6.14.2014

7 Ngarai Spektakuler yang Mungkin Belum Anda Ketahui

7 Ngarai Spektakuler yang Mungkin Belum Anda Ketahui -
UniksPos -
Secara harfiah ngarai merupakan salah satu keajaiban alam yang terukir selama ribuan atau jutaan tahun oleh arus sungai yang bergerak cepat. Namun, ngarai juga sebuah istilah yang dapat merujuk kepada celah antara dua puncak gunung. Pada umumnya, ngarai terbentuk oleh proses erosi yang lama dari tingkat dataran tinggi membentuk lembah-lembah. Ngarai menawarkan beberapa pemandangan yang paling dramatis di bumi, tidak hanya dilihat dari ukurannya tapi juga keindahan alam yang tersembunyi.
7 Ngarai Spektakuler yang Mungkin Belum Anda Ketahui
7 Ngarai Spektakuler yang Mungkin Belum Anda Ketahui
Seperti yang kita ketahui, bumi ini telah menjadi rumah bagi banyak ngarai yang besar. Selain itu, masing-masing ngarai juga mempunyai keunikan tersendiri. Berikut ini ada tujuh ngarai dengan pemandangan paling menakjubkan di dunia yang mungkin belum Anda ketahui Penasaran, mari kita simak bersama-sama!

1. Tiger Leaping Gorge, Cina
Yunnan Terraces
By Peter Morgan from Beijing, China (Flickr) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Ngarai pada urutan pertama ini bernama Tiger Leaping Gorge, adalah ngarai indah di Sungai Jinsha, yaitu anak sungai utama dari Sungai Yangtze. Terletak 60 kilometer sebelah utara dari Lijiang, Cina. Ngarai ini merupakan bagian dari 3 sungai Paralel Kawasan Yunnan dan merupakan Situs Warisan Dunia. Ada perbedaan pendapat bahwa ngarai ini yang terdalam di dunia. Tapi Tiger Leaping Gorge sangat menakjubkan, diperkirakan ngarai ini mencapai kedalaman ribuan meter dengan Sungai Yangtze di bawahnya. Wisatawan dapat menemukan arung jeram di daerah alirannya. Pada bagian tersempit dari sungai terdapat batu besar yang duduk di tengah-tengah alirannya. Konon, dahulu kala harimau menggunakan batu ini sebagai batu loncatan untuk melompat ke seberang jurang, sehingga legenda ini memberikan fitur yang alami terhadap namanya "Tiger Leaping Gorge". Di dekat sungai, terdapat sebuah desa yang menempel disisi gunung dengan teras pertanian.

2. Sianok Canyon, Indonesia
Ngarai Sianok
Michael J. Lowe [CC-BY-SA-2.5], via Wikimedia Commons
Untuk melihat ngarai indah sebenarnya tak perlu jauh-jauh, sebab di Indonesia juga ada. Sebuah lembah curam yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Terdapat sebuah lembah yang memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan ngarai "Koto Gadang" sampai ke "nagari Sianok Anam Suku", dan berakhir di kecamatan Palupuh. Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang sangat indah. Dalam jurangnya sekitar 100 meter, membentang sepanjang 15 kilometer dengan lebar sekitar 200 meter, dan merupakan bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang. Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah hijau dialiri sungai dengan airnya yang jernih.

3. Waimea Canyon, Hawai
Waimea Canyon - Kauai
Dikenal juga sebagai Grand Canyon di Pasifik, adalah ngarai besar yang memiliki panjang sekitar 16 kilometer dan kedalaman sampai 900 meter, terletak di sisi barat Kauai di Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Waimea Canyon dibentuk oleh Sungai Waimea yang timbul dari curah hujan ekstrim di puncak tengah pulau itu, Gunung Wai ale ale, yang termasuk tempat terbasah di bumi. Taman Waimea Canyon meliputi 1.866 hektar dan merupakan objek wisata populer di pulau itu. Menyediakan area padang dengan banyak jalur mendaki untuk pendaki berpengalaman maupun belum berpengalaman.

