7.13.2014

Manfaat Menakjubkan Buah Semangka bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Menakjubkan Buah Semangka bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Jenis tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Semangka atau tembikai masih kerabat dekat dengan labu-labuan, melon dan mentimun. Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Buah semangka adalah salah satu buah yang mudah ditemukan dan sering kita konsumsi sehari-hari. Ada beberapa jenis buah semangka seperti semangka kuning dan merah. Namun cita rasa dari kedua jenis ini tidak jauh berbeda. Buah semangka yang ajaib ini memiliki kandungan air cukup tinggi sehingga menjadikannya sebagai buah yang begitu favorit terutama di daerah tropis. 
Manfaat Menakjubkan Buah Semangka bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Menakjubkan Buah Semangka bagi Kesehatan Tubuh
Selain rasanya yang manis dan segar, buah yang memiliki nama ilmiah Citrullus lanatus ternyata mempunyai manfaat lain terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Lantas, manfaat apa saja yang terkandung pada buah semangka? Penasaran, berikut ini ada beberapa penjelasan tentang manfaat semangka yang mungkin belum anda ketahui.

1. Menjaga kesehatan ginjal
Kandungan kalium yang tinggi pada buah semangka sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal. Nantinya, kalium ini akan membantu untuk membersihkan sisa-sisa racun yang terdapat pada ginjal. Disamping itu, ternyata buah semangka juga mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga mengurangi resiko kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

2. Baik untuk kesehatan mata
Ini disebabkan oleh kandungan betakaroten pada buah semangka nantinya akan di ubah menjadi vitamin A setelah Anda konsumsi. Sebagaimana yang kita tau bahwa, vitamin A merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh mata.

3. Perlindungan terhadap radikal bebas
Berbagai asap dari kendaraan bermotor atau pabrik serta udara kotor yang terhirup oleh kita dapat memicu radikal bebas yang nantinya akan mengancam kesehatan tubuh. Semangka mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas.

4. Memperkuat tulang
Peran ini tentunya tak terlepas dari tingginya kandungan kalium pada buah semangka. Nantinya, kalium ini akan berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Sehingga tulang dan sendi akan lebih sehat dan kuat sepanjang waktu.

5. Mencegah penuaan dini
Semangka sangat kaya akan likopen, vitamin C dan vitamin A. Semua nutrisi ini dapat mengurangi paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik hitam pada kulit. Anda dapat menggunakan semangka sebagai masker atau dengan mengkonsumsi buahnya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

6. Melembabkan Kulit
Semangka memiliki kandungan air yang kaya. Dengan mengkonsumsi buah ini, Anda tak hanya melepas dahaga, namun juga melembabkan kulit dari dalam. Bila Anda merasa rawan dehidrasi, sebaiknya konsumsi buah ini secara teratur.

7. Mengurangi timbunan minyak pada kulit
Semangka mengandung banyak vitamin A yang tentunya dapat berfungsi untuk mengurangi ukuran pori-pori kulit dan meminimalkan minyak berlebih dari kelenjar sebaceous.

8. Meremajakan kulit
Ini adalah salah satu manfaat terbaik dari semangka. Masker semangka dapat meremajakan dan mencerahkan kulit yang tampak kusam.

9. Obat jerawat
Memijat kulit dengan masker semangka setiap hari merupakan obat alami untuk menyembuhkan jerawat.

10. Mencegah dehidrasi
Semangka mempunyai tingkat hidrasi yang tinggi, sekitar 92 persen air. Selain itu, semangka juga mengandung nutrisi beta karoten (nutrisi yang akan menjadi vitamin A), likopen, dan vitamin C. Selain itu, semangka juga kaya elektrolit natrium dan kalium sehingga dapat dijadikan pengganti cairan tubuh yang hilang.

11. Antioksidan
Tingginya kandungan likopen pada buah semangka sehingga dapat berfungsi sebagai antioksidan. Likopen merupakan senyawa antioksidan yang berpotensi untuk mencegah radikal bebas.

12. Mencegah hipertensi
Sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi karena memiliki kandungan air dan kalium cukup tinggi yang dapat menetralisir tekanan darah di dalam tubuh kita.

13. Meningkatkan sistem imun tubuh
Semangka juga merupakan sumber vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit di saat cuaca kurang baik atau ekstrem.

Selain yang telah dijelaskan, ternyata semangka juga bermanfaat untuk program diet anda karena buah semangka ini merupakan salah satu buah yang tidak mengandung lemak dan juga mempunyai kombinasi kadar gula terbatas dan kandungan airnya yang sangat banyak.

Manfaat Menakjubkan Buah Semangka bagi Kesehatan TubuhTitle : Manfaat Menakjubkan Buah Semangka bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Jenis tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Semangka atau tembikai masih kerabat dekat dengan ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|