8.24.2014

Manfaat Ajaib Seledri untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ajaib Seledri untuk Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Seledri adalah sayuran daun dan tumbuhan obat juga sebagai bumbu masakan (sebagai sayuran penambah aroma masakan). Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Seledri memiliki nama ilmiah Celery Apium Graveolens. Selain bermanfaat untuk kesehatan, seledri ternyata juga berkhasiat untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut. Kandungan minyak atsiri, butilidftalida dan butilftalida membuat seledri wangi. Selain itu seledri juga mengandung vitamin A, B1 dan mineral lainnya yang penting bagi kesehatan kulit dan keindahan rambut.
Manfaat Ajaib Seledri untuk Kesehatan Tubuh
Daun Seledri
Daun seledri kaya akan kandungan vitamin A, sementara batangnya merupakan sumber vitamin B1, B2, B6 dan C dengan pasokan yang kaya akan potasium, folat, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, natrium dan kandungan asam amino esensial yang tinggi. Seledri diketahui mengandung delapan senyawa anti kanker. Diantaranya yaitu acetylenics, terbukti dapat menghentikan pertumbuhan sel tumor. kumarin, membantu mencegah radikal bebas dari sel-sel yang merusak. Asam fenolat, berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel tumor. Selain itu kandungan mineral yang terdapat di dalam seledri juga mampu menyeimbangkan pH di dalam tubuh dan menetralkan tingkat keasaman. Banyak sayuran yang akan kehilangan vitaminnya setelah dimasak. Namun seledri berbeda. Karena kandungan vitamin seledri akan tetap utuh sebesar 80 persen meski telah dimasak. Berikut ada beberapa manfaat ajaib seledri untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah kanker
Kandungan kumarin fitokimia yang terdapat di dalam seledri bermanfaat untuk mencegah pembentukan dan perkembangan kanker usus dan perut. Selain itu, Vitamin A pada seledri juga berperan penting untuk melawan kanker dengan cara menekan pertumbuhan DNA dalam sel-sel kanker. Selain itu, vitamin C yang terdapat pada seledri juga berfungsi untuk mencegah kanker.

2. Pengganti cairan elektrolit tubuh
Seledri sangat bermanfaat untuk para atlet, karena nutrisi seledri dapat mengganti cairan elektrolit tubuh yang hilang pasca latihan. Bagi para atlet, seledri bisa dikonsumsi dengan cara di jus.

3. Menormalkan suhu tubuh
Bagi anda yang bermasalah dengan suhu tubuh, anda dapat mengkonsumsi satu atau dua gelas jus seledri, setiap selesai makan. Ini sangat membantu untuk menormalkan suhu tubuh Anda.

4. Melancarkan pencernaan
Selain berkhasiat untuk mencegah kanker, seledri juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Mengapa? Karena seledri mengandung serat yang sangat diperlukan untuk melancarkan proses pencernaan dan meringankan sembelit.

5. Menjaga kesehatan mata
Vitamin A pada seledri cukup tinggi, seperti yang telah kami jelaskan pada halaman-halaman terdahulu bahwa vitamin ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata (indera penglihatan). Selain itu, vitamin C dan B2 yang terdapat pada seledri sangat berkhasiat untuk mencegah katarak.

6. Menangkal radikal bebas
Salah satu bentuk Vitamin A yang terdapat pada seledri yaitu Beta Karoten. Senyawa ini berperan penting sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Baik radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh maupun polusi dari luar.

7. Mencegah penyakit jantung
Seledri bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Karena seledri mengandung vitamin B1, vitamin ini membantu untuk memproduksi neurotransmitter acetylcholine yang sering digunakan sebagai media penyampaian pesan antara system syaraf dan otot untuk memastikan kerja jantung yang baik dan sempurna. Vitamin C pada seledri berfungsi untuk menghilangkan aterosklerosis yang ada di dalam jantung. Aterosklerosis adalah suatu keadaan dimana arteri jantung menebal dan dapat meningkatkan terjadinya serangan jantung karena aliran darah tidak lancar.

8. Mengoptimalkan kerja otak
Selain bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, seledri juga berkhasiat untuk mengoptimalkan kerja otak. Bagaimana bisa? Tentu hal ini berkaitan dengan vitamin B1 yang terdapat pada seledri. Jika asupan vitamin B1 cukup dan teratur, maka kerja otak akan optimal. 

9. Menjaga sistem imun tubuh
Sama halnya vitamin lain Vitamin B2 ini juga Bermanfaat dalam menjaga sistem imun tubuh yaitu dengan cara memperkuat antibodi dalam tubuh dan memperkuat jaringan pertahanan kita terhadap bakteri dan penyakit berbahaya.

10. Mengontrol tekanan darah tinggi
Seledri dapat mengontrol tekanan darah tinggi, Karena adanya vitamin C. Jika dikonsumsi secara rutin, maka vitamin ini berfungsi untuk mengontrol tekanan darah.

Sebagai tambahan, anda bisa menghitamkan dan mengkilapkan rambut menggunakan seledri, yaitu 10 batang seledri, cuci dan potong ukuran dua sentimeter. Masukkan ke dalam panci yang berisi dua gelas air, dan rebus hingga mendidih. Dinginkan dan saring. Masukkan satu sendok makan cuka aduk hingga tercampur rata. Keramas seperti biasa dan keringkan rambut secara alami. Setelah setengah kering oleskan air seledri ke seluruh bagian rambut. Biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Selain bermanfaat untuk menghitamkan dan mengkilapkan rambut, seledri juga berkhasiat untuk mengencangkan kulit. Adapun caranya, pertama-tama ambil 10 batang seledri, siram dengan air panas hingga layu. Diamkan hingga dingin, kemudian masukkan ke lemari pendingin atau embunkan semalaman. Esok paginya sebelum mencuci muka, oleskan terlebih dahulu air seledri ke wajah sambil dipijat. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan setiap pagi.

Manfaat Ajaib Seledri untuk Kesehatan TubuhTitle : Manfaat Ajaib Seledri untuk Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Seledri adalah sayuran daun dan tumbuhan obat juga sebagai bumbu masakan (sebagai sayuran penambah aroma masakan). Beberapa negara termasuk...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->