9.19.2014

10 Bencana Tsunami Terbesar dalam Sejarah Dunia

10 Bencana Tsunami Terbesar dalam Sejarah Dunia -
UniksPos -
Tsunami adalah perpindahan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dan secara tiba-tiba. Tsunami merupakan salah satu fenomena alam yang menyebabkan naiknya gelombang air laut ke daratan dengan kecepatan dan volume yang besar. Bisanya peristiwa ini di picu oleh gempa bumi terlebih dahulu. Dampak negatif yang diakibatkan tsunami adalah merusak apa saja yang dilaluinya. Bangunan, tumbuh-tumbuhan, dan mengakibatkan korban jiwa manusia serta menyebabkan genangan, pencemaran air asin lahan pertanian, tanah, dan air bersih.
10 Bencana Tsunami Terbesar dalam Sejarah Dunia
Ilustrasi Tsunami
Tsunami dapat terjadi jika ada gangguan yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air, seperti letusan gunung api, gempa bumi, longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi. Namun, 90% tsunami adalah akibat gempa bumi bawah laut. Berikut ini kami rangkum 10 tsunami terbesar dalam sejarah dunia.

1. Indonesia
Pada 26 Desember 2004, Aceh di timpa dua gempa kolosal masing-masing berkekuatan 9.1 dan 9.3 skala richter. Disusul dengan tsunami yang melenyapkan 230 ribu jiwa dan menyebabkan lempeng bumi bergeser sebanyak lebih dari setengah inci.

2. Papua New Guinea
Pada 17 juli 1998, diawali gempa berkekuatan 7.1 skala Richter lalu disusul dengan tsunami yang melenyapkan 2200 jiwa.

3. Filipina
Tsunami yang terjadi pada 23 Agustus 1976, di barat daya Filipina ini telah melenyapkan 8 ribu jiwa setelah sebelumnya di guncang gempa bumi.

4. Amerika Serikat
Gempa bumi yang terjadi pada 27 Maret 1964, disebut Good Friday Alaska berkekuatan 8.4 skala richter dengan kecepatan 400 mill/jam dan menghasilkan tsunami setinggi 67 meter dan melenyapkan lebih dari 120 jiwa.

5. Chili
Tsunami yang terjadi pada 22 Mei 1960, menerjang pantai chili dengan waktu kurang dari 15 menit yang di akibatkan oleh gempa berskala 8.4 richter itu menciptakan gelombang laut setinggi 25 meter dan melenyapkan 1500 orang di chili dan Hawaii.

6. Alaska
Tsunami terbesar di dunia selanjutnya berawal dari gempa berskala 8.3 richter yang terjadi di teluk Lituya Alaska, pada 9 Juli 1958. Akibat gempa ini tercipta gelombang laut dan tsunami yang menenggelamkan satu perahu dan melenyapkan dua orang pelaut.

7. Hawaii
Tsunami yang bertepatan dengan april fool ini awalnya dipicu oleh gempa bumi di Alaska pada 1 April 1946, dan melenyapkan 159 orang. Umumnya para korban kebanyakan berada di Hawaii.

8. Jepang
Gempa bumi disusul oleh tsunami setinggi 30 meter pada 15 Juni 1896, berhasil menyapu bersih pantai timur di jepang dan sebanyak 27 ribu jiwa menjadi korbannya.

9. Indonesia
Jauh sebelum gempa bumi yang terjadi di Aceh, di awali dengan letusan gunung Krakatau yang akhirnya memicu tsunami dan langsung menenggelamkan 36 ribu penduduk pulau jawa bagian barat dan utara Sumatra. Kekuatan gelombang tsunami yang terjadi pada 27 Agustus 1883, juga mengakibatkan 600 ton blok terumbu karang terdorong hingga ke pantai.

10. Portugal
Setelah di timpa oleh Gempa bumi kolosal yang melanda kota Lisbon dan pegunungan eropa, banyak orang berbondong-bondong menyelamatkan diri dengan naik perahu. Sialnya tsunami yang terjadi pada 1 November 1755, sangat mengerikan secara simultan dan telah melenyapkan 60 ribu jiwa.

10 Bencana Tsunami Terbesar dalam Sejarah DuniaTitle : 10 Bencana Tsunami Terbesar dalam Sejarah Dunia ~ UniksPos
Description : Tsunami adalah perpindahan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dan secara tiba-tiba. Tsunami merupakan salah ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|