7.31.2014

10 Istana Termegah di Berbagai Penjuru Dunia

10 Istana Termegah di Berbagai Penjuru Dunia -
UniksPos -
Secara umum, istana ialah tempat tinggal raja dan ratu sebuah kerajaan lengkap dengan keluarga kerajaan dan keturunannya. Selain itu, istana juga merupakan tempat tinggal kepala negara atau beberapa pembesar yang memiliki pengaruh besar di sebuah negara. Di Eropa, Istana juga merupakan tempat tinggal para Uskup Agung dan orang-orang yang memiliki pangkat tertinggi dalam sebuah tatanan kehidupan di sana. Akan tetapi di beberapa negara di Eropa, ternyata istilah Istana juga diberikan kepada bangunan-bangunan perkotaan yang sangat besar dan dibangun sebagai rumah-rumah pribadi bergaya aristokrat. Berikut ini 10 istana di berbagai penjuru dunia yang dapat dikategorikan terbesar, termegah dengan gaya bangunan yang sangat unik dan menakjubkan juga sebagai simbol peradaban di sebuah negara tersebut. Mari kita simak bersama-sama!

1. Istana Dolmabahce, Turki
Dolmabahce
By Users Robert.raderschatt on de.wikipedia [Public domain or Public domain], via Wikimedia Commons
Dolmabahce Palace, Dolmabahce Sarayi atau Istana Dolmabahce terletak di distrik Beşiktaş Istanbul, Turki, di sisi Bosporus, Eropa. Merupakan pusat administrasi utama dari Kekaisaran Ottoman 1856-1922. Istana ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Mabeyn-i Humayun (khusus untuk pria), Muayede Salonu (aula seremonial) dan Harem-i Humayun (apartemen dari keluarga Sultan). Istana ini memiliki luas 45.000 persegi, dan memiliki 285 kamar, 46 aula.

2. Istana Buckingham, Inggris
Buckingham Palace 2007
By jedyooo (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Buckingham Palace atau Istana Buckingham, adalah kediaman resmi ratu Inggris di London. Terletak di Kota Westminster, istana ini merupakan tempat penting untuk acara-acara kenegaraan, tempat menyambut tamu negara, dan tempat kunjungan pariwisata. Selain itu, istana ini juga menjadi pusat keramaian bagi orang-orang Inggris pada acara-acara nasional.

3. Istana Potala, Tibet
Potala-from-behind 07-2005
By Thomas Kraus (photo taken by Thomas Kraus) [Public domain], via Wikimedia Commons
Terletak di kota Lhasa, Tibet. Istana ini diberi nama dari tempat yang ia berada, Gunung Potala, tempat kediaman Chenresig atau Avalokitesvara. Istana Potala adalah istana musim dingin Dalai Lama sejak abad ke-7, melambangkan Buddhaisme Tibet yang merupakan sentral dalam administrasi tradisional Tibet. Kompleks istana terdiri dari Istana Putih dan Merah dengan bangunan tambahan serta dibangun di Gunung Merah di pusat Lembah Lhasa, pada ketinggian 3.700 meter.

4. Istana Kekaisaran Tokyo, Jepang
Tokyo Imperial Palace seimon
By nattou (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Tokyo Imperial Palace atau Istana Kekaisaran Tokyo, adalah kediaman utama dari Kaisar Jepang. Luas total termasuk taman adalah 7.41 kilometer persegi. Istana ini merupakan tempat tinggal utama dari Kaisar Jepang. Tempat ini adalah sebuah area seperti taman besar yang terletak di wilayah tertutup Chiyoda, Tokyo sampai Stasiun Tokyo dan berisi beberapa bangunan termasuk istana utama, tempat tinggal pribadi keluarga kekaisaran, tempat pengarsipan, museum dan kantor administratif.

5. Blenheim Palace, Inggris
Blenheim palace
By Benutzer:Walwegs. (Taken by Walwegs) [Public domain], via Wikimedia Commons
Blenheim Palace ialah sebuah rumah negara monumental yang terletak di Woodstock, Oxfordshire, Inggris, kediaman Adipati Marlborough. Ini adalah satu-satunya rumah negara non-episkopal non-kerajaan di Inggris yang memegang gelar istana dan merupakan salah satu rumah terbesar Inggris, dibangun antara 1705 dan tahun 1722. Blenheim Palace adalah rumah tinggal bagi Duke dan Duchess of 11 Marlborough dan juga merupakan tempat kelahiran Sir Winston Churchill. Terletak di areal taman seluas 2100 hektar, istana megah ini dikelilingi oleh padang rumput yang hijau serta taman ini juga memiliki sebuah Danau yang besar. Blenheim Palace ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987. 

