5.30.2014

Wow! Lift-Lift Keren dan Unik di Dunia

Wow! Lift-Lift Keren dan Unik di Dunia -
UniksPos -
Jenis alat transportasi vertikal yang efisien menggerakkan orang atau barang antar lantai bertingkat atau deck dari sebuah bangunan, kapal atau struktur lainnya disebut sebagai lift atau elevator. Sebenarnya lift memiliki fungsi yang sederhana, mengambil penumpang dari satu lantai ke lantai lain dengan aman. Namun seiring berjalannya sang waktu, hal itu tidak berarti bahwa lift dibuat dengan beberapa model saja. Sebab menara lift untuk transportasi perkotaan dan desain modern dapat menarik perhatian besar. Oleh karena keunikannya, lift terlihat tidak biasa dan memiliki pengalaman transportasi yang berbeda bagi para penumpannya.
Wow! Lift-Lift Keren dan Unik di Dunia
Wow! Lift-Lift Keren dan Unik di Dunia
Usut punya usut dari berbagai lift yang pernah dibuat, ternyata ada beberapa lift yang tampak unik. Anda penasaran? Berikut ini lima lift keren dan unik di dunia. Mari kita simak bersama-sama!

1. Asansor, Turki
Asansör (yukarıdan)
By Yılmaz Uğurlu (metoikos_) from İzmir, Turkey (Flickr) [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Sebuah menara dengan lift, merupakan struktur bersejarah di Izmir (Turki). Dibangun pada tahun 1907 di bukit. Lift yang ada didalam bangunan ini digunakan untuk membawa orang dan barang melalui tebing curam antara dua bagian dari kuartal. Saat ini, jalan kecil yang mengarah ke gedung juga kemudian dikenal dengan nama yang sama, Asansor Street.

2. Falkirk Wheel, Skotlandia
Falkirk Wheel in rotation - geograph.org.uk - 66466
Lift Falkirk adalah lift kapal putar yang berada di kota Falkirk Skotlandia. Lift kapal ini menghubungkan Forth dan Clyde Canal dengan Union Canal, untuk mengatasi perbedaan ketinggian 24 meter sehingga memungkinkan koneksi perairan pedalaman antara kota Edinburgh dan Glasgow. Dibuka pada tahun 2002, dengan diameter roda keseluruhan mencapai 35 meter. Kedua tanki memiliki kapasitas 600 ton air. Falkirk Wheel merupakan satu-satunya lift kapal putar dari jenisnya yang ada di seluruh dunia dan dianggap sebagai tonggak teknis Skotlandia.

3. Gateway Arch Lift, Amerika
St Louis Gateway Arch
By Bev Sykes from Davis, CA, USA (Flickr) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Gateway Arch adalah monumen setinggi 192 meter di St Louis, negara bagian AS di Missouri. Dibalut stainless steel yang dibangun berbentuk lengkungan pipih, dan dianggap sebagai monumen tertinggi buatan manusia di Amerika Serikat. Selain itu, bangunan ini juga merupakan yang tertinggi di Missouri, dan lengkungan tertinggi di dunia. Sebenarnya bangunan ini merupakan sebuah monumen untuk ekspansi dunia barat dari Amerika Serikat. Monumen ini adalah pusat dari Memorial ekspansi Nasional Jefferson dan telah menjadi simbol internasional yang terkenal dari St Louis. 

Untuk menuju puncak Arch, penumpang masuk ke sebuah ruangan berbentuk telur yang jumlah maksimalnya sebanyak 5 orang. Perjalanan ke puncak Arch menempuh waktu empat menit, dan perjalanan kembali memakan waktu tiga menit. Pintu mobil memiliki panel kaca yang sempit, yang memungkinkan penumpang untuk melihat tangga interior dan struktur Arch selama perjalanan.

4. Globen Skyview, Swedia
Globen SkyView 15
By kallerna (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Globen Skyview adalah gondola lift dibangun di sisi selatan Ericsson Globe, Stockholm. Globe Ericsson saat ini adalah bangunan setengah bola terbesar di dunia dan mengambil dua setengah tahun untuk membangun. Berbentuk seperti bola putih raksasa, memiliki diameter 110 meter dan tinggi bagian dalam mencapai 85 meter.
Globen SkyView 5
By kallerna (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Tinggi lift adalah 100 meter dan terdiri dari dua kabin bola yang memungkinkan para pengunjung bisa naik sampai ke puncak Globe, yang berjarak sekitar 130 meter di atas permukaan laut. Proyek ini dimulai pada tahun 2004 dan dibuka pada bulan Februari 2010. Pada tahun pertama dibuka, sekitar 160.000 orang telah menaiki lift ini.

5. Hammetschwand Lift, Swiss
Luzern Bürgenstock Hammetschwand lift
By Leiju (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Ini adalah lift eksterior tertinggi Eropa dan terletak di Swiss. Hammetschwand Lift menghubungkan jalur batu spektakuler dengan mencari titik Hammetschwand di dataran tinggi Bürgenstock menghadap Danau Lucerne. Hotel resort Buergenstock terletak di ketinggian 847 meter dan telah menjadi tempat liburan populer sejak 1872. Lift dibangun dan dibuka oleh Grup Schindler. Hammetschwand Lift dapat mengangkut penumpang hingga ke puncak setinggi 153 meter hanya dalam waktu kurang dari satu menit. Hal itu dianggap sebagai suatu prestasi pertama dan masih merupakan pemegang rekor, karena lift Hammetschwand memegang posisi nomor satu sebagai lift eksterior tertinggi di Eropa. 

Wow! Lift-Lift Keren dan Unik di DuniaTitle : Wow! Lift-Lift Keren dan Unik di Dunia ~ UniksPos
Description : Jenis alat transportasi vertikal yang efisien menggerakkan orang atau barang antar lantai bertingkat atau deck dari sebuah bangunan, kapal ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews