6.28.2014

12 Manfaat Duku bagi Kesehatan Kita

12 Manfaat Duku bagi Kesehatan Kita -
UniksPos -
Duku adalah sejenis buah-buahan dari anggota suku Meliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini memiliki kemiripan dengan buah langsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain dengan beragam variasi. Banyak yang beranggapan jika buah duku ini merupakan buah yang memiliki cita rasa yang pahit saat di makan, seandainya biji duku ini tergigit memang akan terasa pahit. Akan tetapi siapa yang menyangka jika ternyata buah yang satu ini memiliki manfaat yang berguna bagi kesehatan kita.
12 Manfaat Duku bagi Kesehatan Kita
12 Manfaat Duku bagi Kesehatan Kita
Buah ini memang memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kita, namun belum banyak orang yang mengetahui memanfaatkan buah duku. Diperkirakan setiap 100 gram buah duku mengandung kalori 7 kkal, protein 1.0 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 13 gram, mineral 0,7 gram, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0,9 mg. Sementara untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku ternyata setingkat lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis. 
Lanzones fruits - Mindanao, Philippines
By Obsidian Soul (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Selain itu, duku juga mengandung Vitamin C dan E, dan memiliki sumber yang baik dari sifat antioksidan. Berkat adanya kandungan lanzones pada duku, sehingga dapat mencegah diare hanya dengan memakan buahnya saja. Oleh karenanya, jika anda mencari informasi seputar manfaat buah duku sebaiknya jangan ragu-ragu untuk membaca artikel singkat yang memberikan pengetahuan tentang manfaat dari buah duku. Untuk mengetahuinya, mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Sebagai antioksidan
Sebagaimana yang kita tau bahwa vitamin C berperan sebagai antioksidan. Antioksidan adalah nutrisi yang mempunyai fungsi untuk menghalangi beberapa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dihasilkan tubuh ketika melakukan proses merubah makanan menjadi energi. Antioksidan juga mengurangi kerusakan tubuh yang disebabkan oleh zat beracun dan polusi.

2. Menjaga kesehatan gusi
Hal ini dikarenakan dengan ada kandungan vitamin C yang terdapat pada buah duku. Sehingga bukan tidak mungkin jika nantinya vitamin C ini akan berperan aktif untuk menjaga kesehatan gusi kita.

3. Mencegah penuaan dini
Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan radikal bebas. Bahkan dalam jumlah kecil, vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, racun, ataupun polusi. Sebetulnya radikal bebas adalah salah satu faktor penyebab penuaan dini.

4. Mempercepat pemulihan
Sebagaimana yang kita tau bahwa vitamin C sangat dibutuhkan oleh semua orang, baik orang yang ingin fit dalam melakukan rutinitas sehari-hari, maupun seorang atlet professional. Pasalnya, vitamin C dapat membantu untuk menjaga kekebalan tubuh dan membantu olahragawan dalam proses pemulihan tubuhnya setelah melakukan latihan yang berat.

5. Memperlancar sistem pencernaan
Karena buah Duku mengandung dietary fiber atau serat yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

6. Membantu menurunkan berat badan
Telah sejak lama vitamin C terbukti menjadi faktor penting terjadinya biosintesis molekul kecil seperti protein yang disebut carnitine. Carnitine berperan mengarahkan molekul lemak ke sel-sel jaringan di mana pembakaran lemak terjadi. Kurangnya molekul lemak selama proses metabolisme dapat menyebabkan penurunan energi dan kelelahan. Oleh karena itu, jika kadar carnitine dalam tubuh menurun maka akan terjadi penimbunan lemak.

7. Menguatkan gigi
Dengan adanya kandungan fosfor yang terdapat pada buah duku, sehingga dapat membantu untuk menguatkan gigi. Dijamin gigi anda akan senantiasa sehat jika rutin mengkonsumsi duku.

8. Mengendalikan kadar kolesterol
Adanya kandungan vitamin C pada buah duku, sehingga dapat membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya batu empedu.

9. Menjaga kesehatan kulit
Dengan adanya kandungan vitamin E pada buah duku sehingga bermanfaat penting bagi kesehatan kulit, yaitu dengan menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

10. Ampuh mengusir nyamuk
Kulit buah duku di bakar, aroma yang ditimbulkan dari asap pembakaran kulit duku ini sangat tidak disenangi nyamuk. Sehingga nantinya nyamuk tak ada yang berani untuk mendekat.

11. Menetralisir gigitan serangga berbisa, malaria, dan obat disentri
Serbuk putih yang biasanya menempel di kulit pohon duku kita ambil. Nantinya serbuk kulit pohon duku ini langsung dioleskan ke bagian tubuh kita yang terkena gigitan atau sengatan kalajengking.

12. Sebagai obat penurun demam panas, cacingan, serta membantu mengurangi diare
Biji buah duku ditumbuk hingga halus kemudian dicampur dengan sedikit air. Setelah itu kita minum, satu kali sehari. Satu kali minum harus seperempat gelas. 

Nantinya, seiring dengan matangnya buah, kulit akan berubah kekuningan dan daging buah akan berasa manis. Sementara bagian lain yang bermanfaat adalah kayunya yang berwarna coklat muda keras dan tahan lama, yang biasanya digunakan untuk tiang rumah, gagang perabotan dan lain sebagainya. Tidak ada alasan lagi untuk kita menyia-nyiakan buah yang satu ini, karena beragam manfaat yang dimilikinya.

12 Manfaat Duku bagi Kesehatan KitaTitle : 12 Manfaat Duku bagi Kesehatan Kita ~ UniksPos
Description : Duku adalah sejenis buah-buahan dari anggota suku Meliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini memiliki kemiripan d...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|