5.11.2014

5 Jenis Tanaman yang Berguna untuk Mengusir Nyamuk

5 Jenis Tanaman yang Berguna untuk Mengusir Nyamuk -
UniksPos -
Mosquito atau yang lazim kita sebut nyamuk adalah hewan yang mempunyai dua sayap dengan tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang. Sebagian nyamuk mampu menyebarkan penyakit protozoa seperti malaria, penyakit filaria seperti kaki gajah, dan penyakit bawaan virus seperti demam kuning, demam berdarah dengue, encephalitis, dan virus Nil Barat. Jika punya masalah dengan nyamuk, setidaknya jenis-jenis tanaman ini bisa mengatasi masalah Anda. Sebab kelima tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk.

1. Bunga Lavender
5 Jenis Tanaman yang Berguna untuk Mengusir Nyamuk

Ini adalah jenis tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang memiliki 25 hingga 30 spesies. Asal muasal tumbuhan ini adalah dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Tanaman ini bergerombol di ujung tangkai. Mereka menghiasi padang rumput di kaki pegunungan Alpen indah sekali. Tapi nyamuk sangat tidak suka, sebab aroma bunga ini membuat nyamuk pusing. Kenapa? Sebab bunga lavender mengandung zat linalool dan lynalyl acetate. Kedua zat ini bisa diperoleh dari proses penyulingan hingga bisa dibuat menjadi anti nyamuk. Apakah kita harus menyuling bunga lavender? Wah repot dong, kita cukup menanamnya di pot atau tanah di dekat jendela kamar kita.

2. Citrosa Mosquito
5 Jenis Tanaman yang Berguna untuk Mengusir Nyamuk

Pelargonium 'citrosum' adalah subshrub abadi dengan daun wangi seperti sereh. Pelargonium 'citrosum' dipasarkan sebagai "tanaman nyamuk" atau "citrosa geranium" di toko-toko di Amerika Serikat dan Kanada. Tumbuhan ini adalah musuh nyamuk dan sangat menyukai sinar matahari. Cara merawatnya cukup mudah dan tidak memerlukan perlakuan khusus, hanya dengan air dan pupuk. Uniknya, ketika disentuh maka tumbuhan ini mengeluarkan bau lemon yang sangat kuat yang akan mengusir serangga.tumbuhan ini berasal dari belanda.

3. Zodia
5 Jenis Tanaman yang Berguna untuk Mengusir Nyamuk

Ini adalah tumbuhan yang masih tergolong dari saku jeruk-jerukan dan merupakan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua, tapi kini tanaman zodia telah mulai dibudidayakan di berbagai tempat. Orang Papua terbiasa menggosok kulit mereka dengan dedaunan tertentu sebelum masuk ke hutan. Maksudnya agar terhindar dari serangan serangga, khususnya nyamuk. Daun-daun tersebut berasal dari tanaman yang disebut zodia (Evodia suaveolens).

4. Serai Wangi
5 Jenis Tanaman yang Berguna untuk Mengusir Nyamuk

Sereh ada dua macam, satu Sereh biasa untuk menyayur dan yang kedua sereh wangi yang sangat berguna untuk kesehatan. Sereh wangi bisa dijadikan minyak urut. Untuk tanaman sereh wangi (Cymbopogon nardus L.,) dalam dunia perdagangan dikenal dua tipe minyak sereh wangi, yaitu tipe Ceylon dan tipe Jawa (Indonesia). Tipe Ceylon kebanyakan diproduksi di Srilanka, sedangkan tipe Jawa diproduksi selain di jawa juga di beberapa negara lain seperti Cina, Honduras dan Guatemala. Serai telah dikenal sebagai salah satu bahan yang sering digunakan sebagai bumbu masak, tetapi ada manfaat lain yang tidak kalah penting yaitu sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman yang termasuk sejenis rumput-rumputan ini tidak disukai nyamuk karena adanya zat geraniol dan sitronelal. Ekstrak serai juga telah dimanfaatkan dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk dengan aromanya yang khas.

5. Akar Wangi
5 Jenis Tanaman yang Berguna untuk Mengusir Nyamuk

Ini adalah sejenis rumput yang berasal dari India. Tumbuhan ini dapat tumbuh sepanjang tahun, dan dikenal orang sejak lama sebagai sumber wangi-wangian. Tumbuhan akar wangi dapat mengendalikan populasi nyamuk deman berdarah. Nyamuk demam berdarah, konon sangat takut menghadapi tumbuhan akar wangi. Bau menyengat yang keluar dari tumbuhan ini cukup mematikan bagi nyamuk. Kalau ingin mengusir nyamuk ternyata bisa menggunakan tanaman dan bukan saja dengan obat nyamuk bakar atau semprot, tanaman pengusir nyamuk juga bisa menjadi alternatif ampuh pengusir nyamuk. Selain aman untuk kesehatan, baik untuk lingkungan dan indah juga jika dijadikan penghias ruangan.

5 Jenis Tanaman yang Berguna untuk Mengusir NyamukTitle : 5 Jenis Tanaman yang Berguna untuk Mengusir Nyamuk ~ UniksPos
Description : Mosquito atau yang lazim kita sebut nyamuk adalah hewan yang mempunyai dua sayap dengan tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang. Sebagia...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews