6.19.2014

10 Bangunan Berkubah Paling Megah dan Spektakuler

10 Bangunan Berkubah Paling Megah dan Spektakuler -
UniksPos -
Secara umum, kubah merupakan struktur bangunan berbentuk setengah bulatan atau lingkaran dengan ujung menyerupai kerucut yang biasanya diletakkan di bagian atas atap. Tentunya struktur seperti ini kerap ditemui pada tempat-tempat peribadatan umat Islam atau pada bangunan-bangunan kremlin di Rusia. Usut punya usut, ternyata negara-negara lain di dunia juga memiliki bangunan berkubah yang megah. Bangunan-bangunan berkubah tersebut beberapa di antaranya memiliki nilai sejarah dan menjadi daya tarik wisata bagi para wisatawan. Dilongok dari Touropia, berikut ini ada sepuluh bangunan berkubah paling megah dan terkenal serta menakjubkan di dunia.

1. Basilika Santo Petrus, Vatikan
10 Bangunan Berkubah Paling Megah dan Spektakuler
Giacomo della Porta [Public domain], via Wikimedia Commons
Sebuah basilika utama Katolik di Kota Vatikan, dikelilingi oleh Roma. Basilika Santo Petrus digambarkan sebagai gereja terbesar yang pernah dibangun dan salah satu situs tersuci dalam Kekristenan. Dirancang oleh Donato Bramante, Michelangelo, Carlo Maderno dan Gian Lorenzo Bernini, St Petrus adalah arsitektur Renaissance yang paling terkenal dan tetap menjadi gereja terbesar di dunia. Bangunannya memiliki tinggi 138 meter dan didirikan pada tahun 1506. Michaelangelo dan Raphael, dua seniman terkenal dalam sejarah tercatat sebagai arsitek gereja tersebut. Di basilika ini bersemayam jasad Santo Petrus. Karena itulah namanya diabadikan sebagai nama gereja tersebut.

2. Katedral St. Basil, Rusia
Moscow, St. Basil's As Seen From The West
By Alexander Evstyugov-Babaev (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Gereja yang mempunyai banyak kubah berbentuk bawang di kompleks Lapangan Merah, Moskwa, yang secara tradisional dipandang sebagai simbol posisi unik Rusia di antara Eropa dan Asia. Katedral Vasily Yang Diberkati atau lebih dikenal dengan nama Katedral St. Basil berlokasi di Moskow, Rusia. Gereja katedral yang saat ini sudah dialihfungsikan menjadi museum ini dirancang menyerupai nyala api unggun yang berkobar dalam nuansa warna merah yang mencolok. Di atapnya menjulang sembilan buah kubah dalam berbagai warna.

3. Basilica di Santa Maria del Fiore, Italia
10 Bangunan Berkubah Paling Megah dan Spektakuler
Basilica di Santa Maria del Fiore, Italia
Merupakan sebuah katedral yang terletak di Firenze, Italia. Katedral ini pertama kali dibangun pada tahun 1436. Basilica di Santa Maria del Fiore adalah gereja katedral terbesar di Florence, provinsi Firenze, Italia. Dibangun sejak tahun 1296 oleh Arnolfo di Cambio, sementara penyelesaiannya pada tahun 1436. Kubahnya yang berbentuk segi delapan dirancang oleh Filippo Brunelleschi. Terbuat dari empat juta batu bata dengan tinggi mencapai 72 kaki.

4. United States Capitol, Amerika Serikat
US Capitol west side
By Martin Falbisoner (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Bangunan kapitol yang digunakan sebagai kantor Kongres Amerika Serikat. Bangunan ini terletak di Washington, D.C., di puncak Capitol Hill. United States Capitol atau Capitol Amerika Serikat adalah salah satu bangunan terkenal di Washington DC, Amerika Serikat. Gedung ini menjadi lokasi pertemuan KOngres Amerika Serikat sejak tahun 1800. Kubahnya menjulang setinggi 88 meter dengan diameter 29 meter. Banyak yang mengira kalau kubah ini terbuat dari batu dan semen. Padahal sebenarnya kubah tersebut terbuat dari besi yang dicat menyerupai batu berwarna putih.

5. Taj Mahal, India
TajMahal20080211-1
By Hans A. Rosbach (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Makam marmer putih yang terletak di Agra, Uttar Pradesh, India. Dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istri ketiganya, Mumtaz Mahal. Taj Mahal secara luas diakui sebagai "permata seni Muslim di India dan salah satu karya dikagumi dari warisan dunia". Makam ini dibangun pada tahun 1632 sampai 1653. Taj Mahal terbuat dari marmer putih, begitu pula dengan kubahnya yang membutuhkan waktu pembuatan selama bertahun-tahun. Kubah setinggi 44 meter ini sebenarnya terdiri dari dua kubah. Bagian dalamnya berbentuk setengah lingkaran sempurna, sementara kubah bagian luar yang tampak dari luar bangunan berbentuk menyerupai kerucut.

