8.30.2014

10 Patung Unik dan Tersohor di Eropa

10 Patung Unik dan Tersohor di Eropa -
UniksPos -
Patung merupakan benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Orang yang menciptakan patung disebut pematung. Tujuan penciptaan patung adalah untuk menghasilkan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin. Karenanya, patung biasanya dibuat dengan menggunakan bahan yang tahan lama dan sering kali mahal, terutama dari perunggu dan batu seperti marmer, kapur, dan granit. Karya seni mematung sudah ada sejak jaman dahulu kala. Patung-patung ini dibuat tidak hanya untuk memperingati suatu kejadian atau perayaan, patung ini juga di buat sebagai penghargaan terhadap seseorang. Apa saja patung dan tugu unik di Eropa yang menjadi obyek wisata terkenal? Berikut ini ada 10 patung dan tugu yang paling tersohor di eropa.

1. Tugu Hermann, Teutoburger Wald
Hermannsdenkmal 02
By Janericloebe (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Tugu Hermann adalah patung kolosal yang terletak di barat daya kota Detmold di Rhine-Westphalia Utara di kawasan Hutan Teutoburg selatan dekat Hiddesen. Dibangun pada tahun 1838-1875, di desain oleh Ernst von Bandel, dan diresmikan pada 16 Agustus 1875. Tinggi patung 26,57 meter dengan tinggi keseluruhan 53,46 meter, itu adalah patung tertinggi di Jerman pada 1875-1886, juga patung tertinggi di dunia. Hermann adalah tokoh penting untuk identitas nasional Jerman.

2. Putri Duyung, Kopenhagen
Patung Putri Duyung di Kopenhagen adalah patung yang paling sering difoto di Denmark. Patung ini dibuat oleh Edvard Eriksen berdasarkan cerita dongeng Hans Christian Andersen. Pembuatan patung selesai pada 1913, dan kemudian diletakkan di atas sebuah batu di pelabuhan Langelinie, Copenhagen. Wujudnya adalah seorang perempuan namun kakinya berupa ekor ikan. Wajah patung menatap laut lepas.

3. Patung Imperia, Konstanz
Imperia adalah patung di pintu masuk pelabuhan Konstanz, Jerman, memperingati Konsili Constance yang terjadi di sana tahun 1414 - 1418. Tinggi patung yang terbuat dari beton mencapai 9 meter, berat 18 ton, dan berdiri di atas alas yang dan dapat berputar pada porosnya setiap empat menit. Selama empat tahun, Gereja Katolik merundingkan persatuan antara gereja di Perancis dan gereja di Roma. Patung ini dibuat 20 tahun lalu dan merupakan sebuah sindiran pada konsili jaman dulu. Karena selama konsili 4 tahun itu, banyak prostitusi yang beroperasi di Konstanz.

4. Patung Kristus, Swiebodzin
Pada tahun 2010 di kota Swiebodzin, Polandia, didirikan Patung Kristus yang besar. Tingginya 36 meter, dua meter lebih tinggi daripada Patung Kristus di Rio de Janeiro. Menurut pastur di Swiebodzin, dia mendapat wahyu untuk mendirikan patung itu. Tapi mungkin patung itu didirikan untuk menarik perhatian.

5. Manneken Pis, Brussel
Manneken Pis, juga dikenal dalam bahasa Perancis sebagai Petit Julien, adalah markah tanah terkenal di Brussels. Manneken Pis ialah sebuah patung air mancur yang terbuat dari perunggu berbentuk anak lelaki. Patung ini sudah lebih tua lagi, dibuat tahun 1619. Patung perunggu ini tingginya hanya 61 centimeter dan sudah sering dicuri. Jadi yang dipasang sekarang hanya sebuah duplikat. Sejak 1698, patung ini diberi kostum khusus pada hari-hari tertentu. Dia sudah punya kostum Elvis Presley dan Wolfgang Amadeus Mozart.

6. Patung Martin Luther, Eisenach
Banyak kota di Jerman yang punya patung Martin Luther, juga kota kelahirannya Eisenach. Martin Luther menjadi terkenal sebagai reformator gereja setelah mengeritik kekuasaan Paus di Roma. Dialah orang pertama yang menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa Jerman.

7. Bremer Stadtmusikanten, Bremen
Para Musisi Kota Bremen (Die Bremer Stadtmusikanten) adalah sebuah dongeng yang dibuat oleh Grimm Bersaudara. Dongeng ini mengisahkan tentang 4 ekor binatang yaitu ayam, kucing, anjing dan kedelai.

8. Romulus dan Remus, Roma
Menurut legendanya, dua bersaudara kembar Romuluss dan Remus adalah pendiri kota Roma. Dahulu, mereka dipelihara oleh seekor serigala hingga mereka menjadi dewasa. Seperti yang dikisahkan, mereka adalah anak dari seorang Vesta bernama Rhea Silvia dan dewa Mars. Mereka mendirikan Roma pada 21 April 753 SM dan Romulus menjadi raja pertama Roma.

9. Patung Naga, Klagenfurt
Kebanyakan patung dan tugu berasal dari mitos pendirian kota atau negara. Demikian juga Patung Naga di alun-alun kota Klagenfurt, Austria. Menurut kisahnya, seekor naga tinggal di rawa-rawa dan sering memakan manusia yang datang ke tempat itu. Penduduk Klagenfurt memancing sang Naga dengan seekor kerbau dan berhasil membunuhnya.

10. Patung Barok Neptunus, Roma
Fontana di Trevi atau Air Mancur Trevi merupakan salah satu air mancur yang paling terkenal di dunia. Dengan tinggi 26 meter dan lebar 20 meter, ini menjadi air mancur bertema Barok terbesar di Roma. Air mancur ini didesain oleh seorang arsitek terkenal di Italia bernama Nicola Salvi pada tahun 1732. Kolam ini diapit berbagai jalanan sempit di daerah Trevi di pusat Kota Roma. Pengunjung datang dari berbagai arah lewat jalanan sempit ini sampai bertemu tempat lapang. Di kolam Fontana di Trevi, terdapat tradisi lempar koin ke kolam yang paling lestari. Disini orang-orang melempar koin ke kolam demi mencari peruntungan nasib.

10 Patung Unik dan Tersohor di EropaTitle : 10 Patung Unik dan Tersohor di Eropa ~ UniksPos
Description : Patung merupakan benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Orang yang menciptakan patung disebut ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->