6.27.2014

10 Manfaat Buah dan Biji Nangka bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Buah dan Biji Nangka bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Nangka termasuk ke dalam suku Moraceae (Artocarpus heterophyllus). Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit. Kadang buah Nangka juga di sebut dengan Buah Gori, buah ini di percaya berasal dari Daerah tropis yang berasal dari India selatan dan pada perkembangannya buah ini menyebar ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia.
10 Manfaat Buah dan Biji Nangka bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Buah dan Biji Nangka bagi Kesehatan Tubuh
Di Indonesia, nangka sepertinya sudah tidak asing lagi ya. Buah yang memiliki daging yang tebal dan berwarna kuning saat matang, rasanya manis dan banyak mengandung air di dalamnya, akan membuat siapapun ingin mencicipinya. Bagi Anda yang ingin mengetahui manfaat Buah Nangka bagi kesehatan, ada baiknya segera menyimak yang berikut ini.

1. Mencegah kanker
Selain buah Rambutan dan Belimbing, ternyata buah Nangka juga ampuh membasmi kanker. Pasalnya, buah nangka mengandung fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang mempunyai sifat anti-kanker dan anti-penuaan. Fitonutrien juga dapat membantu menghilangkan radikal bebas penyebab kanker dari dalam tubuh. 

2. Mencegah anemia
Kandungan zat besi yang terdapat pada buah nangka dapat membantu mencegah anemia. Selain itu, zat besi juga dapat membantu sirkulasi darah yang tepat pada tubuh kita.

3. Menyehatkan pencernaan
Buah nangka memiliki sifat anti-ulkus yang dapat membantu penyembuhan borok dan gangguan pencernaan. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam buah nangka dapat mencegah sembelit dan membantu pergerakan usus halus. Tak sebatas itu, sebab seratnya juga memberikan perlindungan terhadap membran mukosa usus besar dengan cara mengusir bahan kimia karsinogenik dari usus besar.

4. Menguatkan tulang
Dengan adanya kandungan magnesium, sangat penting dalam penyerapan kalsium. Sehingga dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah gangguan tulang lainnya seperti ostepororsis.

5. Baik untuk kesehatan mata dan kulit
Berkat adanya kangandung vitamin A, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Hal ini juga dapat membantu mencegah penyakit mata lainnya seperti degnerasi makula dan juga rabun senja.

6. Menjaga kesehatan tiroid
Hal ini dikarenakan buah nangka mengandung zat tembaga. Tembaga sendiri sangat berperan aktif dalam metabolisme tiroid, terutama untuk produksi hormon dan penyerapan.

7. Membantu menurunkan tekanan darah
Berkat kandungan kalium yang terdapat dalam buah nangka, sehingga sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan dapat mengurangi resiko serangan jantung serta stroke.

8. Meningkatkan energi
Hal ini disebabkan, buah nangka mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang bisa memberikan dorongan energi saat diperlukan oleh tubuh.

9. Menyehatkan kulit
Adanya kandungan vitamin A yang terdapat pada buah nangka, sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai infeksi kulit dan menjadikan kulit Anda lebih sehat dan bersinar.

10. Menurunkan berat badan
Setiap wanita pasti ingin memiliki tubuh langsing. Hanya dengan rutin mengkonsumsi buah nangka maka tubuh akan langsing. Hal ini tak luput dari kandungan nangka yang memiliki sedikit kalori, karbohidrat dan lemak jenuh.

Selain dari beragam manfaat yang telah diuraikan, ternyata buah nangka juga sangat berguna untuk membantu tubuh melawan virus-virus berbahaya. Usut punya usut, rupanya Biji Nangka berguna sebagai prebiotik sebab banyak mengandung polisakarida dan oligosakarida yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan. 

Tak tanggung-tanggung, bahkan si biji nangka mampu menstimulasi pertumbuhan bakteri lactobacillus, bakteri yang biasa terdapat dalam susu permentasi. Tak sebatas itu saja, karena biji nangka juga bermanfaat untuk membersihkan getah yang menempel di tangan. Yaitu dengan cara ditumbuk terlebih dahulu kemudian disapukan pada bagian yang terkena getahnya dan diakhiri dicuci hingga bersih menggunakan air.

10 Manfaat Buah dan Biji Nangka bagi Kesehatan TubuhTitle : 10 Manfaat Buah dan Biji Nangka bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Nangka termasuk ke dalam suku Moraceae (Artocarpus heterophyllus). Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit. Kadang buah Nang...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|