5.31.2014

Unik, Hewan-Hewan Menakjubkan yang Transparan

Unik, Hewan-Hewan Menakjubkan yang Transparan -
UniksPos -
Tak bisa dipungkiri jika dunia hewan memang penuh dengan makhluk unik dan menakjubkan, beberapa makhluk menggunakan teknik kamuflase sebagai teknik berburu atau mekanisme pertahanan dan beberapa yang paling menarik kuhususnya adalah binatang yang transparan. Transparansi adalah sifat fisik unik yang dapat ditemukan di dunia hewan. Ada banyak hal menarik tentang transparansi, termasuk tujuan dan mekanisme yang mendasarinya. Ada yang sebagian atau seluruhnya tembus pandang, diperkirakan untuk membantu mereka agar terhindar dari predator atau pemangsa. Ada banyak jenis spesies yang transparan dan beberapa makhluk tersebut dapat ditemukan di darat dan di air.
Unik, Hewan-Hewan Menakjubkan yang Transparan
Unik, Hewan-Hewan Menakjubkan yang Transparan
Jika Anda sedang mencari tahu tentang hewan-hewan transparan yang ada di dunia, ada baiknya untuk memantau hewan-hewan transparan paling unik dan menakjubkan berikut ini. Mari kita simak bersama-sama!

1. Ubur-ubur (Jellyfish)
Aurelia aurita 1
© Hans Hillewaert / CC-BY-SA-3.0via Wikimedia Commons
Jellyfish atau Ubur-ubur, adalah sejenis binatang laut yang termasuk dalam kelas Scyphozoa. Tubuhnya berbentuk payung berumbai, dapat membuat gatal pada kulit bila tersentuh. Mereka merupakan hewan laut yang terdiri dari lonceng berbentuk payung agar-agar dan trailing tentakel. Bel dapat berdenyut untuk bergerak, sementara tentakel menyengat dapat digunakan untuk menangkap mangsa. Ubur-ubur bisa dengan mudah ditemukan di setiap laut, mulai dari permukaan sampai ke dalam laut. Beberapa ubur-ubur menghuni air tawar. Kadang-kadang, ubur-ubur yang umum di wilayah pesisir di seluruh dunia sering berwarna-warni. Diperkirakan, ubur-ubur telah menjelajahi lautan selama 500 juta tahun, dan mungkin 700 juta tahun atau lebih, membuat mereka dianggap sebagai hewan multi organ tertua di bumi. Mungkin jenis yang paling terkenal dari binatang transparan adalah ubur-ubur. Banyak jenis ubur-ubur transparan berenang bebas seperti phylum Cnidaria, suatu sifat yang membuat mereka kadang-kadang berbahaya karena sengatan yang dapat mematikan, dan mengejutkan perenang. Tubuh transparan mereka juga membuat mereka di antara binatang yang paling elegan dan indah di laut.

2. Kupu-kupu Sayap Transparan (Glasswing butterfly)
Greta Oto (Glasswing) Butterfly (5469322851)
By Scott Wylie from UK (FlickrUploaded by Jacopo Werther) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Glasswinged butterfly (Greta oto) adalah kupu-kupu sikat-kaki, dan merupakan anggota dari subfamili Danainae, suku Ithomiini, subtribe Godyridina. Kupu-kupu ini memiliki sayap transparan, yang lebarnya dapat mencapai 5,6 hingga 6,1 sentimeter. Nama kupu-kupu yang paling umum dalam bahasa Inggris adalah kupu-kupu glasswinged, dan nama Spanyol adalah "espejitos", yang berarti "cermin kecil". Memang, jaringan antara urat sayapnya terlihat seperti kaca, karena tidak memiliki sisik berwarna yang ditemukan di kupu-kupu lainnya. Perbatasan buram sayapnya coklat tua, terkadang diwarnai dengan merah atau oranye, dan tubuhnya gelap dalam warna. Kupu-kupu dewasa dianggap beracun, tetapi racun mematikan mereka dari jenis jantan karena makan pada bunga yang mengandung alkaloid pyrrolizidine, unsur ini diubah menjadi feromon oleh jantan dan digunakan untuk menarik betina.

3. Salpa
Salp
By Lars Plougmann from London, United Kingdom [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Salp (salps) atau Salpa (salpas) adalah gentong, berkulit plankton. Bergerak dengan cara berkontraksi, yaitu memompa air melalui tubuh agar-agar nya. Air dipompa ke dalam filter makanan melalui fitoplankton mereka. Pada umumnya mereka hidup di khatulistiwa, sedang, dan laut dingin, di mana mereka dapat dilihat berenang di permukaan, baik sendiri atau berkelompok. Biasanya yang paling banyak garam di Southern Ocean (dekat Antartika). Mereka kadang-kadang membentuk kawanan besar, seringkali di perairan dalam, dan bahkan lebih banyak daripada krill.

4. Barreleye
Barreleyes, juga dikenal sebagai ikan hantu (nama ini juga diterapkan pada beberapa spesies chimaera), adalah ikan laut argentiniform kecil yang terdiri dari keluarga Opisthoproctidae ditemukan di perairan tropis hingga yang beriklim dingin di Atlantik, Pasifik, dan Samudra India. Ikan ini diberi nama demikian karena mata gentong mereka tubular, yang umumnya diarahkan ke atas untuk mendeteksi keberadaan mangsanya. Namun menurut Robison dan Reisenbichler, ikan ini juga mampu mengarahkan mata mereka ke depan. Barreleye juga dikenal sebagai spook fish, merupakan ikan laut termasuk dari keluarga Opisthoproctidae dan dapat ditemukan di perairan tropis beriklim di Atlantik, Pasifik, dan bahkan di Samudra India. Ikan yang luar biasa ini mungkin makhluk paling aneh yang pernah ditemukan bersembunyi di laut dalam. Kadang-kadang disebut "ikan hantu," tidak diragukan lagi karena penampilannya yang aneh, barreleye memiliki kepala yang benar-benar transparan.

5. Katak Transparan (Glass frogs)
Cricket Glass Frog - Hylinobatrachium colymbiphyllum
By Brian Gratwicke [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Katak transparan atau glassfrogs, adalah sejenis katak dari keluarga amfibi Centrolenidae (order Anura). Sementara latar belakang warna umum kebanyakan berwarna hijau terang, kulit perut dari beberapa jenis spesies sangat transparan, dan organ mereka dapat terlihat dari bawah. Sebab memiliki jeroan intern, termasuk jantung, hati, dan saluran pencernaan yang terlihat transparan. Spesies ini pertama kali dijuluki sebagai Centrolenidae "raksasa" Centrolene geckoideum, dinamai oleh Marcos Jiménez de la Espada pada tahun 1872, berdasarkan spesimen yang dikumpulkan di timur laut Ekuador. Beberapa spesies yang berbeda ditemukan di tahun-tahun berikutnya oleh herpetologis (termasuk GA Boulenger, GK Noble, dan EH Taylor), tetapi dikelompokan dengan katak pohon dalam genera Hylella atau Hyla. Mereka ditemukan di hutan Amerika Tengah dan Selatan. Hewan unik ini sebagian besar arboreal, yang berarti hidup di pepohonan.

Unik, Hewan-Hewan Menakjubkan yang TransparanTitle : Unik, Hewan-Hewan Menakjubkan yang Transparan ~ UniksPos
Description : Tak bisa dipungkiri jika dunia hewan memang penuh dengan makhluk unik dan menakjubkan, beberapa makhluk menggunakan teknik kamuflase sebaga...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews