8.15.2014

Cano Cristales, Sungai Berwarna Pelangi di Kolombia

Cano Cristales, Sungai Berwarna Pelangi di Kolombia -
UniksPos -
Sungai unik ini bernama Cano Cristales, terletak di Serranía de la Macarena, provinsi Meta di Kolombia. Air sungai ini memiliki 5 warna. Dikenal juga dengan "Sungai Lima Warna" atau "Sungai Pelangi" atau bahkan "Sungai Maha Indah di Dunia" karena ganggang yang dapat menghasilkan berbagai warna seperti merah, kuning, hijau dan biru di bagian bawah sungai sehingga memberi penampilan yang unik.
CAÑO CRISTALES RÍO EN LA MACARENA META
By Mario Carvajal (Karya sendiri) [CC-BY-3.0], via Wikimedia Commons
Menurut Wikipedia, arus air sungai mengatur jumlah matahari yang bisa mencapai ganggang, dan selama musim hujan, arus tersebut menjauhkan sinar matahari dari dasar sungai. Pada musim kemarau, airnya terlalu dangkal jadi tidak akan mengeluarkan warna-warna tersebut. Tapi saat-saat diantara kedua musim tersebut merupakan waktu yang tepat bagi Cano Cristales untuk mempertunjukkan warnanya. Spesies tumbuhan unik yang berada di dasar sungai bernama Macarenia Clavigera. Ganggang ini dapat merubah warna sungai menjadi merah. Saat siang hari, juga terlihat jelas ada warna kuning, hijau, biru, dan perpaduan warna lain yang indah. 

Situasi seperti ini biasanya terjadi selama beberapa minggu pada September hingga November, atau antara musim hujan dan musim kemarau. Namun, sungai ini terletak didaerah yang terpencil, di dekat kota La Macarena. Sungai dengan lebar 20 meter dan panjang 100 meter ini hanya bisa ditempuh dengan menggunakan kuda atau bagal dan hanya sedikit agen perjalanan yang menawarkan perjalanan wisata ke tempat ini. Batuan yang ada disini diperkirakan berumur 1,2 miliar tahun. Wilayah ini termasuk hutan hujan hydrophytic, panas, hangat, dan dingin. Gunung yang ada disini merupakan rumah bagi 420 spesies burung, 10 spesies amfibi, 43 jenis reptil, dan 8 primata.

Cano Cristales, Sungai Berwarna Pelangi di KolombiaTitle : Cano Cristales, Sungai Berwarna Pelangi di Kolombia ~ UniksPos
Description : Sungai unik ini bernama Cano Cristales, terletak di Serranía de la Macarena, provinsi Meta di Kolombia. Air sungai ini memiliki 5 warna. Di...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->