6.27.2014

Manfaat Rambutan yang Penting untuk Diketahui

Manfaat Rambutan yang Penting untuk Diketahui -
UniksPos -
Jenis tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, diperkirakan asalnya dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Sebetulnya kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit seperti rambut.
Manfaat Rambutan yang Penting untuk Diketahui
Manfaat Rambutan yang Penting untuk Diketahui
Buah ajaib yang bernama rambutan ini memiliki nama ilmiah Niphelium lappaceum, banyak orang mengkonsumsi buah rambutan hanya karena rasanya yang enak, tapi siapa sangka jika buah ini juga memiliki khasiat yang sangat beragam untuk kesehatan. Sebenarnya buah rambutan ini memiliki banyak jenis diantaranya adalah sebagai berikut ropiah, simacan, sinyonya, lebakbulus, binjei dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui manfaat buah biji dan kulit rambutan ini, mari kita simak yang berikut.

1. Ampuh melawan kanker
Dengan adanya asam gallic yang terkandung di dalam buah rambutan sehingga sanggup untuk menghancurkan berbagai radikal bebas yang berada di dalam tubuh yang berpotensi menimbulkan berbagai jenis penyakit kanker.

2. Meningkatkan sistem imun
Di dalam buah rambutan terkandungan tembaga, sehingga sangat bermanfaat dalam pembuatan sel darah putih. Nantinya, sel darah putih ini yang bertugas melawan berbagai virus, kuman serta bakteri yang bisa membahayakan tubuh anda.

3. Mengobati kencing manis
Langsung gongseng 5 biji rambutan yang telah di cuci bersih. Kemudian giling biji rambutan hingga menjadi bubuk atau serbuk. Setelah itu seduh dengan satu cangkir air panas, setelah airnya dingin maka dapat diminum 2 kali sehari.

4. Meningkatkan energi tubuh Anda
Bagi anda yang mudah capek dalam berbagai rutinitas pekerjaan, mengkonsumsi buah rambutan dapat meningkatkan energi dengan cepat. Ini dikarenakan, buah rambutan mengandung sejumlah karbohidrat dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

5. Menyembuhkan demam
Tak hanya meningkatkan energi, ternyata air rebusan dari kulit buah rambutan dapat pula menyembuhkan demam. Caranya sangat mudah yaitu 15 gram kulit buah rambutan yang di rebus dengan 3 gelas air putih selama kurang lebih 15 menit. Nantinya air hasil rebusan ini diminum 3 kali sehari sebanyak sepertiga bagian.

6. Melindungi tubuh dari radikal bebas
Setiap harinya, tanpa kita sadari udara yang kita hirup juga membawa zat-zat berbahaya yang bernama radikal bebas. Buah rambutan mengandung vitamin C yang sanggup untuk menjaga dan melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas tersebut.

7. Mengatasi sariawan
Untuk mengobati sariawan siapkan kulit kayu rambutan sebanyak 3 ruas jari. Caranya mudah yaitu dengan mencucinya terlebih dahulu, kemudian di rebus dengan dua gelas air putih hingga tersisa satu gelas. Nantinya, air hasil perasan tersebut digunakan untuk berkumur selagi masih hangat.

8. Ampuh mengatasi anemia
Kandungan zat besi dalam buah rambutan dapat menghindarkan dari rasa pusing serta membuat seseorang tidak mudah lelah dengan aktivitas kerja yang begitu padat. Karena buah rambutan merupakan sumber zat besi yang baik, sehingga buah ini juga sangat dianjurkan dikonsumsi para wanita. Zat besi yang ada di dalamnya, sanggup untuk meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh. Sehingga akan membantu meringankan gejala pusing dan lesu yang disebabkan oleh kekurangan zat besi atau anemia.

9. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi
Tak sebatas mengatasi anemia, kanker dan radikal bebas saja, sebab rambutan juga dikenal dapat membantu untuk mengurangi tekanan darah dan memperbaiki tekstur kulit Anda. Sehingga nantinya kulit akan lebih tampak awet muda. Oleh karenanya, konsumsi buah rambutan secara rutin jika ingin mendapatkan manfaatnya.

10. Baik untuk ginjal
Berkat kandungan fosfor yang terdapat dalam buah rambutan, sehingga sangat berperan untuk menghilangkan berbagai limbah yang terkonsenterasi didalam organ ginjal anda. Nantinya, ginjal Anda akan senantiasa sehat jika rutin mengkonsumsi buah ajaib ini.

11. Pencernaan lebih sehat
Selain mengandung fosfor, zat besi dan vitamin C, rambutan juga memiliki serat yang dapat membantu seseorang menghindari sembelit. Selain itu, rambutan juga dapat membunuh parasit dalam usus dan membantu meringankan gejala diare.

12. Menu diet yang sehat
Meski buah rambutan mengandung sukrosa dan fruktosa, namun kandungan kalorinya sangat sedikit. Disamping itu, kandungan kalium, kalsium dan magnesiumnya sangat baik dalam mendukung program diet. Oleh karenanya, buah rambutan ini sangat cocok jika dikonsumsi tatkala sedang menjalankan program diet.

Usut punya usut ternyata biji rambutan juga dapat dimanfaatkan. Biji rambutan mengandung karbohidrat, lemak, protein, yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh dari gizi. Biji rambutan juga mengandung lemak polifenol yang cukup tinggi. Komposisi zat-zat kimia dalam biji rambutan tersebut menghasilkan khasiat hipoglikemik seperti menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga biji rambutan banyak digunakan untuk pengobatan alternatif guna menormalkan kadar gula darah penderita kencing manis seperti diabetes mellitus yang cenderung tinggi. 

Anda bisa melakukannya dengan cara memotong 5 biji rambutan menjadi bagian-bagian kecil, kemudian di sangrai hingga berwarna kuning kehitaman. Setelah itu, giling halus hingga menjadi bubuk. Jika sudah, bubuk biji rambutan di seduh dengan air panas. Setelah dingin, minum bagian air yang bening dan buang ampas atau endapannya. Lakukan sebelum makan sebanyak 1 hingga 3 kali sehari, tergantung pada seberapa tinggi kadar gula saat melakukan terapi ini. Jika perlu, konsumsi setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Rambutan yang Penting untuk DiketahuiTitle : Manfaat Rambutan yang Penting untuk Diketahui ~ UniksPos
Description : Jenis tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, diperkirakan asalnya dari daerah kepulauan di Asia Tengga...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|