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar. Manfaat inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan berbagai luka di kulit, psoriasis dan berbagai penyakit kulit lainnya.

Selain manfaat buah pepaya yang telah disebutkan, diketahui bahwa pepaya juga berkhasiat sebagai tanaman obat. Berikut beberapa cara pengobatan alternatif yang bisa anda lakukan.
  • Sakit gigi: Getah pepaya muda diteteskan ke gigi yang sakit dengan bantuan kapas.
  • Kutil: Oleskan getah pepaya pada kutil setiap 3 jam.
  • Luka kecil: Oleskan getah pepaya pada kutil setiap 3 jam.
  • Hipertensi: Haluskan buah pepaya muda dengan cara diparut, peras. Minum airnya 2 kali sehari. Sebaiknya lakukan selama 3 hari.
  • Luka bakar: Buah pepaya muda dicuci, gores-gores agar getahnya keluar. Lalu oleskan getahnya pada luka.
  • Tumit pecah-pecah: Getah pepaya muda digosokkan ke tumit yang pecah-pecah, biarkan selama 1/4 jam, lalu dicuci. Sebaiknya lakukan 1x sehari.
  • Melancarkan haid: 2 helai daun pepaya dicuci kemudian ditumbuk hingga halus dan tambahkan 1/4 gelas air, peras, beri garam. Minum 1 kali sehari.
  • Jerawat: Jemur 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua, lumatkan sambil diberi air, peras. Kemudian oleskan sarinya pada jerawat.
  • Diare: Satu genggam biji pepaya dikeringkan, kemudian ditumbuk hingga halus. Seduh seperti menyeduh teh. Minum 3 kali sehari tiap 1 gelas.
  • Flu: Cuci 2-3 helai daun pepaya muda, lumatkan, peras, beri garam. Untuk anak-anak minum 2 kali, dan 4 kali sehari untuk orang dewasa.
  • Malaria dan demam. Tumbuk daun pepaya muda hingga menjadi 1/2 gelas, tambahkan air 3/4 gelas dan garam, peras, saring, kemudian minum 3 kali sehari dan lakukan selama 5 hari berturut-turut.
Wah ternyata buah, biji dan daun pepaya bermanfaat untuk segala penyakit. Jadi itulah ulasan singkat tentang manfaat pepaya, semoga dapat memberi manfaat.

Ragam Nutrisi dan Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan TubuhTitle : Ragam Nutrisi dan Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Disebut juga sebagai betik, pepaya adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|