6.23.2014

12 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Kita

12 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Kita -
UniksPos -
Tahukah anda jika pear atau yang lazim kita sebut pir termasuk ke dalam genus Pyrus, merupakan sejenis tanaman yang dapat tumbuh subur di berbagai penjuru dunia. Bisa di daerah pantai hingga daerah beriklim sedang. Tinggi pohon pir bisa mencapai 10 hingga 17 meter tapi sebagian spesies merupakan pohon yang pendek dan memiliki daun yang rimbun. Daun berselang-seling, berbentuk lonjong yang lebar tapi bisa juga berbentuk membujur panjang yang langsing. Beberapa spesies pohon pir menghasilkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air, masir dan manis. 
12 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Kita
12 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Kita
Di alam, sedikitnya ada 30 spesies buah pir, diantaranya adalah Pyrus communis, Pyrus nivalis, dan Pyrus salicifolia. Bentuk buah beraneka ragam, sebagian besar spesies menghasilkan buah berbentuk bulat. Sebagian spesies seperti Pir Eropa menghasilkan buah yang bentuknya membesar di bagian bawah dan langsing di bagian pangkal buah. Buah pir adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin, misalnya vitamin A, B, C, E dan juga vitamin K. 

Selain itu, buah ini juga mengandung beberapa mineral penting, seperti kalsium, kalium atau fosfor. Diketahui, ada beberapa senyawa penting yang terkandung pada buah ini salah satunya adalah asam klorogenat yang sangat membantu untuk menunjang kesehatan tubuh Anda. Selain itu, pir merupakan sumber yang kaya akan serat dan tembaga. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang manfaat buah pir, mari kita simak penjelasan berikut ini.

1. Melawan kanker
Pir mengandung berbagai senyawa aktif yang dapat melawan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Asam florogenat merupakan salah satu senyawa aktif dalam buah pir yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal berbagai radikal bebas termasuk radikal bebas penyebab kanker. Selain itu kandungan serat dan magnesium dalam buah ini juga terbukti dapat  menurunkan resiko terkena kanker usus besar.

2. Menurunkan kolesterol
Buah pir memiliki kandungan pektin yang tinggi (lebih tinggi dari apel). Itulah yang membuatnya ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Pektin menyerap lemak di usus sebelum mereka diserap melalui aliran darah.

3. Membuat Anda tetap terhidrasi
Pir merupakan jenis buah yang memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat memenuhi asupan cairan di dalam tubuh. Jika tubuh terhidrasi dengan baik maka akan terlihat kulit kita menjadi lebih sehat dan tekturnya menjadi kenyal.

4. Melindungi tubuh
Buah pir adalah salah satu buah sumber vitamin C yang sangat penting. Kandungan vitamin C ini terutama paling banyak terkandung dalam kulit buahnya. Untuk itu, jangan kupas buah pir jika ingin merasakan manfaat seutuhnya dari buah ini.

5. Menjaga kesehatan tulang
Pir mengandung boron yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan kalsium, yang dapat mencegah osteoporosis.

6. Mengatasi hipertensi
Buah pir selain banyak mengandung vitamin dan serat, ternyata juga kaya akan berbagai kandungan mineral. Mineral-mineral yang terkandung dalam buah pir antara lain magnesium, kalium, dan kronium yang dapat menormalkan tekanan darah dalam tubuh.

7. Mencegah penyakit alzheimer
Baru-baru ini, sebuah penelitian dari Cornell University membuktikan bahwa mengkonsumsi buah pir sangat baik untuk kesehatan otak. Hal tersebut dikarenakan buah pir memliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang dapat menjaga kesehatan otak dan dapat mencegah gangguan-gangguan kesehatan pada otak seperti penyakit alzheimer.

8. Baik bagi penderita diabetes
Buah ini memiliki kandungan kalori yang cukup rendah sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, rajin mengkonsumsi buah pir juga baik untuk megontrol kandungan gula dalam darah.

9. Sumber vitamin yang baik
Selain kandungan serat, buah pir juga kaya akan berbagai vitamin, terutama vitamin C dan Vitamin K. Kandungan berbagai vitamin ini memiliki banyak fungsi bagi tubuh seperti untuk menjaga daya tahan tubuh, membantu proses pemecahan lemak, membentuk kolagen, serta mempengaruhi beberapa reaksi enzim dalam tubuh.

10. Dianjurkan untuk diet
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, buah pir adalah buah yang kaya akan serat. Kandungan serat yang cukup besar ini akan membuat kita cepat kenyang. Apalagi buah ini juga sangat rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani program diet.

11. Menjaga jantung tetap sehat
Buah pir adalah sumber serat alami yang baik untuk kesehatan jantung. Serat sangat baik bagi kesehatan jantung karena mengkonsumsi cukup serat akan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga risiko stroke dan serangan jantung dapat diminimalisir.

12. Menyehatkan pencernaan
Buah pir memiliki efek laksatif yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ-organ pencernaan tubuh. Bahkan buah pir yang masih belum matang sering dikonsumsi untuk melancarkan buang air besar. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

Selain kaya akan manfaat, ternyata buah pir tidak memiliki efek samping – jadi sangat aman bagi Anda yang peka terhadap makanan dan aman untuk penderita alergi tertentu sebab pir adalah jenis buah hypoallergenic.

12 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan KitaTitle : 12 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Kita ~ UniksPos
Description : Tahukah anda jika pear atau yang lazim kita sebut pir termasuk ke dalam genus Pyrus, merupakan sejenis tanaman yang dapat tumbuh subur di b...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|