5.26.2014

7 Pemicu Kerusakan Otak

7 Pemicu Kerusakan Otak -
UniksPos -
Otak adalah struktur pusat pengaturan yang terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak manusia mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Selain itu, otak juga bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Seakan kurang, otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak mempengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Jika manusia diibaratkan sebuah komputer, otak adalah prosesornya. 
7 Pemicu Kerusakan Otak

Namun tanpa kita sadari, ternyata setiap harinya otak bisa mengalami kerusakan dari kebiasaan hidup sehari-hari. Otak adalah organ tubuh penting yang merupakan pusat pengendali sistem saraf pusat, juga sebagai penyalur energi terbesar bagi tubuh. Meski ukuran otak hanya sebesar 2 persen dari keseluruhan berat badan manusia, tapi seluruh kegiatan tubuh dikontrol olehnya. Artinya jika berat badan seseorang 60 kilogram, maka berat otaknya sekitar 1,2 kilogram. Hampir 75 persen otak manusia terdiri atas air. Hanya sekitar 10 persen fungsi otak yang difungsikan oleh manusia, dengan demikian seharusnya masih banyak potensi otak yang belum diolah oleh manusia. Apalagi kekuatan kompetensi otak adalah sekitar 1013 hingga 1016 operasi per detik. Karenanya, otak perlu dijaga dan dirawat, jika tidak penyakit-penyakit yang merusak otak pun bisa terjadi. Berikut ini ada tujuh pemicu kerusakan pada jaringan otak, antara lain: 

1. Menutup kepala saat tidur
Tidur dengan kepala ditutup bantal sebagai contohnya, ternyata dapat meningkatkan konsentrasi karbondioksida ke otak. Saat bernafas dengan kepala tertutup, karbondioksida hasil bernafas akan masuk kembali ke dalam tubuh dan hal itu sangat berbahaya. 

2. Kurang tidur
Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Tidur akan membuat otak beristirahat. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama sama saja dengan membunuh sel otak perlahan-lahan karena otak terus dipaksa untuk tetap menyala padahal otak juga butuh istirahat. 

3. Polusi udara
Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti. Otak adalah organ yang mengkonsumsi oksigen paling banyak dari tubuh. Menghirup udara yang penuh polusi akan mengurangi suplai oksigen ke otak dan akhirnya mengurangi efisiensi otak dalam bekerja. 

4. Konsumsi gula berlebih
Gula merupakan suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Terlalu banyak mengkonsumsi gula akan mengganggu proses penyerapan protein dan nutrisi sehingga tubuh akan mengalami kekurangan gizi (malnutrisi) dan akhirnya mengganggu perkembangan otak. 

5. Makan berlebihan
Makan adalah kebutuhan bagi setiap individu, namun sikap yang terlalu berlebihan bisa mengeraskan pembuluh darah di otak yang akhirnya dapat menurunkan kekuatan mental. 

6. Tidak sarapan
Mereka yang tidak sarapan akan memiliki kadar gula darah yang rendah. Hal ini akan memicu ketidakcukupan nutrisi pada otak padahal otak butuh nutrisi yang cukup untuk tetap bisa bekerja. Akibat kurang suplai nutrisi terutama glukosa, akhirnya kemampuan otak akan cepat menurun.

7. Jarang berkomunikasi
Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

7 Pemicu Kerusakan OtakTitle : 7 Pemicu Kerusakan Otak ~ UniksPos
Description : Otak adalah struktur pusat pengaturan yang terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak manusia mengatur dan mengkordinir sebagian bes...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews
-->