7.12.2014

Manfaat Sehat Buah Melon (Cucumis melo)

Manfaat Sehat Buah Melon (Cucumis melo) -
UniksPos -
Cucumis melo atau yang biasa disebut buah melon merupakan buah yang berasal dari suku labu-labuan atau Cucurbitace. Rasanya begitu enak jika di makan langsung selagi segar. Tak sebatas buah yang hanya di makan segar, sebab buah melon ini memiliki beragam manfaat yang berguna untuk tubuh. Buah Melon ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Adapun kandungan gizi yang terdapat didalamnya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor, karbohidrat, protein, lemak, potassium, yang dapat mencegah serangan jantung, mata, penyakit ginjal, kanker, stroke dan lain sebagainya. Oleh karenanya, banyak orang yang menjadikan buah melon sebagai salah satu alternatif untuk kesehatan tubuh.
Manfaat Sehat Buah Melon (Cucumis melo)
Manfaat Sehat Buah Melon (Cucumis melo)
Well, untuk mengetahui ragam manfaat dan khasiat melon bagi kesehatan, ada baiknya segera membaca penjelasan singkat berikut.

1. Mencegah kanker

Secara ilmiah telah terbukti bahwa buah melon kaya akan zat karatenoid. Maka dari itu buah melon ini dapat bermanfaat untuk mencegah sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumsi melon secara teratur, seseorang akan terhindar dari risiko kanker paru-paru. Bahkan, melon juga dapat membantu tubuh untuk melepas bibit-bibit penyakit yang berpotensi menjadi kanker dalam tubuh.

2. Mencegah kerusakan syaraf
Adanya vitamin B pada buah melon, sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada syaraf. Asupan vitamin B yang cukup dalam tubuh akan mencegah kelambatan pertumbuhan, anemia, gangguan penglihatan, kerusakan syaraf dan gangguan pada jantung.

3. Mencegah serangan jantung
Tak hanya efektif dalam mencegah kanker, buah melon yang memiliki kandungan adenosine juga mampu menghentikan penggumpalan darah yang akan mengakibatkan penyakit jantung ataupun stroke. Adenosine berfungsi untuk melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga berbagai penyakit berbahaya dapat dihindarkan.

4. Mencegah stroke

Selain itu, buah melon juga mengandung zat anti-koagulan yang dikenal dengan nama adenosine. Ia mampu menghentikan penggumpalan yang terjadi pada sel darah yang berpotensi menyebabkan serangan jantung atau juga stroke.

5. Menjaga kesehatan mata

Tingginya kandungan beta-karoten pada buah melon sangat bermanfaat untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Nantinya, beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan untuk memperbaiki fungsi mata.

6. Mempercantik kulit dan mencegah penuaan

Apabila Anda menginginkan kulit yang segar, sehat dan cantik, ada baiknya untuk mengkonsumsi buah melon secara teratur. Karena kandungan vitamin pada buah melon akan membantu kulit Anda tetap sehat sepanjang waktu. Disamping itu, melon ini juga mengandung zat kolagen yang berfungsi untuk mempertahankan elastisitas dan memperbaiki sel-sel kulit sehingga Anda akan tampak awet muda, serta berguna untuk mempercepat penyembuhan luka.

7. Memelihara ginjal

Buah melon memiliki sifat diuretik sehingga membuat Anda sering buang air kecil. Secara langsung hal tersebut akan membantu organ ginjal Anda menjadi lebih sehat. Selain itu, melon juga berfungsi untuk mengobati penyakit eksim dan asam urat.

8. Melancarkan BAB

Tingginya kandungan serat pada buah melon dapat membantu melancarkan buang air besar (BAB). Serat pada buah melon hampir sama dengan yang dimiliki buah lain seperti pepaya.

9. Mencegah panas dalam dan sariawan

Tingginya kandungan air pada buah melon dapat memberi efek sejuk, selain itu buah melon juga kaya akan vitamin A, B dan C. Cukup dengan mengkonsumsi melon secara rutin, maka tubuh Anda akan bugar sehingga Anda akan terhindar dari panas dalam dan sariawan.

10. Menu diet yang sehat

Buah ini sangat rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi tatkala Anda sedang berdiet.

11. Menyehatkan gigi dan gusi

Buah melon mengandung vitamin C. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Selain vitamin C, terdapat pula kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk kesehatan gigi anda.

12. Mencegah anemia

Selain vitamin C, buah melon juga mengandung zat besi, sehingga sangat berkhasiat untuk mencegah anemia. 

13. Menyehatkan tulang

Selain zat besi, buah melon juga mengandung kalsium dan fosfor. Seperti yang kita ketahui bahwa kalsium dan fosfor mempunyai peran penting pada tulang sehingga dapat mencegah timbulnya osteoporosis. Rutin mengkonsumsi buah melon, tulang anda akan senantiasa sehat.

14. Menjaga kesehatan otak

Buah melon mengandung fosfor yang bermanfaat untuk membangun dan memelihara jaringan otak. Kecukupan mineral fosfor di otak dapat membantu aktivitas otak dalam berpikir dan mengingat.

15. Membantu metabolisme tubuh

Buah melon mengandung fosfor yang bermanfaat bagi metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi. Fosfor berguna membantu tubuh memanfaatkan karbohidrat dan lemak untuk diubah menjadi energi.

Wah, Menakjubkan ya manfaat buah melon yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita ini. Maka dari itu, siapkan persediaan buah melon Anda secukupnya di rumah.

Manfaat Sehat Buah Melon (Cucumis melo)Title : Manfaat Sehat Buah Melon (Cucumis melo) ~ UniksPos
Description : Cucumis melo atau yang biasa disebut buah melon merupakan buah yang berasal dari suku labu-labuan atau Cucurbitace. Rasanya begitu enak jik...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|