6.14.2014

Ini 7 Air Terjun Spektakuler dan Tertinggi di Dunia

Ini 7 Air Terjun Spektakuler dan Tertinggi di Dunia -
UniksPos -
Air terjun merupakan formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Air terjun adalah tempat di mana air mengalir selama penurunan secara vertikal, yang kemudian terus mengalir ke sungai. Air terjun juga dapat terjadi jika es mencair di tepi gunung es.
Ini 7 Air Terjun Spektakuler dan Tertinggi di Dunia
Ini 7 Air Terjun Spektakuler dan Tertinggi di Dunia
Air Terjun yang tinggi mencerminkan kedamaian atau pemandangan alam yang dapat membuat takjub. Banyak air terjun tertinggi di dunia yang belum dikenal, dan itu bukan karena tidak menawan, namun sebagian besar karena berada di daerah sangat terpencil atau lokasi yang sulit dicapai. Berikut ini ada tujuh air terjun spektakuler dan tertinggi di berbagai penjuru dunia.

1. Yosemite Falls, Amerika
Yosemite - Lower Falls from Trail
By Ctdunstan at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Ini merupakan salah satu air terjun tertinggi di Amerika Utara. Terletak di Taman Nasional Yosemite, Amerika Serikat. Air terjun Yosemite adalah daya tarik utama di taman nasional ini, terutama di akhir musim semi ketika aliran air pada puncaknya. Dengan ketinggian total sekitar 739 meter.

2. Air terjun Mutarazi Falls, Zimbabwe
Mutarazi Falls, air terjun setinggi 762 meter yang jatuh di Sungai Mtarazi. Ternyata, air terjun ini sudah sering didatangi oleh banyak wisatawan. Mutarazi Falls tampak polos tanpa halangan bagi yang mau terjun bebas hingga ke dasarnya. Sehingga para wisatawan basa melompat bebas berbekal parasut dari puncak air terjun. Air terjun menyajikan pemandangan yang mengesankan dari dua tetes hampir tidak bisa dibedakan dengan sungai mengalir di atas tebing. Sungai mengalir sepanjang tahun dan air terjun yang paling mengesankan pada akhir periode musim panas (Februari-April) ketika ada aliran terbesar. Pada akhir musim kemarau pendek, Oktober, aliran ini jauh berkurang. 

3. Air terjun Gocta Cataracts, Peru
Disebut juga Catarata del Gocta, adalah air terjun abadi terletak di provinsi Peru Chachapoyas di Amazonas, sekitar 700 kilometer di timur laut Lima. Kedua airnya mengalir dari ketinggian 771 meter menuju Sungai Cocahuayco. Meskipun air terjun sudah dikenal penduduk setempat selama berabad-abad, keberadaannya tidak dikenal dunia sampai setelah sebuah ekspedisi yang dibuat pada tahun 2005 oleh Jerman, Stefan Ziemendorf, dengan sekelompok penjelajah Peru. Air terjun ini dikenal memiliki debit air yang besar. Saking besarnya, suara deburan airnya sudah terdengar dari radius beberapa kilometer.

4. Air terjun Mongefossen, Norway - 773 meter
Norwegia punya air terjun bernama Mongefossen dengan ketinggian 773 meter. Mongefossen resmi terdaftar sebagai air terjun tertinggi keempat di dunia. Terletak di Rauma Municipality di Møre og Romsdal county, Norway. Kota ini terletak dekat jalan raya Eropa rute E136 dan Sungai Rauma, yang mengalir ke dalam. Ada beberapa perdebatan tentang ketinggian, tetapi umumnya terdaftar di 773 meter. Sayangnya, seperti halnya dengan banyak air terjun tertinggi Norwegia, telah ditargetkan untuk pembangkit listrik tenaga air, yang menghasilkan sangat berkurang aliran air selama musim liburan musim panas.

5. Air terjun Ramnefjellsfossen, Norway
Kjenndalen
By Sindre (originally posted to Flickr as Kjenndalen) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Juga dikenal sebagai Utigard Fossen atau Utigord Fossen. Ramnefjellsfossen resmi terdaftar sebagai air terjun tertinggi ketiga di dunia dalam beberapa publikasi. Air terjun yang terletak di gunung, Ramnefjell, di kotamadya Stryn di Sogn og Fjordane county, Norway, sekitar 10 kilometer  tenggara dari desa Loen dan Olden. Ketinggian total sekitar 818 meter yang dibentuk oleh beberapa lompatan air cascades. Sekitar 599 meter dibentuk oleh bagian curam yang jatuh, sisanya dibuat oleh cascades bawah bagian utama. Berasal dari gletser Jostedal yang luas, wilayah terbesar di Eropa.

6. Tugela Falls, South Africa
Tugela Falls, air terjun tertinggi kedua di dunia. Total penurunan lima bebas melompat jatuh adalah 948 meter. Air terjun Tugela berada di Drakensberg (Pegunungan Dragon) di Taman Nasional Royal Natal di provinsi KwaZulu-Natal , Republik Afrika Selatan. Air terjun ini mudah dilihat setelah hujan lebat dari jalan wisata utama ke taman, dan tampak berkilau akibat pantulan matahari sore. 

7. Air terjun Angel, Venezuela - 979 meter
Angel Falls in Venezuela
By Luis Carillo, Venezuela [CC-BY-3.0], via Wikimedia Commons
Air Terjun Angel atau Santo Angel adalah air terjun jatuh-bebas tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter dengan jatuh tanpa hambatan sekitar 807 meter. Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela. Terletak di hutan terpencil di Taman Nasional Canaima, semburan air terjun dari tebing di dekat tepi gunung Auyantepui, menjatuhkan air dari tepi, kemudian mengalir menuruni lereng curam sebelum jatuh hingga 30 meter.

Ini 7 Air Terjun Spektakuler dan Tertinggi di DuniaTitle : Ini 7 Air Terjun Spektakuler dan Tertinggi di Dunia ~ UniksPos
Description : Air terjun merupakan formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dar...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews