9.02.2014

Wow! 10 Tempat Terdingin di Dunia

Wow! 10 Tempat Terdingin di Dunia -
UniksPos -
Tinggal di iklim tropis membuat kita sering mengeluh kepanasan. Kadang saking panasnya, kita sampai sering berharap tinggal di tempat yang lebih dingin. Namun, setelah mengetahui sepuluh tempat ini, kamu pasti akan berpikir dua kali untuk tinggal di iklim dingin.
Shadows on snow
By Photos-public-domain.com [Public domain], via Wikimedia Commons
Bagaimana tidak, sebagai gambaran awal pada suhu -5°C akan membuat kita merasa menggigil dan membutuhkan baju hangat. Pada suhu -20°C, embun akan keluar dari napas Anda dan membuat cairan membeku bahkan dapat membuat Anda batuk. Selanjutnya pada suhu -35°C, udara dingin akan membuat kulit kita membeku dan dapat terancam radang dingin. Dan pada suhu -45°C akan membuat air yang sangat panas langsung membeku dan dapat diminum. Berikut ini ada beberapa tempat paling terdingin di dunia.

1. Antartika
Antarktika merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi, hampir seluruhnya terletak di Lingkar Antarktika dan dikelilingi oleh Samudra Antarktika. Kondisi kering dan jernih Antartika membuat panas terpancar ke angkasa seperti mutiara. Tempat terdingin di dunia berhasil diukur oleh satelit. Tempat ini terletak di jantung benua Antartika dan bersuhu minus 93,2 °C. Para peneliti mengatakan ini adalah angka sementara dan saat mereka berhasil memperbaiki data dari berbagai sensor thermal ruang, kemungkinan mereka akan menentukan angka yang bahkan lebih dingin. Rekor suhu terendah yang pernah tercatat sebelumnya yaitu minus 89,2 °C juga berada di Antartika. Ini adalah suhu yang sangat rendah dan sulit untuk dibayangkan. Titik ini 50 derajat lebih dingin daripada suhu di Alaska atau Siberia, dan 30 derajat lebih dingin dari puncak Klik Greenland.

2. Stasiun Vostok
Stasiun Vostok adalah stasiun penelitian Rusia yang terletak di Kutub Selatan. Stasiun ini terletak di Teritori Antarktika Australia. Di belahan bumi selatan, tak ada lagi argumen tentang tempat yang paling dingin. Ini adalah salah satu suhu paling dingin yang pernah dicatat di Vostok Station, pos penelitian Rusia di Antartika pedalaman. Pada 21 Juli, 1983, termometer mencatat suhu -89,2 °C. Menambah kesan bahwa orang-orang Rusia adalah orang-orang yang tahan dingin.

3. Oymyakon
Oymyakom adalah sebuah kota di Republik Sakha, Rusia. Kota ini terletak di bagian timur negara itu. Bermuara di Sungai Indigirka. Oymyakon  juga mengklaim menjadi tempat yang paling dingin di belahan bumi utara,. Di bahasa Sakha (suku di Rusia), Oymyakon berarti “air yang tidak membeku”, karena adanya sumber air panas di tengah-tengah permafrost (tanah yang terdapat di daerah beku, yang tidak selalu tertutup salju, CMIIW deh). Pada 26 Januari, 1926, suhu di Oymayakon mencapai -71,2 °C. Ada bantahan dengan bilangan ini karena ada ukuran yang diperoleh melalui acuan yang lebih baik daripada ukuran termometer langsung. Seperi Snag di Kanada, Oymyakon terletak pada cekungan di antara gunung-gunung, yang menjebak udara dingin. Suhu pada musim dingin sering lebih rendah yaitu 46°C atau 60°.

4. Verkhoyansk
Verkhoyansk adalah sebuah kota di Republik Sakha bermuara di Sungai Yana, terletak di Lingkaran Arktik. Letaknya 875 km dari kota Yakutsk. Kota ini dikenal adanya sungai, bandara, maupun pelabuhan. Verkhoyansk, di daerah Yakutia, Siberia, terletak dalam Lingkaran Arktik, naik mobil delapan hari dari Yakutsk. Tetapi anda hanya bisa tiba di sana pada waktu musim dingin, jika danaunya membeku, maka tidak ada jalan lain. Sebanyak 1.300 jiwa tinggal di Verkhoyansk, mereka menggunakan rusa kutub untuk menarik kendaraan. Daerah ini mempunyai sumber alam berlimpah, termasuk emas, tetapi terlalu dingin untuk mengembangkan pertambangan di sini. Suhu yang sudah dicatat di Verkhoyansk Weather Station menunjukkan rekor - 72 °C, dan suhu rata-rata selama Januari adalah - 49 °C. Sayangnya, kota dekat di samping nama Oimyakon juga mencoba mendapat hak julukan sebagai “Cold Pole”, dengan dasar rekor yang tak resmi - 78 °C. Daerah ini juga mempunyai julukan sebagai “Stalin’s Death Ring” atau cincin maut Stalin.

