9.19.2014

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jamur Tiram bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jamur Tiram bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Apakah Anda pernah mengkonsumsi Jamur Tiram? Gimana rasanya pasti enak ya. Banyak varian untuk mengolah jamur tiram ini, salah satunya yaitu Tongseng Jamur Tiram. Jamur ini bisa dengan mudah ditemukan di pasar, karena di Indonesia banyak usaha budidaya jamur tiram. Selain itu, olahan jamur tiram juga bisa ditemukan di warung kecil seperti warteg.
Pleurotus ostreatus Eglinton
By Rosser1954 Roger Griffith (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Menurut Wikipwdia, Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.

Jamur Tiram bisa dibilang makanan alami yang enak, sehat, dan menyehatkan. Kenapa? karena jamur tiram di budidayakan tanpa menggunakan bahan kimia seperti pestisida, pupuk dan bahan-bahan lainnya. Oleh karena itu, kita sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi jamur tiram kaya manfaat dan sangat menyehatkan ini. Lantas apa sajakah kandungan nutrisi yang terdapat pada Jamur Tiram? Jamur tiram ini banyak mengandung air, kalori, karbohidrat, protein, thiamina, riboflavin, vitamin C, dan mineral. Semua nutrisi ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Jamur tiram kaya serat, juga bisa menjadi makanan diet bagi anda yang sedang berdiet. Selain itu, jamur tiram sangat kaya akan kalium, fosfor, natrium, kalsium, dan magnesium yang sangat penting untuk tubuh. Jamur Tiram juga banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit mulai dari diabetes, lever, dan lainnya. Berikut ini kami rangkum beberapa manfaat jamur tiram bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah penyakit jantung
Mengapa jamur tiram ini bisa mencegah penyakit jantung? Karena unsur thiamina yang terdapat pada jamur ini berguna untuk membantu produksi neurotransmitter acetylcholine yang sering digunakan sebagai media penyampaikan pesan antara sistem syaraf dan otot untuk memastikan kerja jantung yang baik dan sempurna, sehingga jika kita kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan gangguan pada jantung. Berdasarkan sebuah riset menunjukkan bahwa orang yang memiliki gangguan pada sistem kerja jantung bisa kembali normal lagi setelah diberikan tambahan nutrisi thiamina selama 7 hari. Selain itu, vitamin C yang terkandung pada jamur ini dapat menghilangkan aterosklerosis yang berada di dalam jantung. Aterosklerosis merupakan suatu keadaan dimana arteri jantung menebal dan bisa meningkatkan terjadinya penyakit jantung karena darah menjadi tidak lancar.

2. Mencegah diabetes
Vitamin C yang terkandung pada jamur tiram mampu untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh dan mencegah efek buruk dari diabetes pada penderitanya. Salah satu cara untuk mencegah diabetes adalah mengkonsumsi jamur ini secara rutin. Jamur ini juga mengandung magnesium yang berfungsi untuk mengatur tingkat kadar gula dalam darah. Magnesium memberikan kontribusi terhadap pasien diabetes, karena mineral ini membantu untuk meningkatkan reaksi insulin untuk menjaga tingkat gula darah. Magnesium membantu mengatur kadar gula darah, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah yang normal. Hipertensi merupakan salah satu faktor utama penyebab penyakit jantung. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi biasanya kekurangan magnesium. Oleh karena itu, konsumsi jamur tiram sangat penting bagi mereka untuk menghindari komplikasi medis.

3. Mengoptimalkan fungsi otak
Bila kita mengkonsumsi jamur tiram secara teratur, maka akan membantu untuk mengoptimalkan kerja otak. Hal ini tentunya terkait dengan adanya kandungan thiamina yang terdapat pada jamur ini. Tubuh kita juga memanfaatkan mineral fosfor untuk membangun dan memelihara jaringan otak. Jamur tiram adalah salah satu sumber fosfor. Kecukupan mineral ini dapat membantu aktivitas otak untuk berpikir dan mengingat.

4. Mencegah jerawat
Tahukah anda ternyata riboflavin ini juga mempunyai manfaat untuk mencegah pertumbuhan jerawat karena vitamin ini dapat meningkatkan keluarnya lendir atau minyak pada kulit sehingga akan berkurangnya jumlah jerawat pada wajah.

5. Menjaga sistem imun tubuh
Riboflavin yang terdapat pada jamur tiram juga Bermanfaat dalam menjaga sistem imun tubuh yaitu dengan cara memperkuat antibodi dalam tubuh dengan cara memperkuat jaringan pertahanan kita terhadap bakteri penyakit berbahaya.

6. Menjaga kesehatan mata
Ternyata tidak hanya Vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata, riboflavin yang terdapat pada jamur ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata hanya saja fungsi Vitamin A untuk kesehatan mata jauh lebih besar dibandingkan dengan vitamin ini. Selain itu, riboflavin juga berguna untuk mencegah mata dari penyakit katarak dan mata lelah yang bisa menyebabkan penyakit glaukoma.

7. Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian mendadak pada orang yang menderitanya. Mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang dianjurkan secara rutin dapat mengontrol tekanan darah.

8. Mencegah kanker
Ini adalah salah satu manfaat jamur tiram, karena didalamnya terkandung vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah kanker. Asupan jamur tiram yang cukup dapat memiliki risiko lebih rendah terkena kanker. Bahkan ada beberapa riset mengindikasikan bahwa fungsi vitamin C dapat dijadikan sebagai toksin bagi sel-sel kanker tertentu.

9. Memperbaiki kulit
Vitamin C yang terdapat pada jamur tiram kaya akan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Antioksidan ini berfungsi untuk menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat paparan sinar matahari. Selain itu, asupan vitamin C yang digabungkan dengan bahan lainnya dapat memperbaiki beberapa tanda-tanda penuaan termasuk garis-garis halus, pigmentasi yang tidak merata, warna dan tekstur kulit.

10. Mencegah asma
Pasien asma kronis mungkin dapat menormalkan napas mereka dengan bantuan suplemen magnesium, yang membantu dalam relaksasi otot-otot bronkus dan menormalkan pernapasan. Jamur tiram adalah sumber magnesium bagi penderita asma. Bahkan sesak napas dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi jamur tiram secara rutin.

11. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Berdasarkan hasil studi menunjukkan adanya kaitan positif antara makanan yang kaya akan mineral kalium dan kesehatan tulang. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa konsumsi makanan yang kaya kalium seperti jamur tiram, dapat mencegah tulang keropos dan menyehatkan gigi. Selain itu, mineral fosfor yang terkandung di dalam jamur tiram juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

12. Menu diet yang sehat
Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan juga bisa mengonsumsi Jamur Tiram ini karena banyak mengandung serat.

Demikian beberapa manfaat dan kandungan gizi jamur tiram. Nah, bagi anda yang ingin mencoba mengkonsumsi jamur tiram, banyak varian yang bisa diolah dengan bahan utama jamur tiram, bisa diolah menjadi sate jamur, tongseng jamur, oseng jamur, jamur krispy, krupuk jamur dan kreasi masakan lainnya yang sesuai dengan selera anda.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jamur Tiram bagi Kesehatan TubuhTitle : Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jamur Tiram bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Apakah Anda pernah mengkonsumsi Jamur Tiram? Gimana rasanya pasti enak ya. Banyak varian untuk mengolah jamur tiram ini, salah satunya yait...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|