6.14.2014

Ini Manfaat Menggemparkan dari Vitamin C

Ini Manfaat Menggemparkan dari Vitamin C -
UniksPos -
Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai jenis penyakit. Selain itu, vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang dapat menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular. Beberapa karakteristiknya antara lain sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam. Meski jeruk dikenal sebagai buah penghasil vitamin C terbanyak, namun sebenarnya hal tersebut salah besar, sebab lemon memiliki kandungan vitamin C lebih banyak 47 persen daripada jeruk.
Ini Manfaat Menggemparkan dari Vitamin C
Ini Manfaat Menggemparkan dari Vitamin C
Tahukah Anda kalau ternyata vitamin C ini sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Karenanya sebisa mungkin kita harus mendapatkan asupan makanan yang mengandung vitamin C sebagai contohnya seperti Buah jeruk. Kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia, kondisi psikologis, atau banyaknya aktivitas seseorang. Akan tetapi, setiap orang bisa mendapatkan asupan vitamin C yang cukup dengan mengkonsumsinya dalam jumlah kecil dan rutin. Sebenarnya cara seperti ini jauh lebih efektif sebab vitamin C akan berada di dalam tubuh secara terus menerus. Tubuh yang memiliki asupan vitamin C yang cukup akan terhindar dari infeksi, gusi berdarah, dan nyeri sendi.

Manfaat dari vitamin C yaitu berperan aktif sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, tulang, sendi, dan lain sebagainya. Usut punya usut, berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa manfaat vitamin C dapat menurunkan kadar kolesterol dan dapat pula memproduksi bahan kimia tertentu pada otak. Berkat tingginya kandungan antioksidan pada vitamin C juga dapat menghancurkan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh kita. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami paparkan beberapa manfaat vitamin C yang patut untuk Anda ketahui antara lain adalah:

Mencegah kanker
Pada saat ini kita sering memakan makan ringan yang banyak mengandung bahan pengawet yang bisa menyebabkan penyakit kanker. Akan tetapi berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa wanita yang mengkonsumsi banyak vitamin C dari makanan seperti buah-buahan ataupun sayur-sayuran, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker. Tak tanggung-tanggung, bahkan ada beberapa riset mengindikasikan bahwa manfaat vitamin C dapat dijadikan sebagai racun bagi sel kanker.

Mengurangi efek kemoterapi
Sebagaimana yang kita ketahui, berdasarkan pada banyak penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa vitamin C mampu melawan kanker dalam beberapa tahap. Setelah disiasati lebih mendalam, rupanya vitamin C juga dapat meminimalisir efek kemoterapi seperti mual.

Meminimalisir risiko serangan jantung
Vitamin C mampu menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Aterosklerosis merupakan suatu kondisi dimana arteri jantung akan menebal dan memicu serangan jantung sebab darah menjadi tidak lancar.

Perbaikan sel dan jaringan kulit
Selain sebagai antioksidan, vitamin C dapat memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas. Sementara di dalam merawat kecantikan, vitamin C memiliki peran aktif dalam hal melancarkan peredaran darah sehingga kulit akan tampak lebih segar. Selain itu, vitamin ini juga akan membantu meningkatkan pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan. Sebetulnya vitamin C memiliki sifat yang dapat menyimpan air sehingga sehingga bisa menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya dari kekeringan.

Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi adalah suatu penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian mendadak pada orang yang menderitanya. Namun mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang disarankan secara rutin dapat mengurangi tekanan darah dan kerusakan pada jantung serta ginjal.

Menghambat proses penuaan dini
Jika dikonsumsi secara tepat dan teratur, maka vitamin C dapat menghambat proses penuaan dini, menghaluskan kulit, dan menghambat kinerja enzim tirosinase; yaitu enzim yang bertugas membantu pembentukan pigmen di kulit. Apabila proses pigmentasi terhambat, maka secara otomatis kulit akan tampak lebih cerah dan bersih merona.

