8.07.2014

7 Burung Terindah dan Menakjubkan di Dunia

7 Burung Terindah dan Menakjubkan di Dunia -
UniksPos -
Dari semua jenis binatang, mungkin burung termasuk salah satu hewan yang paling indah di dunia. Kombinasi warna dan kicauannya yang merdu kerap mengundang decak kagum. Berikut ini ada beberapa burung yang secara visual, disebut sebagai burung paling cantik dan menakjubkan di dunia.

1. Toucan
GIPE25 - Un Toucan toco (by-sa)
By Gilles PRETET [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Toucan (Ramphastidae) dikenal sebagai salah satu burung paling populer di Amerika tengah dan selatan. Tubuh berukuran sedang (30-70 cm) dengan warna dominan hitam. Bulu lehernya kuning cerah. Memiliki paruh sangat besar dan mencolok, mirip burung Rangkong. Ekor dan sayap pendek. Bentuk tubuh yang tak lazim ini menimbulkan kesan imut dan lucu bagi Toucan. Wajar saja jika Toucan menjadi burung favorit dan disayangi banyak orang. Burung jenis ini termasuk spesies burung pemakan buah. Kadang-kadang, burung ini juga menyantap serangga, reptil kecil seperti kadal dan telur burung lain sebagai sumber protein tambahan. Bagian dalam paruh Toucan yang sangat besar itu, tersusun dari zat tanduk (keratin) berongga yang bentuknya menyerupai sponges. Jadi meskipun paruh Toucan besar, namun bobotnya sangat ringan. Paruh Toucan berguna untuk menyibak dedaunan sehingga memudahkan burung imut ini menjangkau buah-buahan hutan yang menjadi makanannya.

2. Makaw Skarlet
Scarlet macaw at Cougar Mountain Zoological Park
By Dcoetzee (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons
Makaw skarlet adalah makaw yang berukuran besar dan penuh warna. Mereka merupakan hewan yang hidup di hutan tropis Amerika. Warna bulu di tubuhnya memiliki kombinasi cerah, mulai merah, biru muda, kuning, merah tua metalik, dengan kombinasi permainan warna emas dan hijau. Burung unik ini memiliki kulit putih di sekitar mata, turun hingga paruh, dan banyak bulu putih kecil di wajah mereka. Burung ini berasal dari hutan cemara lembap di daerah tropis Amerika.

3. Lorikeet Pelangi
Rainbow-Lorikeets
By Figaro at en.wikipedia (Karya sendiriTransferred from en.wikipedia) [Public domain], via Wikimedia Commons
Lorikeet pelangi, Trichoglossus haematodus, adalah salah satu spesies dari kakatua Australasia yang dapat ditemukan di Australia, Indonesia timur, Papua Nugini, Kaledonia Baru, Kepulauan Solomon dan Vanuatu. Bulu burung Rainbow Lorikeet sangat berwarna-warni. Hampir setiap warna pelangi dapat ditemukan di bulu mereka. Hutan hujan, semak, dan hutan wilayah pesisir adalah habitat dari burung ini. Ini merupakan salah satu burung yang secara visual, paling menarik di dunia.

4. Golden Pheasant
Chrysolophus pictus2
By Sebastian Cruz [Public domain or Public domain], via Wikimedia Commons
Golden atau Chinese Pheasant merupakan jenis lain dari burung yang bisa menarik mata karena tampilan warnanya yang indah. Ini adalah jenis game birds, asli China barat, meskipun juga telah dikembangbiakkan di negara-negara lain seperti Inggris. Ciri khas dari burung ini yaitu kombinasi warna kuning, emas, dan merah cerah. Spesies burung ini lebih banyak menghabiskan waktunya di tanah, mulai dari hutan tepi pantai, padang rumput terbuka hingga hutan pegunungan yang sejuk. 

5. Blue Jay
Blue Jay-27527
By Ken Thomas (KenThomas.us(personal website of photographer)) [Public domain], via Wikimedia Commons
Blue jay memiliki penampilan yang cantik. Warna bulunya didominasi biru, dengan variasi hitam dan putih pada beberapa bagian tubuh lainnya. Namun warna biru ini sebenarnya akibat efek melanin dari pantulan cahaya ke dalam sel-sel tubuhnya. Karena warna aslinya adalah cokelat. Selain warna kebiruan, ciri khas lain pada burung ini yaitu jambulnya yang unik dan kicauannya yang menarik.

6. Baltimore Oriole
Male Icterus galbula in NY 2
By Juliancolton (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Oriole Baltimore adalah spesies burung dari Maryland. Burung jenis ini sangat indah, dengan warna api campuran warna kuning dan hitam. Mereka dapat ditemukan di daerah yang memiliki musim semi dan musim panas di Kanada dan Amerika Serikat. Burung ini juga dikenal dengan sarangnya yang terbuat dari tenunan, dan di bangun di pohon yang tinggi. Selain itu, kicauan burung ini juga tak kalah unik dan menarik.

7. Cenderawasih
Paradisaea minor (male) - National Geographic Museum - DSC05049
By Daderot (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons
Ada banyak jenis Cenderawasih, dengan warna yang benar-benar menarik. Mereka sebagian besar ditemukan di kepulauan New Guinea. Ahli biologi mengenal empat puluh jenis. Jenis tertentu memiliki bulu yang memanjang dengan kombinasi yang rumit, yang membentang dari paruh, sayap dan kepala, dan memberikan penampilan spektakuler yang membuat kagum. Namun, Anda mungkin hanya pernah melihat mereka di film, sebab burung jenis ini hidup di habitat hutan hujan, yang sangat sulit untuk diakses.

7 Burung Terindah dan Menakjubkan di DuniaTitle : 7 Burung Terindah dan Menakjubkan di Dunia ~ UniksPos
Description : Dari semua jenis binatang, mungkin burung termasuk salah satu hewan yang paling indah di dunia. Kombinasi warna dan kicauannya yang merdu k...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->