6. Masjid Sheikh Lotfollah, Iran
Dome of Sheikh Lotfollah Mosque - Isfahan - Iran (7433088760)
By Adam Jones from Kelowna, BC, Canada [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Salah satu karya arsitektur Safawi arsitektur Iran, berdiri di sisi timur Naghsh-i Jahan Square, Isfahan, Iran. Pembangunan Masjid Sheikh Lutfollah dimulai pada tahun 1603 dan selesai tahun 1619. Dibangun oleh kepala arsitek Syaikh Bahai, selama reigh dari Shah Abbas I dari dinasti Safawi. Bangunan yang juga dikenal dengan nama masjid berkubah ini merupakan salah satu dari empat monumen megah yang berada di kawasan Naqsh-e Jahan Square. Didirikan atas perintah raja Shah Abbas untuk menghormati ayah mertuanya, Sheikh Lotfollah. Kubahnya berdiameter 13 meter dan terbuat dari. Sementara interiornya terbuat dari marmer dengan motif mosaik tujuh warna dan dipenuhi kaligrafi. Warna pada kubahnya bisa berubah-ubah dari coklat muda menjadi warna merah muda jika dilihat dalam pencahayaan yang berbeda.

7. Reichstag, Jerman
Reichtagsgebäude 2012
By Hofec, Switzerland (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Didirikan sebagai tempat di mana Reichstag, atau parlemen Kekaisaran Jerman, akan bersidang. Gedung Reichstag di Berlin dibuka pada tahun 1894 dan memberi tempat Reichstag sampai tahun 1933. Gedung parlemen Jerman ini memiliki kubah raksasa terbuat dari kaca yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan kota Berlin dari setiap sudut. Di bagian dalamnya terdapat kerucut terbalik yang memanjang dari bagian langit-langit kubah. Kubah kaca ini dirancang oleh arsiteknya, Norman Foster agar hemat energi dan ramah lingkungan.

8. Eden Project, Inggris
Eden project
By A1personage at en.wikipedia (Karya sendiriTransferred from en.wikipedia) [Public domain], via Wikimedia Commons
Proyek yang terletak di Kaolinit pit reklamasi, 2 km dari kota St Blazey dan 5 kilometer dari kota besar St Austell, adalah daya tarik pengunjung di Cornwall, Inggris, Inggris Raya. Eden project yang terletak di Cornwall, Inggris sebenarnya adalah sebuah rumah kaca raksasa. Kubahnya terbuat dari ratusan sel plastik berbentuk segi lima dan segi enam yang disangga oleh rangka baja. Kubah geodesi terbesar di dunia ini berfungsi sebagai biosfer buatan. Di dalamnya hidup ratusan jenis tumbuhan tropis dan barat yang dipelihara secara terpisah.

9. Hagia Sophia, Turki
Hagia Sophia Mars 2013
By Arild Vågen (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Merupakan sebuah bangunan bekas basilika, masjid, dan saat ini dijadikan sebagai museum, di Istanbul. Hagia Sophia yang terletak di kota Istambul dulunya adalah gereja katedral Konstantinopel. Akan tetapi sejak Ottoman menguasai kota ini pada abad 15, gereja ini beralih fungsi menjadi masjid. Saat ini bangunan yang memiliki kubah dari bata dan semen berdiameter 31 meter ini dijadikan museum.

10. Stupa Agung Sanchi, India
Sanchi stupa
By Joel Suganth (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Terletak di Kota Sanchi di Distrik Raisen District, Negara Madhya Pradesh, India, dan terletak 46 km arah timur laut dari Bhopal. Stupa Agung yang berlokasi di kota Sanchi, Distrik Raisen, adalah bangunan batu yang tertua di India. Stupa ini didirikan atas perintah raja Ashoka pada abad 3 SM. Kubahnya yang menyerupai payung terbuka disebut chatra, melambangkan derajat tinggi dan keagungan. Bangunan ini dikelilingi pagar langkan dan empat gerbang berukir. 

10 Bangunan Berkubah Paling Megah dan SpektakulerTitle : 10 Bangunan Berkubah Paling Megah dan Spektakuler ~ UniksPos
Description : Secara umum, kubah merupakan struktur bangunan berbentuk setengah bulatan atau lingkaran dengan ujung menyerupai kerucut yang biasanya dile...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|