6.15.2014

Manfaat dan Keutamaan Bengkoang

Manfaat dan Keutamaan Bengkoang -
UniksPos -
Pachyrhizus erosus atau yang lazim kita sebut bengkuang ataupun bengkoang dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, bengkoang ini dikenal sebagai xicama atau j√≠cama. Sebetulnya bengkuang merupakan liana tahunan yang dapat mencapai panjang 4 hingga 5 meter, sedangkan akarnya dapat mencapai panjang hingga 2 meter. Umumnya batang bengkoang menjalar dan membelit, dengan rambut-rambut halus yang mengarah ke bawah. Meski umbinya dapat dikonsumsi, namun bagian bengkuang yang lain sangat beracun sebab mengandung rotenon, sama seperti tuba. Sebetulnya racun ini sering digunakan untuk membunuh serangga atau menangkap ikan, terutama yang diambil dari bijinya.
Manfaat dan Keutamaan Bengkoang
By Reforma.imufomot (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Setelah disiasati rupanya bengkoang mempunyai kandungan vitamin C yang Cukup banyak yaitu sekitar 40 persen. Sebagaimana yang kita tau bahwa vitamin C merupakan salah satu Vitamin yang sangat berguna untuk Kekebalan tubuh yang dapat menjauhkan kita dari segala macam penyakit. Selain itu, vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, yaitu senyawa protein yang membantu dalam pertumbuhan sel dan pembuluh darah sehingga dapat menjadi sumber antioksidan alami yang dapat membantu tubuh dalam mencegah radikal bebas. Selain vitamin C, bengkoang juga mengandung vitamin A, B1, E, kalsium, fosfor dan folat serta zat besi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai manfaat dan keutamaan yang dimiliki oleh bengkoang, mari segera kita simak yang berikut ini.

Mengatasi kanker
Cukup mengkonsumsi bengkoang secara rutin, maka segala macam kanker akan teratasi. Tentu saja hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C pada bengkoang.

Sebagai antioksidan
Ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C pada bengkoang, sehingga dengan mengkonsumsi bengkoang secara rutin maka Anda akan terhindar dari dari berbahaya radikal bebas.

Menjaga kesehatan gusi
Berkat kandungan vitamin C pada bengkoang, sehingga jika secara rutin mengkonsumsinya akan membantu untuk menjaga kesehatan gusi.

Obat alami awet muda
Anda yang ingin selalu terlihat awet muda, sebaiknya jangan sungkan-sungkat mengkonsumsi bengkoang. Pasalnya, di dalam bengkoang terdapat kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Dengan adanya kandungan fosfor dan kalsium sehingga bengkoang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Mengendalikan kadar kolesterol
Sebagaimana yang kita tau bahwa bengkoang mengandung vitamin C, sehingga dengan mengkonsumsinya dapat membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya batu empedu.

Mencegah beri-beri
Sebagaimana yang kita tau bahwa beri-beri merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B1. Rupanya bengkoang dapat menjadi salah satu pengobatan alternatif, sebab di dalam bengkoang terkandung vitamin B1 yang amat banyak.

Mencegah maag
Usut boleh usut, rupanya bengkoang memiliki sifat alkali yang bermanfaat sebagai pendingin atau penyerap asam lambung dengan cepat. Asam lambung yang tinggi sudah tentu akan berakibat maag.

Mencegah diabetes
Rasa manis pada bengkoang berasal dari inulin. Sebetulnya inulin tidak dapat dicerna oleh enzim dalam usus, sehingga dapat menjaga kadar gula dalam tubuh supaya tetap normal. Karena sifat yang tidak tercerna inilah menyebabkan inulin sangat cocok untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Melancarkan pencernaan
Selain sebagai obat diabetes, rupanya inulin dalam bengkoang memiliki sifat sebagai serat makanan. Tentunya hal ini sangat berperan penting pada fungsi usus dan perbaikan parameter di dalam darah. 

Mencegah sariawan
Bukan tidak mungkina Anda akan terhindar dari sariawan jika rutin mengkonsumsi bengkoang. Tentunya ini berkaitan dengan adanya kandungan vitamin C yang terdapat pada bengkoang.

Bantu menurunkan kadar kolesterol
Adanya kandungan vitamin C pada bengkoang ini sanggup untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah Anda.

Bantu menurunkan berat badan
Bagi anda yang sedang menjalani program diet, mengkonsumsi bengkoang juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebagai tambahannya, meski beracun ternyata biji bengkuang juga dapat dijadikan bahan obat. Biji yang ditumbuk dan dicampur dengan belerang digunakan untuk menyembuhkan sejenis kudis. Sementara, di Jawa Tengah, setengah butir biji bengkuang dapat digunakan sebagai obat urus-urus. Biasanya, keracunan biji bengkuang dapat diatasi dengan meminum air kelapa muda. Selain itu dapat pula digunakan untuk melancarkan buang air besar sebab bengkuang mengandung serat yang sangat tinggi ketimbang mangga.

Manfaat dan Keutamaan BengkoangTitle : Manfaat dan Keutamaan Bengkoang ~ UniksPos
Description : Pachyrhizus erosus atau yang lazim kita sebut bengkuang ataupun bengkoang dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai kom...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews