7.24.2014

Manfaat Ajaib Buah Kelengkeng untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ajaib Buah Kelengkeng untuk Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Lengkeng adalah jenis tanaman penghasil buah yang berasal dari daratan Asia Tenggara. Manfaat Buah Kelengkeng ini banyak di gunakan masyarakat untuk menyembuhkan atau mengurangi berbagai macam penyakit.
Manfaat Ajaib Buah Kelengkeng untuk Kesehatan Tubuh
Buah Lengkeng
Buah lengkeng atau kelengkeng (龙眼) memiliki nama ilmiah Dimocarpus logan, dalam bahasa Inggris disebut Longan. Di Indonesia kadang buah ini dikenal juga dengan buah Mata Kucing. Buah lengkeng berbentuk bulat dengan ukuran kurang lebih sebesar kelereng. Kulit buah berwarna cokelat muda sampai kehitaman dengan daging buah yang berwarna putih bening dan berair. Beberapa nutrisi yang terkandung pada buah lengkeng yaitu kalori, karbohidrat, protein, serat, thiaminem riboflavin, niasin, vitamin C, kalsium, zat besi, mangan, magnesium, fosfor dan kalium. Berikut ini ada beberapa manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah kanker
Kandungan vitamin C pada lengkeng lebih tinggi dari pepaya, nanas dan leci. Vitamin C sangat bermanfaat untuk mencegah kanker.

2. Meningkatkan mood
Selain dapat mencegah kanker, buah lengkeng juga berkhasiat untuk meningkatkan mood. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan perubahan psikologis. Ini adalah salah satu fungsi vitamin C yang sangat dianjurkan bagi yang sering merasa gelisah dan sebagainya.

3. Menyehatkan kulit
Vitamin C pada buah lengkeng mengandung antioksidan. Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan juga dibutuhkan oleh kulit, antioksidan ini berfungsi untuk menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat terkena paparan sinar matahari.

4. Mengurangi risiko serangan jantung
Mengkonsumsi buah lengkeng juga bermanfaat untuk menghilangkan aterosklerosis yang berada di dalam jantung. Aterosklerosis adalah suatu keadaan dimana arteri jantung menebal dan dapat meningkatkan terjadinya serangan jantung karena aliran darah menjadi tidak lancar.

5. Mencegah stroke
Buah lengkeng kaya akan vitamin C dan senyawa kalium. Kedua senyawa ini sangat berperan penting untuk mencegah stroke.

6. Mencegah diabetes
Vitamin C pada buah lengkeng mampu menurunkan kadar gula yang terdapat dalam tubuh dan dapat mencegah diabetes.

7. Mengontrol tekanan darah tinggi
Kadar kalium pada buah lengkeng juga cukup tinggi yaitu 266 mg. Asupan kalium sangat berpengaruh terhadap tekanan darah. Mengkonsumsi lengkeng secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, vitamin C pada buah lengkeng juga berperan aktif untuk mengontrol tekanan darah

8. Menjaga kesehatan otak
Tubuh kita juga memanfaatkan fosfor dan kalium untuk membangun dan memelihara jaringan otak. Mengkonsumsi lengkeng secara rutin dapat membantu aktivitas otak dalam berpikir dan mengingat. Dua mineral ini juga penting agar saraf kita bisa sehat, sehingga bisa bekerja dengan normal.

9. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kandungan fosfor yang terdapat pada buah lengkeng dapat membantu untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bersama dengan kalsium, fosfor membentuk senyawa kalsium fosfat. Kalsium fosfat adalah senyawa utama yang memperkuat struktur tulang dan gigi. Selain itu, fosfor dapat mengurangi resiko osteoporosis dan gangguan kesehatan gigi.

10. Membantu metabolisme
Senyawa fosfor pada buah lengkeng bermanfaat bagi metabolisma tubuh untuk menghasilkan energi. Sebab fosfor sangat bermanfaat membantu tubuh memanfaatkan karbohidrat dan lemak untuk diubah menjadi energi.

Mungkin tak berlebihan juga jika dikatakan bahwa buah kelengkeng ini memiliki manfaat dan khasiat yang ajaib bagi kesehatan kita. Jadi itulah beberapa manfaat ajaib dari buah lengkeng atau kelengkeng.

Manfaat Ajaib Buah Kelengkeng untuk Kesehatan TubuhTitle : Manfaat Ajaib Buah Kelengkeng untuk Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Lengkeng adalah jenis tanaman penghasil buah yang berasal dari daratan Asia Tenggara. Manfaat Buah Kelengkeng ini banyak di gunakan masyara...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|