4. Grand Canyon, Amerika
EagleRock
By Julius Reque (http://Traveling12Feet.com) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Terletak di Arizona utara dan merupakan salah satu tempat wisata yang besar di Amerika Serikat. Diukir selama beberapa jutaan tahun oleh Sungai Colorado, ngarai mencapai kedalaman lebih dari 1,6 kilometer dan panjang mencapai 446 kilometer. Sebenarnya Grand Canyon bukanlah yang terdalam atau terpanjang di dunia, namun memiliki ukuran dan lanskap yang rumit serta berwarna-warni. Sehingga menawarkan pemandangan indah spektakuler yang menakjubkan di seluruh dunia. Usut punya usut, ngarai ini terbentuk oleh sungai Colorado dan anak sungainya memotong saluran melalui lapisan demi lapisan batuan sehingga dataran tinggi terangkat. Sungai Colorado terus mengikis dan membentuk ngarai ke konfigurasi bentuknya seperti yang terlihat saat ini.

5. Fjaðrárgljúfur Canyon, Islandia
Fjaðrárgljúfur
By Óðinn (Karya sendiri) [CC-BY-SA-2.5-ca], via Wikimedia Commons
Di selatan timur Islandia terdapat sebuah ngarai dengan kedalaman hingga 100 meter dan panjang sekitar 2 kilometer, dengan sungai Fjaðrá mengalir melewatinya. Ngarai Fjaðrárgljúfur adalah ngarai ini terletak di dekat Ring Road, tidak jauh dari desa Kirkjubæjarklaustur. Diperkirakan ngarai ini terbentuk oleh erosi progresif dengan mengalirkan air dari gletser melalui bebatuan. Fjaðrárgljúfur merupakan ngarai megah yang indah dan besar memiliki dinding tipis, agak berkelok-kelok dan sempit. Landasan di Fjaðrárgljúfur sebagian besar palagonite dari periode dingin dari Zaman Es dan diperkirakan berusia sekitar dua juta tahun. Namun seiring perjalanan waktu, ngarai ini telah banyak berubah. Masa kini kedalaman air agak rendah, oleh sebab itu pendaki dapat dengan aman jika memilih untuk berjalan di dalam ngarai. Jauh di ngarai terdapat air terjun di dalamnya.

6. Colca Canyon, Peru
Colca Canyon Puno
By world-wide-gifts.com [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Ngarai menakjubkan selanjutnya yaitu Colca Canyon, adalah ngarai dari Sungai Colca di Peru selatan, terletak sekitar 160 kilometer barat laut dari Arequipa. Ngarai Colca adalah tempat ketiga yang paling dikunjungi para wisatawan sekitar 120.ribu pengunjung setiap tahunnya. Ngarai ini lebih dalam dua kali lipat dari Grand Canyon di Amerika Serikat, yaitu sekitar 4.160 meter dan memiliki pemandangan yang tak kalah indahnya. Lembah Colca adalah lembah Andes berwarna-warni dengan akar pra-Inca, dan kota-kota yang didirikan pada zaman kolonial Spanyol. Hingga saat ini kota tersebut masih dihuni oleh orang-orang dari Collagua dan budaya Cabana. Salah satu atraksi utama adalah penampakan dari Condor Andes, yaitu salah satu burung terbang terbesar di dunia dengan lebar sayap rata-rata 10 meter dan berat hingga 15 kilogram.

7. Blyde River Canyon, Afrika Selatan
Blyde River Canyon Panorama 2013
By Stefan Schäfer, Lich (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Ngarai terindah yang terakhir yaitu Blyde River Canyon, adalah fitur alami yang signifikan dari Afrika Selatan, yang terletak di Mpumalanga, dan membentuk lereng Drakensberg. Ngarai ini panjangnya 26 kilometer dan rata-rata kedalaman sekitar 762 meter. Meski sulit untuk membandingkan ngarai di seluruh dunia, namun Blyde River Canyon adalah salah satu ngarai terbesar di Bumi, dan mungkin yang hijau terbesar karena subtropis dedaunan yang subur. Ngarai ini memiliki beberapa tebing terdalam dari setiap ngarai di planet ini. Ini adalah ngarai terbesar kedua di Afrika, setelah the Fish River Canyon, dan dikenal sebagai salah satu keajaiban alam di benua Afrika.

7 Ngarai Spektakuler yang Mungkin Belum Anda KetahuiTitle : 7 Ngarai Spektakuler yang Mungkin Belum Anda Ketahui ~ UniksPos
Description : Secara harfiah ngarai merupakan salah satu keajaiban alam yang terukir selama ribuan atau jutaan tahun oleh arus sungai yang bergerak cepat...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews