7.03.2014

Tower of Hercules, Mercusuar Kuno Peninggalan Romawi

Tower of Hercules, Mercusuar Kuno Peninggalan Romawi -
UniksPos -
Menara Hercules merupakan sebuah mercusuar kuno peninggalan Romawi yang terletak di semenanjung, sekitar 24 kilometer dari pusat A Coruña, Galicia, barat laut Spanyol. Tinggi menara ini 55 meter menghadap pantai Atlantik Utara, Spanyol. Sampai abad ke-20, Tower of Hercules atau Menara Hercules dikenal sebagai "Farum Brigantium".
Tower of Hercules, Mercusuar Kuno Peninggalan Romawi
Tower of Hercules, Mercusuar Kuno Peninggalan Romawi
Sebagaimana yang dilansir dari Panduan WisataMercusuar Hercules berusia 1900 tahun, peninggalan Romawi yang masih beroperasi hingga kini Konon, usia tower ini sudah mencapai 1900 tahun, direhabilitasi tahun 1791. Ini adalah mercusuar peninggalan Romawi yang hingga kini masih difungsikan.

Pembangunannya dilakukan diatas bukit setinggi 50 meter, bangunannya sendiri memiliki tinggi 55 meter, dimana 34 meter merupakan bebatuan asli dari zaman Romawi dan 21 meter adalah hasil dari renovasi. Tower ini berdiri menghadap ke pesisir Atlantik Utara dan menjadi landmark dari pintu masuk pelabuhan A Coruña.
Torre de Hércules - DivesGallaecia2012-69
By Luis Miguel Bugallo Sáchez (Lmbuga) (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Monumen bersejarah peradaban Romawi ini sempat terbengkalai dan tak digunakan pada abad pertengahan. Baru pada abad 15 mulai kembali difungsikan seiring meningkatnya aktivitas di pelabuhan A Coruña. Rekonstruksi besar-besaran dilakukan pada abad 18 oleh arsitek Eustaqio Giannini. Eksteriornya berubah menjadi gaya neo-klasik.

Selama ribuan tahun tersebar mitos dan legenda tentang asal muasal Torre de Hércules. Menurut legenda yang diceritakan pada Chronicle of Alfonso X, hidup satu raksasa bernama Gerion yang meneror para penduduk. Titisan Zeus, Hercules datang untuk membinasakan Gerion. Mereka terlibat dalam pertempuran sengit selama 3 hari. Akhirnya Hercules mampu membunuh Gerion dengan memenggal kepalanya. 

Kepala dan senjata Gerion dikubur, kemudian Hercules memerintahkan pendirian menara di atas kuburan Gerion itu sebagai tugu kemenangan. Diceritakan pula bahwa orang yang menempati tanah merdeka itu adalah seorang wanita bernama Crunna dan kemudian nama wanita tersebut dijadikan nama kota A Coruña. Raja Hispan, keponakan dari Hercules, meletakan sebuah cermin ajaib di puncak menara. Dengan kaca tersebut orang-orang dapat melihat apakah kapal yang sedang berlayar itu musuh atau teman.

Menara Hercules terletak antara teluk Orzán dan Ártabro. Mercusuar ini dibuka setiap hari pukul 10.00 – 21.00 selama Juni hingga September dan 10.00 – 18.00 untuk periode Oktober hingga Mei. Untuk memasuki mercusuar Romawi ini Anda harus membayar tiket seharga  €4, kecuali jika berkunjung di hari Senin. Pada hari tersebut, Torre de Hércules dibuka secara gratis.

Tempat ini dapat dicapai dengan menggunakan bus 3, 3A, atau 5. Anda dapat mengunjungi tempat menarik lain seperti Segovia, Ronda, dan melakukan 6 aktivitas menarik di Tarifa. Selama berwisata Anda dapat menginap di Hotel Balneariode Compostela, Melia Maria Pita Hotel, atau Eurostars Ciudad de la Coruna Hotel.

Menara ini pun memiliki hak istimewa menjadi mercusuar Romawi tertua. Hercules Ini adalah mercusuar kedua di ketinggian Spanyol, di belakang mercusuar Chipiona. Pada tanggal 27 Juni 2009 bangunan ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia. Di sekitar mercusuar terdapat taman yang ada bangunan seperti kompas di tanah.

Jika kita berjalan sedikit kearah pantai, kita juga akan mendapati pemandangan pantai yang sangat indah. Laut biru luas dengan pasir berumput tak jauh dari pantai. Dari kejauhan kebiruan itu akan tampak kapal kapal pesiar.

Tower of Hercules, Mercusuar Kuno Peninggalan RomawiTitle : Tower of Hercules, Mercusuar Kuno Peninggalan Romawi ~ UniksPos
Description : Menara Hercules merupakan sebuah mercusuar kuno peninggalan Romawi yang terletak di semenanjung, sekitar 24 kilometer dari pusat A Coruña, ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|