9.24.2014

Aneka Ragam Manfaat dan Khasiat Daun Sirih untuk Kecantikan Kulit

Aneka Ragam Manfaat dan Khasiat Daun Sirih untuk Kecantikan Kulit -
UniksPos -
Tanaman sirih selalu identik dengan Indonesia. Karena sirih adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Daun sirih merupakan bahan herbal yang sudah sejak lama digunakan oleh orang Indonesia dalam pengobatan. Tanaman merambat ini biasa dikunyah orang-orang zaman dahulu bersama pinang, gambir, dan kapur. Selain itu sirih juga sangat berperan penting dalam berbagai upacara adat rumpun melayu.
Daun Sirih
Daun Sirih
Tidak hanya sebatas untuk pengobatan saja, sebab sirih juga sudah sejak lama dimanfaatkan untuk perawatan tubuh. Mau tahu apa saja manfaat ajaib daun sirih bagi kesehatan dan kecantikan kulit? Berikut ini kami rangkum untuk Anda, 5 manfaat daun sirih bagi kecantikan kulit yang perlu untuk diketahui.

1. Mengatasi jerawat
Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat merupakan penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Untuk masalah jerawat, Anda bisa mengatasinya dengan daun sirih. Sifat anti-septik dan anti-bakteri dalam daun sirih tidak hanya ampuh untuk mengatasi gatal, tetapi juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Untuk mengobati jerawat di wajah, Anda bisa memanfaatkan air rebusan sirih untuk membilas bagian kulit yang berjerawat. Gunakan handuk bersih, celupkan ke dalam air sirih lalu gunakan untuk mengusap wajah. Jika Anda menginginkan cara yang lebih mudah, gunakan air sirih yang masih hangat untuk mencuci muka. Sebelumnya pastikan wajah Anda sudah benar-benar bersih dari makeup. Lakukan perawatan ini minimal sehari dua kali, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan.

2. Mengatasi gatal-gatal
Jika kulit Anda mengalami gatal-gatal karena alergi atau masalah kulit lainnya, sebelum gatal ini semakin parah dan meninggalkan bekas di kulit, Anda bisa mengobatinya dengan daun sirih. Ambil 15 hingga 17 lembar daun sirih, rebus dalam air panas. Jangan terlalu lama. Begitu daun layu, segera matikan api. Gunakan air rebusan daun sirih untuk campuran air mandi. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk merendam tangan atau kaki yang gatal karena masalah kulit. Sifat anti-septik dan anti-inflamasi dari daun sirih akan meringankan rasa gatal dan juga pembengkakan kulit karena gatal tadi lebih cepat sembuh.

3. Menghaluskan kulit
Selain ampuh untuk mengatasi jerawat, daun sirih juga berkhasiat untuk menghaluskan kulit. Caranya cukup mudah Ambillah 3-5 lembar daun sirih hijau atau daun sirih merah, kemudian tumbuklah dengan menggunakan air panas. Jika sudah hangat kuku, maka oleskan daun sirih tadi ke seluruh wajah. Lakukanlah cara ini, minimal dilakukan setiap minggu sebelum tidur. Jika dilakukan dengan rutin selama satu bulan, maka wajah Anda akan terlihat lebih halus dan bebas dari bekas jerawat.

4. Mengobati jerawat
Seperti yang kita ketahui bahwa jerawat tidak selalu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Kandungan bakterisida dan antiseptik alami yang terdapat di dalam daun sirih bisa membantu untuk menghilangkan jerawat serta membantu menghilangkan bekas jerawat secara cara alami. Caranya cukup mudah, tumbuk 5 lembar daun sirih sampai halus, kemudian langsung oleskan air tadi pada daerah yang berjerawat. Lakukan secara rutin sebelum tidur sampai jerawat sembuh.

5. Mengatasi luka bakar
Selain berguna sebagai obat jerawat, daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi luka bakar ringan. Caranya cukup mudah, pertama-tama ambil beberapa lembar daun sirih segar dan di cuci bersih. Tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit madu organik. Setelah itu langsung tempelkan pada bagian kuIit yang mengalami luka bakar. Daun sirih dan madu akan bekerja untuk menenangkan rasa perih karena luka bakar juga meminimalisir radang akibat luka bakar.

Jadi itulah beberapa kegunaan daun sirih untuk kecantikan kulit yang baru saja kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Semoga bermanfaat!

Aneka Ragam Manfaat dan Khasiat Daun Sirih untuk Kecantikan KulitTitle : Aneka Ragam Manfaat dan Khasiat Daun Sirih untuk Kecantikan Kulit ~ UniksPos
Description : Tanaman sirih selalu identik dengan Indonesia. Karena sirih adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang p...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|