8.30.2014

Manfaat Mengejutkan Ginseng bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Mengejutkan Ginseng bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Ginseng adalah sejenis terna yang sangat berkhasiat sebagai obat. Tanaman ini termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Nama ilmiahnya adalah Panax Ginseng dan berbicara banyak tentang sifat-sifatnya, sebenarnya Panax berasal dari kata pan-Axos Yunani berarti "semua penyembuhan". Ginseng tumbuh subur terutama di Asia Timur dan Amerika Utara, spesies yang paling banyak digunakan untuk pengobatan adalah Ginseng Korea, dan Ginseng Vietnam.
Manfaat Mengejutkan Ginseng bagi Kesehatan Tubuh
Akar Ginseng
Ginseng merupakan jenis tumbuhan yang berumur panjang dan dapat tumbuh hingga ratusan tahun. Ginseng liar biasanya tumbuh berlimpah di hutan-hutan pegunungan yang gelap dan daerah yang memiliki iklim 4 musim yang berbeda. Pertumbuhan ginseng sangat lambat. Pada umur 5 tahun, tanaman baru mulai bercabang dan berbatang dua karena cabang itu muncul langsung dari tanah. Pada umur itu tanaman belum berbunga. Setelah berumur 10 tahun dan bercabang empat barulah ada satu cabang khusus yang ditumbuhi bunga. Ginseng biasanya akan berbunga pada setiap musim bunga. Di Cina, Ginseng disebut ren shen, yang berarti "akar manusia", mungkin karena bentuknya yang menyerupai tubuh manusia tetapi juga karena akar ginseng adalah tonik untuk manusia. Pengetahuan dan penggunaan ginseng untuk tujuan terapeutik sejak ribuan tahun yang lalu dan keefektifannya telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang dilakukan di seluruh penjuru dunia.

Penelitian terhadap khasiat ginseng memang telah dilakukan sejak tahun 1960, oleh para ilmuwan Cina, Amerika Serikat, Jepang, juga Eropa. Sejumlah penelitian dari tumbuhan ini menunjukkan berbagai khasiatnya untuk mencegah dan mendukung proses penyembuhan penyakit. Para ilmuwan menyatakan bahwa ginseng Siberia mempunyai fungsi adaptogen terbaik. Adaptogen adalah substansi yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan stres. Ginseng siberia dinyatakan tidak bersifat toksin, tidak bersifat adiktif, dan tidak memiliki efek samping.

Ginseng mengandung dua bahan aktif, yakni fitokimia dan nutrien. Fitokimia berupa betasitosterol, kampesterol, kariofilen, asam sinamik, escin, asam ferulik, asam fumarik, ginsenosides, kaempferol, asam oleanolik, asam panaxik, panaxin, saponin, stigmasterol, asam vanilik. Nutrisi yang terdapat pada ginseng yaitu kalsium, serat, folat, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, silikon, zinc, vitamin Bi, B2, B3, B5, dan C. Ginsenosides merupakan elemen terpenting dari tanaman ginseng yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Akar ginseng bersifat sangat menguntungkan bagi kesehatan karena tumbuhan ini memiliki komponen yang sangat berharga seperti vitamin, minyak atsiri, saponin atau ginsenosides, yang dianggap akar tumbuhan aktif. Ada banyak manfaat ginseng yang telah dikaitkan dengan ekstrak akar ginseng, secara tradisional dianggap sebagai obat dengan sifat tonik, atau biasa untuk tonik kuat, terutama di tingkat sistem imun tubuh. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat ginseng memiliki pengaruh positif pada pelepasan hormon yang disebut kortisol, yang pada gilirannya meningkatkan respon tubuh kita terhadap situasi kesehatan yang buruk. Ginseng lebih efektif untuk memperbaiki dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh patogen atau dari situasi stres negatif.

Ginseng sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit. Secara umum, kemampuannya Ginseng untuk mengembalikan keseimbangan dalam tubuh manusia, ginseng juga meningkatkan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan dari ginseng adalah "adaptogen" diketahui yang paling efektif. Di dalam ginseng terdapat antioksidan, yang dapat memblokir efek berbahaya dari radikal bebas dan memperlambat penuaan sel, juga memiliki aktivitas anti-kanker. Studi terbaru menunjukkan bahwa ekstrak ginseng untuk administrasi dari beberapa pasien kanker, secara signifikan dapat mengurangi pasien kelelahan kronis, yang merupakan salah satu efek paling umum dan mampu melemahkan kanker, juga dalam hal perawatan kanker.

Manfaat Mengejutkan Ginseng bagi Kesehatan TubuhTitle : Manfaat Mengejutkan Ginseng bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Ginseng adalah sejenis terna yang sangat berkhasiat sebagai obat. Tanaman ini termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah bel...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->