Terhindar dari risiko asma
Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang menderita asma umumnya memiliki jumlah vitamin C yang kurang di dalam tubuh mereka. Karenanya mengkonsumsi vitamin C secara rutin akan membantu Anda agar terhindar dari masalah sesak napas atau asma.

Membantu meningkatkan mood
Kekurangan vitamin C bisa berakibat pada perubahan psikologis. berdasarkan hasil penelitian dari McGill University menyatakan bahwa pemberian suplemen vitamin C sebanyak 500 mg dua kali sehari bagi pasien rawat inap yang mengalami kekurangan vitamin C, secara signifikan dapat membantu untuk meningkatkan suasana keadaan hati mereka. Ini adalah salah satu fungsi vitamin C yang sangat dianjurkan bagi yang sering merasa gelisah, dan sebagainya.

Mencegah diabetes
Vitamin C bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh serta dapat membantu untuk mencegah efek buruk dari diabetes pada penderitanya. Ada baiknya untuk mengganti camilan manis Anda dengan buah jeruk atau buah-buahan lainnya yang mengandung vitamin C.

Menangkal stroke
Diet tinggi antioksidan yang kaya akan buah dan sayuran bisa membantu untuk menangkal penyakit kardiovaskular. Akan tetapi berdasarkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka dengan tingkat tertinggi vitamin C dalam tubuh berada pada risiko terendah untuk menderita stroke, terutama pada wanita.

Mengurangi risiko kram setelah berolahraga
Tanpa kita sadari rupanya vitamin C berperan aktif dalam hal mengurangi rasa sakit ataupun kram yang umumnya terjadi setelah berolahraga. Selain itu, vitamin C juga dapat mengurangi produksi radikal bebas.

Terhindar dari katarak
Akibat kekurangan vitamin C, biasanya lensa mata akan menjadi buram sehingga dapat menyebabkan pandangan anda menjadi kabur. Namun hal seperti ini bisa Anda hindari dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

Membantu meningkatkan kebugaran tubuh
Terkait dengan sifatnya yang dapat menangkal radikal bebas, maka vitamin C dapat pula membantu untuk menurunkan laju mutasi di dalam tubuh sehingga dapat menjaga kebugaran tubuh kita jika dikonsumsi secara rutin.

Mengatasi masalah flu
Sebetulnya vitamin C memang tidak secara langsung dapat menyembuhkan orang yang terkena flu. Akan tetapi, mengkonsumsi vitamin C bisa mempercepat penyembuhan dari penyakit flu.

Perlu untuk diketahui, untuk mempertahankan kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh, disarankan agar mengkonsumsi vitamin C dengan dosis antara 500 hingga 1.000 miligram perhari. Untuk mempertahankan kecantikan kulit dibutuhkan vitamin C dengan dosis 500 hingga 2.000 miligram perhari. Sedangkan untuk mengurangi vlek kehitaman pada kulit dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C antara 2.000 hingga 4.000 miligram perhari dalam bentuk buffer (tidak asam) yang bisa dikonsumsi 1-1,5 jam setelah makan. Akan tetapi, meski aman dikonsumsi dalam dosis tinggi dan bersifat larut dalam air, ada sebagian orang yang tidak bisa mengkonsumsi vitamin C sebab bisa memicu masalah lambung. Pasalnya, sebagian vitamin C dosis tinggi bisa menimbulkan reaksi asam lambung dan mengakibatkan maag kumat.

Wah ternyata banyak juga kegunaan vitamin C untuk tubuh kita. Selain berbagai manfaat yang telah diungkapkan, vitamin C dapat pula menyembuhkan luka dan membentuk jaringan. Selain itu, vitamin C juga ampuh untuk memperbaiki dan memelihara tulang rawan, dan tulang serta gigi Anda.

Ini Manfaat Menggemparkan dari Vitamin CTitle : Ini Manfaat Menggemparkan dari Vitamin C ~ UniksPos
Description : Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai jenis penyakit. Sel...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews