9.03.2014

Khasiat dan Manfaat Lain dari Kentang yang Perlu untuk Diketahui

Khasiat dan Manfaat Lain dari Kentang yang Perlu untuk Diketahui -
UniksPos -
Kentang adalah jenis tanaman dari suku Solanaceae. Kentang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut "kentang" juga. Tanaman kentang asalnya dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk di sana sejak ribuan tahun silam. Tanaman ini merupakan herba (jenis tanaman pendek tidak berkayu) semusim dan menyukai iklim yang sejuk. Di daerah tropis cocok ditanam di dataran tinggi. Bunga sempurna dan tersusun majemuk. Ukuran cukup besar, dengan diameter 3cm. Warnanya berkisar dari ungu hingga putih.
Khasiat dan Manfaat Lain dari Kentang yang Perlu untuk Diketahui
Kentang (Solanum tuberosum L.)
Menurut Wikipedia, kentang (Solanum tuberosum L.) berasal dari lembah-lembang dataran tinggi di Chili, Peru, dan Meksiko. Jenis tersebut diperkenalkan bangsa Spanyol dari Peru ke Eropa sejak tahun 1565. Semenjak itulah, kentang menyebar ke negara-negara lain, termasuk Indonesia. Selain lezat, kentang ternyata dapat membantu kegiatan rumah tangga Anda. Dengan adanya kentang, Anda dapat membersihkan karat hingga menghindari pecahan kaca. Berikut ini ada beberapa kegunaan lain dari kentang yang perlu untuk diketahui.

1. Menghilangkan karat
Karat terbentuk ketika besi menyerap kelembaban. Selain itu, karat juga dapat terjadi ketika besi terkena air. Sebelum karat benar-benar merusak perabotan terbuat dari besi, sebaiknya Anda membersihkan karat dengan segera. Gunakan potongan kentang untuk membersihkan karat yang ada pada baking pan, pisau, dan peralatan lainnya. Kentang mengandung oxalid acid yang mampu menghilangkan karat. Caranya, potong kentang menjadi dua. Celupkan bagian potongan kentang ke dalam sabun cuci piring atau baking soda. Setelah itu, gosokkan kentang di area besi yang berkarat. Jika kentang sudah bertambah licin, potong dan tambahkan sabun atau baking soda kembali. Setelah itu, bilas perabotan dan keringkan.

2. Membersihkan perlengkapan perak
Selain bermanfaat untuk menghilangkan karat pada logam, kentang juga dapat membersihkan noda yang ada pada peralatan makan dan perlengkapan lain yang terbuat dari perak. Selain menggosokkan kentang mentah ke peralatan Anda, air rebusan kentang juga dapat Anda gunakan. Caranya, rendam peralatan perak tersebut ke dalam air rebusan kentang selama 20 menit. Dengan cara mudah ini, noda akan segera hilang.

3. Membersihkan kaca
Kentang ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan kaca. Hampir sama dengan cara menghilangkan karat, Anda hanya perlu memotong kentang dan menggosokkannya. Jangan lupa mengelapnya kembali dengan kain bersih. Selain untuk membersihkan kaca, kentang juga efektif untuk menghindarkan kaca Anda dari kabut.

4. Merangkai bunga
Untuk menjaga agar rangkaian bunga tetap memiliki bentuk sempurna, umumnya orang-orang menggunakan flower foam. Namun jika tidak ada flower foam, Anda juga dapat menggunakan kentang untuk menancapkan bunga-bunga.

5. Mengambil potongan kaca
Ketika gelas pecah berkeping-keping, pecahan kaca terkadang sangat kecil dan sulit untuk disingkirkan. Ambillah kentang dan gunakan sebagai "media" untuk menyingkirkan potongan kaca.

Demikian beberapa manfaat lain dari kentang yang tak terduga. Selamat mencoba!

Khasiat dan Manfaat Lain dari Kentang yang Perlu untuk DiketahuiTitle : Khasiat dan Manfaat Lain dari Kentang yang Perlu untuk Diketahui ~ UniksPos
Description : Kentang adalah jenis tanaman dari suku Solanaceae. Kentang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut "kentang" juga. Ta...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|