7.09.2014

Khasiat dan Manfaat Belimbing Manis (Averrhoa)

Khasiat dan Manfaat Belimbing Manis (Averrhoa) -
UniksPos -
Jenis tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka. Saat ini, belimbing telah tersebar ke penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Nama ilmiahnya Averrhoa, buah belimbing dijuluki sebagai star fruit, sebab bentuk dari buah tersebut setelah dipotong-potong kecil akan menyerupai bentuk bintang.
Khasiat dan Manfaat Belimbing Manis (Averrhoa)
Khasiat dan Manfaat Belimbing Manis (Averrhoa)
Khususnya di Indonesia, belimbing ini sangat mudah untuk dibudidayakan. Pasalnya, belimbing tidak memerlukan banyak air untuk bisa hidup sehingga sangat cocok untuk dikembangkan di negara yang beriklim tropis. Selain rasanya yang enak ternyata buah belimbing sangatlah baik bagi tubuh, terlebih lagi jika dikonsumsi secara rutin. Berikut ini ragam manfaat Buah Belimbing.

1. Mencegah kanker
Hal ini disebabkan oleh banyaknya kandungan vitamin C dari buah belimbing. Vitamin C berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh akan lebih kebal terhadap serangan penyakit.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh
Kandungan buah belimbing mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Buah belimbing sangat kaya akan vitamin A dan C. Selain kedua vitamin tersebut, buah belimbing juga mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan segala penyakit.

3. Melancarkan sistem pencernaan
Tak hanya buah melon yang kaya akan serat, sebab buah belimbing juga kaya serat. Sebagaimana yang kita tau, serat sangat baik dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, serat juga berfungsi untuk melancarkan proses pencernaan didalam tubuh.

4. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
Kolesterol yang berlebihan bisa menempel di dinding pembuluh darah sehingga pembuluh darah menyempit dan aliran darah tidak lancar. Tapi jangan khawatir jika anda rutin mengkonsumsi belimbing, maka hal ini akan teratasi. Sebab kandungan zat pektin yang dikandung oleh belimbing sangat melimpah sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Mencegah hipertensi
Kandungan kadar kalium yang tinggi serta rendah kalsium pada buah belimbing sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit hipertensi. Terapi hipertensi dengan mengkonsumsi buah belimbing sudah terbukti ampuh untuk mempercepat menurunkan tensi darah. 

6. Mengobati panu
Manfaat belimbing untuk jenis penyakit kulit seperti panu juga dapat diobati. Cukup oleskan daging buah belimbing disekitar daerah yang terkena penyakit panu sebanyak dua kali sehari, dalam rentang waktu tiga hari penyakit tersebut akan segera sembuh.

7. Menu diet
Sangat baik jika dikonsumsi ketika diet, karena pectin yang terkandung didalam buah belimbing dapat membantu menghancurkan kolesterol.

8. Cantik alami
Kandungan Vitamin A dan C yang dapat mengecilkan pori-pori kulit wajah, sehingga menyegarkan dan menyejukan wajah. Selain itu, kandungan mineral yang terdapat pada buah belimbing ini berguna untuk mengurangi kelelahan kulit dan menjadikan wajah akan tampak jauh lebih segar dari yang sebelumnya, sehingga kulit anda akan terlihat lebih cantik secara alami.

Khasiat lain buah belimbing
Buah belimbing manis memiliki khasiat sebagai antipiretik dan ekspektoran, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi batuk pada anak-anak. Buahnya yang mengandung banyak vitamin C memiliki manfaat sebagai antiinflasi, analgesik, dan diuretik, sehingga baik untuk penyembuhan batuk, sariawan, sakit tenggorokan, mengobati demam, gusi berdarah, rasa sakit pada gigi berlubang, jerawat, hingga mengatasi masalah kencing manis, radang rectum dan kolesterol. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi juga baik untuk dikonsumsi penderita penyakit kanker. Sedangkan daunnya dapat digunakan untuk mengatasi radang lambung, radang kulit bernanah, dan bisul. Selain itu belimbing juga memiliki kandungan serat yang baik sehingga dapat membantu melancarkan proses pencernaan, dan mengandung kadar kalium tinggi, serta natrium yang rendah sebagai obat hipertensi.

Seakan kurang, ternyata bunga, daun, dan akar belimbing juga memiliki beragam manfaat diantaranya adalah:

Manfaat bunga belimbing
Bunga belimbing dapat dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat untuk mengatasi beberapa penyakit antara lain batuk, sariawan (stomatitis), dan juga malaria.

Manfaat daun belimbing
Selain bunganya, daun belimbing juga bisa dijadikan ramuan obat untuk mengatasi sakit pada perut, gondongan (parotitis), maag, melancarkan air seni, dan sebagai obat bisul.

Manfaat akar belimbing
Sementara akar belimbing ini bisa digunakan sebagai ramuan obat untuk mengatasi penyakit rhematik. Bagi anda yang memiliki masalah dengan rhematik, ada baiknya untuk mencoba ramuan dari akan belimbing. Selain itu, akar belimbing manis juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit kepala dan nyeri persendian. 

Dibalik manfaat yang dimiliki buah belimbing, ternyata ada pula beberapa hal yang patut diperhatikan. Pasalnya, bagi orang yang bermasalah pada ginjalnya harus menghindari konsumsi buah ini karena mengandung asam oxalat. Jus yang terbuat dari belimbing lebih berbahaya karena konsentrasi asamnya yang lebih tinggi. Oleh karena kandungan gulanya yang cukup tinggi, maka bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi atau penderita diabetes juga harus menghindari buah belimbing ini.

Khasiat dan Manfaat Belimbing Manis (Averrhoa)Title : Khasiat dan Manfaat Belimbing Manis (Averrhoa) ~ UniksPos
Description : Jenis tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka. Saat ini, belimbing telah tersebar ke penj...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|