5.31.2014

5 Jalan Raya Paling Rumit di Dunia

5 Jalan Raya Paling Rumit di Dunia -
UniksPos -
Di dunia ini ada banyak bentuk persimpangan atau bundaran lalu lintas, biasanya dikendalikan oleh lampu lalu lintas atau sinyal, ini merupakan persimpangan jalan yang umum. Akan tetapi, ternyata ada beberapa jenis persimpangan jalan di berbagai belahan dunia yang dibuat tidak biasa. Jalan-jalan ini dibuat dengan jalur bersusun-susun, di mana lalu lintas melewati atas atau di bawahnya. Tujuannya yaitu memudahkan lalu lintas langsung dan mencegah konflik dengan memanfaatkan pemisah. 

Tak tanggung-tanggung, bahkan jalan raya ini memiliki 3 hingga 4 jalur atau lebih berkumpul di satu titik persimpangan. Jalur-jalur lalu lintas yang berlapis-lapis ini membuat jaringan terlihat sangat rumit, tapi memungkinkan kelancaran arus lalu lintas. Adapun konstruksi jalan raya ini dibangun dengan berbagai desain seperti lingkaran, jalan layang atau bundaran. Namun demikian untuk membangunnya dibutuhkan area yang lebih luas. Ada banyak jalur lalu lintas seperti ini, berikut ini ada lima jalan raya paling rumit di berbagai belahan dunia. Mari kita simak bersama-sama.

1. Judge Harry Pregerson Interchange, California
5 Jalan Raya Paling Rumit di Dunia
By User Koyaanis Qatsi on en.wikipedia [Public domain], via Wikimedia Commons
The Judge Harry Pregerson Interchange adalah persimpangan jalan dekat Athena dan Watts communities of Los Angeles, California. Ini adalah jalur tersibuk dan sangat rumit. Meskipun jalur ini memungkinkan lalu lintas masuk dari segala arah untuk keluar ke segala arah, tapi pertukaran ini juga terdiri dari penghubung langsung ke HOV, jalur Metro Green Line, dan terminal transit, yang kesemua jalurnya menjulang, memaksakan struktur jalur yang rumit. Dibuka untuk 105 jalur antarkota pada tahun 1993, persimpangan ini dinamai Harry Pregerson, seorang hakim federal lama yang memimpin gugatan mengenai pembangunan I-105 freeway itu. 

2. Vaanplein, Belanda
Vaanplein01
By Milliped (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
The Vaanplein atau Knooppunt Vaanplein adalah persimpangan jalan di provinsi Holland Selatan, Belanda. Dibuka pada tahun 1977 sebagai pusat kincir angin, kini seluruhnya telah direnovasi dan berubah, bertepatan dengan pembangunan Pelabuhan Rotterdam Railway (bagian dari Betuweroute). Jalan ini diberi nama oleh mantan pertanian, De Vaan, yang Dordtsestraatweg. Pertanian ini dulu milik keluarga Vaandrager. Persimpangan ini dibuat dalam berbagai bentuk. Ada dua struktur pusat penting, flyover dari Barendrecht dan Spijkenisse ke Rotterdam, yang juga menjalankan arah lalu lintas dari Rotterdam Ridderkerk. Tingginya sekitar 1 meter di atas permukaan laut.

3. Puxi Viaduct Shanghai, China
Viaduct in Puxi, Shanghai
By Alex Needham di Wikipedia bahasa Inggris (Transferred from en.wikipedia to Commons.) [Public domain], via Wikimedia Commons
Puxi adalah pusat bersejarah di Shanghai, Cina, dan menjadi rumah bagi 48% penduduk Shanghai di area seluas 288 kilometer persegi. Puxi dan Pudong timurnya dipisahkan oleh Sungai Huangpu. Meskipun semakin pentingnya Lujiazui daerah Pudong, Puxi tetap menjadi pusat budaya, perumahan dan komersial Shanghai. Secara administratif, Puxi terdiri dari sejumlah kabupaten termasuk Yangpu, Hongkou, Huangpu, Putuo, Changning, Xuhui, Jing'an dan Huangpu. Di kota ini terdapat Puxi Viaduct, yaitu jalur spiral yang mengarah ke Jembatan Nanpu di Shanghai, adalah salah satu yang terbesar di dunia. Uniknya, persimpangan ini memiliki enam tingkat pertukaran jalur. Sehingga dengan konstruksi yang luar biasa ini membuatnya menjadi keajaiban teknik arsitektur modern.

4. Gravelly Hill Interchange, Inggris
Spaghetti-Junction-Crop
By Original - Highways Agency [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Spaghetti Junction adalah pertukaran lalu lintas jalan yang rumit atau besar-besaran yang terhubung menyerupai sepiring spaghetti. Istilah ini awalnya digunakan untuk merujuk pada serak Hill Interchange di jalan tol M6 di Birmingham, Inggris. Luasnya, meliputi 30 hektar dengan belasan rute yang berbeda. Jalur ini melayani 18 rute dan meliputi 4 km jalan slip. Di 6 tingkatan yang berbeda, ada 559 kolom beton, tingginya mencapai 24,4 meter. Para insinyur harus mengangkat 13,5 kilometer dari jalan raya untuk mengakomodasi jalur kereta api 2, 3 kanal, dan 2 sungai. Ini pertemuan yang paling rumit di Inggris. Nama Spaghetti Junction diciptakan oleh Roy Smith, seorang wartawan dari Birmingham Evening Mail pada 1970-an.

5. High Five Interchange in Dallas, US
High Five
The High Five Interchange adalah tumpukan persimpangan lima tingkat yang dibangun di Dallas, AS. Terletak di persimpangan dari Lyndon B. Johnson Freeway (Interstate 635, I-635) dan Expressway Tengah (US Highway 75, US 75), menggantikan persimpangan daun semanggi parsial kuno yang dibangun pada tahun 1960. Pembangunannya dimulai pada 2002 dan selesai pada Desember 2005. Dirancang oleh HNTB Corporation dan dibangun oleh Zachry Konstruksi Corporation. Persimpangan  tersebut dianggap oleh Popular Mechanics menjadi salah satu "18 Jalanan Aneh di Dunia" karena ketinggiannya (setinggi gedung 12 lantai), 37 jembatan permanen dan desain serta konstruksi fitur yang tidak biasa lainnya. Pada tahun 2006, American Association Pekerjaan resmi dibernama High Five Interchange sebagai "Public Works Project of the Year."

5 Jalan Raya Paling Rumit di DuniaTitle : 5 Jalan Raya Paling Rumit di Dunia ~ UniksPos
Description : Di dunia ini ada banyak bentuk persimpangan atau bundaran lalu lintas, biasanya dikendalikan oleh lampu lalu lintas atau sinyal, ini merupa...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews