7.23.2014

7 Perpustakaan Spektakuler di Dunia

7 Perpustakaan Spektakuler di Dunia -
UniksPos -
Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektual melalui beragam cara interaksi pengetahuan. Selain itu, perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah. Menumbuhkan minat baca guna memperoleh generasi yang semakin pintar sangat penting. Saat ini, perpustakaan yang baik bukan sekadar tumpukan buku. Ada banyak inovasi dilakukan oleh berbagai pihak. Mungkin beberapa perpustakaan berikut ini bisa membuat kita kagum dan ingin berlama-lama di dalamnya. Berikut 7 perpustakaan terbesar dan Menakjubkan di dunia.

1. Perpustakaan Umum New York, Amerika
7 Perpustakaan Spektakuler di Dunia
By Ken Thomas (KenThomas.us(personal website of photographer)) [Public domain], via Wikimedia Commons
Perpustakaan Umum New York merupakan salah satu bangunan ikon New York City. Dibangun di atas lokasi Waduk Croton tua, perpustakaan publik pertama New York dibuka pada tahun 1911. Bangunan ini dibangun dengan menggunakan 530.000 meter kubik marmer. Perpustakaan ini berisi 15 juta buku, termasuk manuskrip dari 1.200 bahasa dan dialek, lebih dari 350 karya katalog oleh George Sand dan salinan paling awal dari Nican Mopohua.

2. Perpustakaan Geisel, San Diego
Geisel Library - DSC07081
By Daderot (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons
Perpustakaan Geisel berada di kampus University of California di San Diego dan terbuka untuk umum. Dirancang pada tahun 1960 oleh William Pereira, University of California memiliki gedung perpustakaan geometris yang bernama Geisel Library untuk menghormati Audrey dan Theodor Geisel (Dr. Seuss) pada tahun 1995. Perpustakaan tersebut mempunyai lebih dari setengah juta item, termasuk buku, majalah dengan berbagai alat referensi dan sumber daya digital seperti ARTstor (gambar) dan Database of Recorded American Music.

3. Perpustakaan Umum Pusat Seattle, Washington
Seattle Central Library by Ww7021
By Ww7021 (Karya sendiri) [Public domain or Public domain], via Wikimedia Commons
Ini adalah perpustakaan unggulan dari Seattle Public Library sistem. Setelah melalui perombakan besar-besaran, Perpustakaan Umum Pusat Seattle kembali dibuka. Perpustakaan tersebut memiliki 11 lantai. Perpustakaan ini sangat unik, penampilannya mencolok, yang terdiri dari beberapa diskrit 'platform mengambang' tampaknya dibungkus dalam jaring baja besar di sekitar kulit kaca. Anda tertarik mengunjungi tempat itu?

4. Perpustakaan Umum Salt Lake City, Utah
Salt Lake City Public Library -IMG 1756
By Daderot (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Ini adalah struktur arsitektur yang unik di Salt Lake City, Utah. Kota ini terletak di seberang dari Salt Lake City and County Building dan Washington Square. Dirancang oleh arsitek Moshe Safdie, perpustakaan Salt Lake City dibuka pada tahun 2003. Bangunan enam lantai ini memiliki sebuah auditorium dengan 300 kursi dan area membaca multi-level. Cahaya alami terpancar dari segala arah gedung. Perpustakaan tersebut menampung lebih dari 500.000 buku dan barang-barang lainnya.

5. Perpustakaan Abbey, Swiss
Melk - Abbey - Library
By Emgonzalez (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Perpustakaan ini adalah yang tertua di Swiss. Dianggap salah satu dari perpustakaan biara yang paling penting di dunia. Perpustakaan Abbey adalah rumah bagi sekitar 170.000 buku dan bahan-bahan lainnya, lebih dari 2.000 di antaranya adalah manuskrip paling berharga mulai dari abad ke-8 hingga ke-15. Perpustakaan itu tidak hanya berisi buku-buku yang tak ternilai harganya, ruang perpustakaan itu dirancang oleh arsiterktur Peter Thumb dalam gaya kuno dan sulit membayangkan perpustakaan dengan gambar yang paling sempurna. Salah satu fitur unik dari perpustakaan adalah koleksi naskah dari awal Abad Pertengahan sampai 1805.

6. Perpustakaan Trinity College, Irlandia
New Court, Trinity College, Cambridge
By Hans Wolff (Karya sendiri (Own photography)) [Public domain], via Wikimedia Commons
Didirikan pada 1592 oleh Ratu Elizabeth I. Tidak hanya bentuk eksterior yang mengesankan, bangunan ini juga menawarkan ruang tunggal perpustakaan terbesar di dunia, yang dikenal dengan sebutan Room Long. Perpustakaan Trinity College, kembali dibuka pada 1592. 'Rumah pintar' ini menyimpan 5 juta item, termasuk jurnal, manuskrip, peta dan musik serta 200 ribu buku tertua yang pernah ada. Beberapa koleksi khusus meliputi Koleksi Ussher dan Koleksi Fagel. Perpustakaan juga memiliki naskah kitab Kells. Perpustakaan terbesar di Irlandia. 

7. Perpustakaan Vatikan
Petersdom von Engelsburg gesehen
Giacomo della Porta [Public domain], via Wikimedia Commons
Perpustakaan Vatikan adalah perpustakaan milik Tahta Suci yang sekarang berada di kota Vatikan. Perpustakaan ini adalah salah satu perpustakaan tertua di dunia dan menyimpan salah satu koleksi penting dalam tulisan-tulisan bersejarah. Perpustakaan Vatikan menyimpan lebih dari 180.000 manuskrip, 1.6 juta buku, 8.600 incunabula (istilah yang digunakan oleh kolektor buku Inggris untuk menjelaskan buku-buku yang dicetak pertama kali pada abad ke 15), 300.000 koin dan medali, 150.000 lukisan dan 150.000 foto. Akan tetapi tidak semua orang bisa melihat koleksi tersebut. Pengunjung yang bisa menyaksikan koleksi ini adalah peneliti, akademisi, guru dan mahasiswa pascasarjana.

7 Perpustakaan Spektakuler di DuniaTitle : 7 Perpustakaan Spektakuler di Dunia ~ UniksPos
Description : Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektua...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|