5. Yakutsk
Yakutsk adalah nama kota di Rusia. Letaknya berada di bagian timur Rusia. Kota ini merupakan pusat administrasi Republik Sakha. Yakutsk mempunyai jumlah penduduk sebanyak 200.000 orang dan mengklaim sebagai kota yang paling dingin di bumi. Pada Januari, suhu rata-rata -50°C. Penduduk sering membiarkan mobil mereka hidup seharian untuk menjamin mereka bisa pergi ke rumah. Juga diperingatkan untuk tidak memakai kacamata di luar ruangan, mungkin kacamata itu akan menempel di wajah dan mengoyakkan sebagian kulit bila dilepaskan.

6. North Ice Station
Berada di ketinggian 2,341 meter di atas permukaan laut. Tempat yang paling dingin di belahan bumi barat adalah Greenland, walaupun bagian ini menurut sejarah merupakan daerah yang termasuk Eropa. pada tanggal 9 Januari, 1954, Northice Research Station yang berlokasi di tengah Greenland Ice Sheet mencatat suhu -66 °C.

7. Snag
Snag merupakan suatu tempat di mana suhu paling rendah pernah dicatat di Amerika Utara. Pada 3 Februari, 1947, peramal cuaca menambah strip lagi dengan menandai di termometer, karena air raksa di bawah strip angka meteran yang paling rendah. Ketika termometer ditandai kembalai ditemukan bahwa suhunya tercatat -63°C. Di suhu-suhu serendah itu, suara orang bahkan bisa didengar sejauh empat mil. Uap nafas membeku di udara selama sampai 15 menit, membuatnya mudah untuk menemukan kemana seseorang pergi.

8. International Fall, Minnesota
International Falls terletak di Sungai Rainy seberang Fort Frances, Ontario, Kanada. Kota ini dikenal sebagai titik yang paling dingin di antara 48 negara bagiannya Amerika. Kota berpenduduk 7.000 jiwa ini mempunyai suhu rata-rata 2 °C. Suhu rata-rata selama bulan Desember, Januari, dan Februari di bawah nol. Namun kota lain, Fraser di Colorado juga mengklaim julukan kotanya sebagai “Icebox of the Nation” atau “kulkasnya Negara”. Kedua kota memperjuangkannya di pengadilan, dan keputusan terakhir dengan nomor registrasi nomor 3375139 yang dikeluarkan oleh The United States Patent and Trademark Office, International Fall berhak atas julukan ini. Sebagai tambahan suhu terendah yang pernah dicatat adalah -40°C.

9. Fort Selkirk, Yukon, Kanada
Fort Selkirk adalah mantan pos perdagangan di Sungai Yukon pada pertemuan Sungai Pelly di Kanada Yukon. Pada tahun 1950, tempat ini hampir ditinggalkan karena cuaca yang sangat ekstrim. Untungnya, karena tempat ini dapat ditinggali lagi maka upaya restorasi dapat terlihat dimana-mana. Meski demikian, hingga sekarang kota ini hanya dapat dicapai dengan kapal atau pesawat karena tidak akses jalan. Temperatur paling dingin yang pernah dicatat oleh kota ini adalah -58,9°C.

10. Umiat, Alaska
Terletak di Sungai Colville, 140 km sebelah barat daya Deadhorse di Antartika. Kota ini tidak dapat diakses melalui jalan darat atau kereta api, hanya melalui udara atau sungai. Umiat, Alaska adalah tempat yang paling dingin di Amerika Serikat, dengan suhu rata-rata -12°C. Suhu di Umiat bahkan bisa mencapai 21°C pada musim panas. Umiat tidak memiliki penduduk tetap, penduduknya berjumlah 5 orang (mungkin hanya terdiri dari para peneliti yang bekerja). Kita bisa mengikuti kondisi cuaca di sini melalui Umiat Air Field online.

Wow! 10 Tempat Terdingin di DuniaTitle : Wow! 10 Tempat Terdingin di Dunia ~ UniksPos
Description : Tinggal di iklim tropis membuat kita sering mengeluh kepanasan. Kadang saking panasnya, kita sampai sering berharap tinggal di tempat yang ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|