8.15.2014

Rumah-Rumah Unik di Dunia

Rumah-Rumah Unik di Dunia -
UniksPos -
Bagi sebagian orang, desain dan interior rumah merupakan cerminan pribadi pemiliknya. Tak heran jika banyak keluarga yang menolak tinggal di sebuah kompleks perumahan siap huni. Mereka kadang-kadang enggan menempati rumah 'kembar' seperti di komplek perumahan. Mereka lebih memilih berkreasi sendiri untuk membangun rumah impian. Mereka bahkan tak ragu mendesain tempat tinggal mereka dengan bentuk-bentuk tak lazim. Demi mewujudkan simbol-simbol tersebut, banyak orang rela menghabiskan banyak uang, demi terwujudnya sebuah Rumah Idaman. Namun, pernahkan anda berpikir bagaimana cara pandang seorang seniman terhadap sebuah rumah? Type seperti apakah rumah yang mereka idamkan? Berikut ini ada beberapa rumah unik, yang mungkin saja bisa menginspirasi Anda untuk berkreasi menciptakan sebuah rumah impian yang unik dan menakjubkan. 

1. Gold Pyramid House, Illinois
Pyramid house and statues Wadsworth IL
By Chuck Falzone [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Pernah membayangkan sebuah rumah terbuat dari emas? Anda bisa melihatnya jika pergi ke Wadsworth, di Illinois. Rumah ini tidak berbentuk seperti rumah pada umumnya, melainkan seperti piramid. Karena itulah, rumah ini dinamakan Gold Pyramid House. Terletak di sebuah pulau dan dikelilingi oleh parit besar, Pyramid House memiliki banyak fitur yang luar biasa, termasuk patung Raja Tut setinggi 50 kaki, pohon palem logam dan garasi empat mobil. Masuk ke dalam, kesan serba mewah meliputi bangunan. Ada 6 lantai di dalam rumah emas ini. Ornamen khas Timur Tengah juga mendominasi bangunan. Di bagian depan, turis bisa melihat patung Ramses II. 

2. House on the Rock, Wisconsin
House on the Rock self-playing musical instruments
By Ruscoe (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Rumah biasanya berdiri tegak di atas tanah, tapi rumah di Wisconsin berbeda. Rumah ini justru berdiri tegak di atas sebuah batu besar. Terdapat 114 kamar di dalamnya, dan semua kamar dibuka untuk wisata sejak tahun 1960. Jendela dalam jumlah yang banyak juga ikut mengisi bangunan, yakni 3.000 jendela.

3. Pickle Barrel House, Michigan
Pickle Barrel House 2008
By Flickr: Kristina_5 (www.flickr.com/photos/kweaver/2922271146/) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Terletak di Grand Marais, Michigan di Michigan Upper Peninsula di pantai selatan Danau Superior. Rumah acar, mungkin sebagian orang mengartikannya demikian. Pickle Barrel House di Michigan memanglah sebuah rumah dengan bentuk seperti tong acar. Rumah ini dibangun pada tahun 1926 sebagai rumah musim panas sang pemilik. Namun saat ini, Pickle Barrel House telah dijadikan museum musiman yang dibuka dari bulan Juni-September setiap tahun. Di dalamnya, Anda bisa melihat berbagai bentuk botol acar dari masa ke masa.

4. Shoe House, Pennsylvania
Haines Shoe House (5931704801)
By Beck Gusler from Philladelphia, USA (Haines Shoe HouseUploaded by LongLiveRock) [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Shoe House adalah sebuah rumah berbentuk sepatu di Hellam, Pennsylvania, di Lincoln Highway. Shoe House memiliki arti rumah sepatu. Sesuai namanya, rumah ini memang berbentuk seperti sepatu besar. Umurnya pun ternyata sudah tak muda lagi. Shoe House telah berdiri selama 70 tahun. Menurut cerita, dulunya rumah ini ditempati oleh seorang nenek penjual sepatu. Ia pun membangun rumahnya berbentuk seperti sepatu. Kini, Shoe House dibuka untuk umum antara Juni dan Oktober. Jika masuk ke dalam, wisatawan bisa melihat ada 5 lantai di sana. Di dalamnya juga terdapat 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, dapur dan ruang tamu.

5. Winchester Mystery House, California
Winchester Mystery House San Jose 01
By Roxanna Salceda (Winchester Mystery House III) [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Winchester Mystery House adalah sebuah rumah di San Jose, California yang dulunya merupakan kediaman pribadi Sarah Winchester. Terletak di 525 South Winchester Blvd. Pada awalnya sang pemilik, Sarah Winchester membangun rumah ini pada tahun 1919 untuk mengusir roh-roh jahat. Sampai saat ini, keangkeran rumah tersebut pun masih diakui oleh banyak penduduk setempat. Yang unik dari rumah ini, jika rumah biasanya hanya memiliki beberapa ruangan saja, namun tidak dengan Winchester Mystery House. Rumah ini memiliki 160 kamar di San Jose, Californias. Selain itu, rumah ini juga memiliki jalan rahasia dan banyak cerita mistis di balik temboknya. Namun semua itu tidak menyulutkan niat wisatawan yang ingin berkunjung. Kebanyakan dari mereka biasanya berwisata untuk menguji nyali.

6. Habitat 67, Kanada
Habitat 67 Montreal 01
By Jeangagnon (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Habitat 67 adalah kompleks perumahan yang terletak di Montreal di Cité du Havre, di sepanjang Sungai St Lawrence selatan dari pelabuhan tua. Dirancang oleh arsitek Moshe Safdie dan dibangun pada tahun 1960 sebagai bagian dari Expo 67. Bangunan ini dihubungkan oleh unit-unit apartemen yang bertumpuk-tumpuk seperti lego. Meski demikian bangunan ini tidak terbuat dari lego, melainkan hanya bentuknya saja menyerupai susunan lego. Arsitek bangunan tidak menggunakan konstruksi vertikal yang konvensional sehingga penghuni apartemen memiliki lebih banyak ruang terbuka.

7. Tongkonan, Indonesia
Tana Toraja, Kete Kesu, tongkonan (6823189476)
By Arian Zwegers [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Atapnya melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu. Di bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau. Bagian dalam ruangan dijadikan tempat tidur dan dapur. Tongkonan dibagi berdasarkan tingkatan atau peran dalam masyarakat (stara sosial Masyarakat Toraja). Tongkonan berfungsi untuk rumah tinggal, kegiatan sosial, dan upacara adat, serta digunakan juga sebagai tempat untuk menyimpan mayat. Beberapa jenis rumah adat togkonan, antara lain tongkonan layuk (pesio'aluk), yaitu tempat menyusun aturan-aturan sosial keagamaan. Tongkonan pekaindoran (pekamberan atau kaparengngesan), yaitu berfungsi sebagai tempat pengurus atau pengatur pemerintahan adat. Ada juga batu a'riri yang berfungsi sebagai tongkonan penunjang yang mengatur dan membina persatuan keluarga serta membina warisan. Tongkonan milik bangsawan Toraja berbeda dengan dari orang umumnya. Yaitu pada bagian dinding, jendela, dan kolom, dihiasi motif ukiran yang halus, detail, dan beragam. 

Rumah-Rumah Unik di DuniaTitle : Rumah-Rumah Unik di Dunia ~ UniksPos
Description : Bagi sebagian orang, desain dan interior rumah merupakan cerminan pribadi pemiliknya. Tak heran jika banyak keluarga yang menolak tinggal d...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->