6. Istana Musim Panas Beijing, Cina
Beijing Summer Palace Xingqiao
By user:kallgan (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Yihe Yuan, atau Istana Musim Panas adalah istana yang terletak 15 km dari pusat kota Beijing. Pertama kali dibangun pada zaman Dinasti Jin. Pada awal pembuatan mempunyai nama Taman Qingyi. Istana ini merupakan taman kekaisaran terbesar dan terbaik yang dilestarikan di Cina. Dalam bahasa Cina disebut Yihe Yuan dan berarti “Taman Harmoni’ atau ‘Taman untuk Menjaga Kesehatan dan Harmoni’. Seperti namanya, Istana Musim Panas digunakan sebagai tempat tinggal musim panas oleh penguasa kekaisaran Cina sebagai tempat lain dari istana kekaisaran utama yang dikenal sebagai Museum Istana (atau Forbidden City) – sebuah daerah yang tenang di pedesaan namun dekat dengan kota.

7. Istana Schönbrunn, Austria
Schönbrunn Palace AC04
By Adam Carr di Wikipedia bahasa Inggris (Self-photographed) [Public domain], via Wikimedia Commons
Istana Schönbrunn di Wina adalah salah satu monumen budaya terpenting di Austria dan sejak 1860-an telah menjadi obyek wisata utama di Wina. Daerah lokasi istana ini dibeli oleh Maximilian II, Kaisar Suci Romawi pada tahun 1569. Istana ini merupakan tempat tinggal musim panas mantan kekaisaran di Wina, Austria. Istana Schönbrunn dengan bangunan disekitarnya dan taman besar yang terdapat di sana adalah salah satu monumen budaya paling penting di Austria. Puri ini dibangun untuk menyaingi Istana Versailles Perancis di daerah Baroque.

8. Istana Musim Dingin St. Petersburg, Rusia
Armorial Hall, Winter Palace, St Petersburg (Hermitage), 1730, ZM
By Zmorgan (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Istana Musim Dingin terletak di Saint Petersburg, Rusia, adalah istana tempat kediaman resmi para penguasa monarki Rusia dari tahun 1732 hingga 1917. Dibangun di tepi Sungai Neva antara 1754 dan 1762. Istana ini dirancang oleh banyak arsitek, salah satunya ialah Bartolomeo Rastrelli. Istana ini dikenal sebagai gaya Baroque Elizabeth yaitu istana dengan warna hijau dan putih yang memiliki bentuk persegi dan melebar. Istana megah ini memiliki 1.786 pintu, 1.945 jendela, 1.500 kamar dan 117 tangga. Panjang koridor utamanya adalah 250 meter dengan tinggi 30 meter.

9. Lake Palace, India
Udaipur01
By Vberger at fr.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Daerah Udaipur adalah permata dari wilayah Rajasthan, memiliki suasana yang damai bahkan di jalan-jalan dan pasar. Lake Palace (sebelumnya dikenal sebagai Jaguar Niwas) ialah sebuah hotel mewah, memiliki 83 kamar namun semuanya bertipe suite yang mewah dengan dinding marmer putih dan bangunan ini terletak di dasar batuan alami seluas 4 hektar, di sebuah pulau pribadi di pulau Jag Niwas di tengah Danau Pichola, Udaipur, India. Hotel ini mengoperasikan sebuah kapal yang mengangkut para tamu ke hotel dari sebuah dermaga di Istana Kota. Hotel ini telah terpilih sebagai tempat paling spektakuler di India dan di dunia.

10. Istana Versailles, Perancis
Versailles orangerie
By Gfmorin (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Palace of Versailles atau Istana Versailles, ataupun Versailles adalah Puri Royal kerajaan di Versailles di wilayah Île-de-France, Perancis. Dulu, ketika istana dibangun, Versailles merupakan pedesaan. Namun kini, Versailles adalah suburban Paris. Letaknya 20 kilometer barat daya ibukota Perancis. Dibangun pada tahun 1624, oleh Raja Louis XIII. Tempat ini kemudian diperluas oleh Louis XIV. Selain itu, Louis XIV juga membangun sebuah taman dongeng yang menakjubkan di area bangunan istana. Jules Hardouin Mansart, arsitek utama kerajaan memiliki rencana untuk memperbesar dan mengubah istana menjadi lebih hebat dari cerita Seribu Satu Malam. Istana ini masih difungsikan untuk politik. Diperkirakan, luas istana ini mencapai 90,833 meter persegi.

10 Istana Termegah di Berbagai Penjuru DuniaTitle : 10 Istana Termegah di Berbagai Penjuru Dunia ~ UniksPos
Description : Secara umum, istana ialah tempat tinggal raja dan ratu sebuah kerajaan lengkap dengan keluarga kerajaan dan keturunannya. Selain itu, istan...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|