9.25.2014

Tips-Tips Mudah untuk Mengatasi Masalah Rambut Berminyak

Tips-Tips Mudah untuk Mengatasi Masalah Rambut Berminyak -
UniksPos -
Rambut indah, menawan, dan sehat adalah impian bagi semua orang di dunia. Namun tak semua orang dapat mewujudkannya. Untuk itu diperlukan perawatan ekstra agar rambut terhindar dari berbagai macam masalah, seperti rambut berminyak. Rambut berminyak sangat mengganggu dan sulit untuk dihindari. Jika rambut berminyak maka rambut akan terlihat kusam, lepek, dan tidak sehat. Rambut berminyak tampak seperti terlantar dan dianggap cacat pada penampilan. Namun sebenarnya, hal ini adalah salah satu proses alami. Akar rambut memiliki kelenjar sebaceous. Zat ini mengeluarkan lemak yang disebut sebum. Faktanya, sebum bermanfaat untuk rambut. Sebum menjaga rambut tetap sehat dan lembut dan menjaga rambut dari kekeringan dan kerusakan.
Tips-Tips Mudah untuk Mengatasi Masalah Rambut Berminyak
Ilustrasi Rambut Berminyak
Produksi lemak berlebih merupakan penyebab utama rambut berminyak. Lemak dapat menyumbat akar rambut dan menyebabkan kerontokan rambut dan ketombe. Beberapa penyebab produksi lemak berlebih adalah faktor keturunan, pola makan buruk, pengobatan atau perawatan yang tidak tepat. Produksi lemak juga dapat berubah seiring perubahan musim, iklim, hormonal atau stres yang berkepanjangan. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, tips mudah untuk mengatasi masalah rambut berminyak.

Salah satu manfaat baking soda adalah membersihkan minyak berlebih pada rambut. Tak hanya itu, baking soda juga menjaga pH di kulit kepala, sehingga menghindari rambut dari ketombe. Baking soda aman untuk digunakan, karena kandungannya tidak menghilangkan minyak alami di rambut. Justru akan membuat rambut menjadi lembut dan minyak yang berlebih pada rambut akan terangkat.

Secara umum, masalah utama rambut berminyak adalah ketombe. Cara mudah untuk perawatannya adalah dengan menggunakan minyak panas yang diratakan pada kulit kepala. Anda bisa menggunakan minyak minyak kelapa atau jojoba. Setelah melakukan cara tadi kemudian bilas rambut sampai bersih.

Keramas menggunakan lidah buaya. Ambil bagian dalam atau daging lidah buaya yang telah dihaluskan ke kulit kepala sambil dipijat dan diamkan selama 25-30 menit sebelum dibilas.

Hindari membalurkan kondisioner pada seluruh rambut. Sebenarnya hal ini bisa membuat kulit kepala semakin berminyak. Sebaiknya gunakan kondisioner di ujung rambut saja.

Umumnya rambut berminyak tampak berkilau, jadi hindari penggunaan gel rambut. Karena jika menggunakan gel maka rambut akan terlihat semakin berminyak dan kusam.

Cara selanjutnya untuk mengurangi kadar minyak di kulit kepala, balurkan jus atau air perasan lemon pada kulit kepala dan rambut.

Dalam memilih sampo sebaiknya gunakan sampo ringan, sebagai contohnya sampo khusus untuk rambut berminyak dan shampo khusus bayi.

Setelah keramas, bilaslah rambut dengan air dingin secara menyeluruh. Jangan menggunakan air hangat untuk membilas rambut karena dapat membuat kulit kepala jadi lebih berminyak.

Jangan terlalu sering menyisir rambut, sebab gesekan sisir pada kulit kepala dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit kepala.

Keramas secara rutin dan utamakan pencucian pada helai rambut, jangan hanya memijat kulit kepala saja. Keramas lebih awal setiap pagi merupakan cara terbaik untuk mengatasi rambut berminyak. Kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) bekerja berat pada malam hari.

Tips-Tips Mudah untuk Mengatasi Masalah Rambut BerminyakTitle : Tips-Tips Mudah untuk Mengatasi Masalah Rambut Berminyak ~ UniksPos
Description : Rambut indah, menawan, dan sehat adalah impian bagi semua orang di dunia. Namun tak semua orang dapat mewujudkannya. Untuk itu diperlukan p...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|