9.24.2014

Aneka Ragam Khasiat Buah Pinang bagi Kesehatan Tubuh

Aneka Ragam Khasiat Buah Pinang bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Pinang merupakan sejenis tanaman palma yang dapat tumbuh subur di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Sudah sejak lama pinang menjadi bagian kehidupan sehari-hari masyarakat Nusantara. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Betel palm atau Betel nut tree, dan nama ilmiahnya adalah Areca catechu. Saat ini biji pinang sudah menjadi komoditi perdagangan. Ekspor dari Indonesia ke negara-negara Asia selatan seperti India, Pakistan, Bangladesh, atau Nepal. Negara-negara pengekspor pinang utama di dunia yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Myanmar.
Buah Pinang
Buah Pinang
Biji pinang yang diperdagangkan terutama adalah yang telah dikeringkan, dalam keadaan utuh (bulat) atau dibelah. Di negara-negara importir tersebut biji pinang diolah menjadi semacam permen sebagai makanan kecil. Menurut Wikipedia, pinang terutama ditanam untuk dimanfaatkan bijinya, yang di dunia Barat dikenal sebagai betel nut. Biji ini dikenal sebagai salah satu campuran orang makan sirih, selain gambir dan kapur.

Biji pinang mengandung alkaloida seperti arekaina (arecaine) dan arekolina (arecoline), yang bersifat toksin dan adiktif, juga dapat meningkatkan sistem kerja otak. Persediaan simplisia biji pinang di apotek biasa digunakan untuk mengobati cacingan, terutama untuk mengatasi cacing pita. Sementara itu, beberapa macam biji pinang dapat menimbulkan rasa pening apabila dikunyah. Zat lain yang dikandung di dalam buah ini antara lain arecaidine, arecolidine, guracine (guacine), guvacoline dan beberapa unsur lainnya.

Secara tradisional, biji pinang digunakan dalam ramuan untuk mengobati sakit disentri, diare berdarah, dan kudisan. Selain itu, biji ini juga dimanfaatkan sebagai penghasil zat pewarna merah dan bahan penyamak. Pelepah daun yang seperti tabung (dikenal sebagai upih) digunakan sebagai pembungkus kue-kue dan makanan. Umbutnya bisa dimakan sebagai lalapan atau dibikin acar. Sebagai tanaman, pinang juga kerap ditanam di luar maupun di dalam ruangan sebagai pohon hias atau ornamental. Nah, berikut ini kami rangkum untuk Anda, beragam manfaat dan khasiat buah pinang untuk kesehatan dan pengobatan.

Mengobati penyakit eksim, ambil buah pinang dan belerang sebanyak 5 gram lalu dihaluskan. Setelah itu ditambah minyak kelapa sebanyak 5 gram dan panaskan di atas api sampai mendidih. Dalam keadaan hangat, oleskan pada bagian yang terkena eksim, dan lakukan hingga benar-benar sembuh.

Mengobati kudis, pertama-tama ambil beberapa buah pinang yang kering. Tumbuk sampai halus seperti bubuk jamu dan tambahkan sedikit kapur sirih. Agar bubuk pinang dapat menempel pada permukaan kulit, tambahkan minyak kelapa. Minyak ini dicampurkan dan di aduk sampai merata. Sebelum mengoleskan obat ini terlebih dahulu tangan atau kaki yang terkena penyakit kudis dicuci bersih.

Mengobati cacing tambang, ambil biji pinang kemudian di giling halus dan di seduh dengan satu gelas air panas. Ketika masih hangat, tambah 1 sendok madu murni. Ramuan ini diminum sebanyak satu kali sehari pada waktu malam sebelum tidur. Untuk menguatkan gigi dan gusi, ambil beberapa biji buah pinang. Iris menjadi beberapa bagian, kemudian kunyah irisan tersebut dan lalukan secara rutin.

Untuk mengobati sakit pinggang, ambil beberapa lembar daun pinang. Tumbuk daun tersebut dan panaskan dengan bara api. Kemudian dikompreskan di tempat yang sakit.Sementara untuk mengobati luka kulit. Caranya, daging buah pinang yang masih muda ditumbuk hingga halus, lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang terluka.

Aneka Ragam Khasiat Buah Pinang bagi Kesehatan TubuhTitle : Aneka Ragam Khasiat Buah Pinang bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Pinang merupakan sejenis tanaman palma yang dapat tumbuh subur di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Sudah sejak lama pinang men...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|