5.11.2014

Ini Fakta-Fakta Unik yang Menggemparkan Tentang Reptil

Ini Fakta-Fakta Unik yang Menggemparkan Tentang Reptil -
UniksPos -
Jenis hewan vertebrata yang berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Reptilia adalah tetrapoda dan dapat menghasilkan telur yang embrionya diselubungi oleh membran amniotik. Mereka merupakan kelompok vertebrata menarik dengan salah satu sejarah terpanjang dari setiap makhluk hidup di Bumi. Pertama muncul lebih dari 300 juta tahun yang lalu, reptil diyakini telah turun dari amfibi dan selama evolusi mereka, telah menghasilkan banyak keturunan yang unik, yang paling terkenal adalah dinosaurus. Hari ini, reptil menghuni setiap benua kecuali Antartika dan mencakup sekitar 8.700 jenis.
Ini Fakta-Fakta Unik yang Menggemparkan Tentang Reptil
Milik Pribadi © 2014
Semua reptil berdarah dingin, dengan kulit ditutupi oleh sisik dan sebagian besar bertelur, walaupun ada spesies tertentu yang melahirkan. Reptil juga merupakan salah satu makhluk yang paling disalahpahami, dengan mitos lebih, takhayul dan legenda tentang mereka daripada hewan lain. Berikut ini ada fakta-fakta unik menakjubkan dan menggemparkan tentang reptil yang mungkin belum Anda ketahui. Mari kita simak bersama-sama!

Bunglon
Sejenis reptil yang termasuk ke dalam suku Agamidae. Kadal lain yang masih sekerabat adalah cecak terbang dan soa-soa. Bunglon meliputi beberapa marga, seperti Bronchocela, Calotes, Gonocephalus, Pseudocalotes dan lain-lain. Satu hal lagi yang unik tentang bunglon - mereka adalah satu-satunya binatang yang dapat menggerakan dan memfokuskan mata mereka secara terpisah, mata mereka berputar ke arah yang berbeda dan memberi mereka kemampuan untuk melihat dalam dua arah yang berbeda dan fokus pada objek terpisah secara bersamaan. Selain itu, bunglon juga satu-satunya binatang yang dapat memanjangkan lidahnya sampai 3 kali lebih panjang dari tubuhnya untuk menangkap makanan. Lidah ini terlempar keluar dari mulut dengan kecepatan sangat tinggi dan menjerat mangsa menggunakan ujungnya yang lengket. Bunglon bisa mengubah warna tubuh mereka tidak hanya untuk kamuflase dan untuk berbaur dengan latar belakang, tetapi juga sesuai dengan cahaya, suhu dan bahkan suasana hatinya.

Katak Emas
Bertentangan dengan kepercayaan orang, ular bukan hewan yang paling berbisa di dunia, tetapi milik katak panah emas beracun yang cukup dalam sistem racun untuk membunuh 20 manusia. khususnya Hutan Amazon. Ada lebih dari 170 spesies katak panah beracun, semuanya termasuk dalam famili Dendrobatidae. Nama "panah beracun" sendiri diberikan pada katak ini karena penduduk asli Amazon kerap menggunakan racun dari katak yang bersangkutan untuk berburu. Semua spesies katak panah beracun memiliki kulit yang berwarna warni dengan motif dan kombinasi warna yang bervariasi antar spesies. Katak panah beracun memiliki panjang tubuh maksimal yang tidak sampai 6 sentimeter.

Kura-Kura
Jenis hewan bersisik berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Bangsa hewan yang disebut Testudinata ini khas dan mudah dikenali dengan adanya ‘rumah’ atau batok yang keras dan kaku. kata "Turtles sama artinya dengan "slow" atau "lazy". mereka telah lama diejek dalam sastra dan cerita rakyat untuk kelambatan mereka. Tetapi apakah Anda tahu bahwa reptil tercepat di dunia sebenarnya kura-kura? Ya, kura-kura mungkin lambat di darat tetapi di air, mereka efisien dan cepat: penyu belimbing Pasifik dapat berenang dengan kecepatan sampai dengan 35 kilometer per jam membuatnya sebagai reptil yang bergerak tercepat di dunia. Di darat, reptil tercepat adalah iguana ekor berduri-Kosta Rika, yang telah diketahui kecepatannya hingga 33 kilometer per jam.

Ular
Jenis reptil yang tak berkaki dan bertubuh panjang. Ular memiliki sisik seperti kadal dan sama-sama digolongkan ke dalam reptil bersisik. Mereka adalah salah satu makhluk paling ditakuti di muka bumi dengan banyak orang percaya bahwa mereka bertanggung jawab atas kematian orang banyak. Namun pada kenyataannya, di Amerika Serikat, empat kali lebih banyak orang mati dari tawon lebah dan menyengat ketimbang gigitan ular. Selain itu, ular yang bertanggung jawab atas kematian manusia bukanlah raja kobra atau ular tetapi carpet viper yang hidup di wilayah dari Afrika Barat ke India. Demikian pula, meskipun Mamba hitam secara luas dianggap paling beracun, Cobra Asia benar-benar membunuh lebih banyak orang, membuatnya menjadi ular yang lebih mematikan.

Ular Derik
Jenis hewan berbisa yang tinggal di gurun Amerika Serikat. Terlihat dari kepalanya yang berbentuk segitiga. Juga, ular ini merupakan kumpulan ular berbisa dari genus Crotalus dan Sistrurus. Ular derik secara umum dikenal mematikan, namun apakah Anda tahu bahwa mereka masih bisa menggigit setelah mereka mati? Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan California di San Francisco telah menunjukkan bahwa ular derik masih mampu menggigit hingga satu jam setelah dipenggal atau ditembak, ilmuwan berasumsi bahwa refleks yang mungkin di picu oleh sensor inframerah masih aktif di ular.

Buaya 
Jenis reptil bertubuh besar yang hidup di air. Secara ilmiah, buaya meliputi seluruh spesies anggota suku Crocodylidae, termasuk pula buaya ikan. Jika Anda melihat buaya menelan, itu tidak terlalu ekstreme dari yang kelihatan. Sebab buaya sering menelan batu-batu besar yang tetap tinggal di perut mereka, membantu mereka untuk menggiling dan mencerna makanan mereka dan juga bertindak sebagai pemberat untuk membantu mereka menyelam lebih dalam.

Katak Kayu
Katak kayu memiliki penyebaran yang luas di seluruh Amerika Utara, membentang dari Pegunungan Appalachia selatan ke hutan boreal dengan beberapa populasi disjunct terkenal termasuk dataran rendah bagian timur North Carolina. Bagi kebanyakan hewan, pembekuan berarti kematian tertentu, namun bagi katak kayu Amerika Utara, pembekuan sebenarnya strategi untuk bertahan dalam musim dingin yang panjang. Ketika suhu menurun, organ katak dikelilingi dengan air dingin, yang menyebabkan jantungnya berhenti berdetak, paru-paru untuk berhenti bernapas dan ginjal berhenti bekerja. Katak memasuki keadaan "mati suri" di tempat yang dapat tinggal selama berbulan-bulan sampai musim semi datang pada saat itu akan mencair dan menjadi berfungsi penuh kembali dalam 10 jam.

Ini Fakta-Fakta Unik yang Menggemparkan Tentang ReptilTitle : Ini Fakta-Fakta Unik yang Menggemparkan Tentang Reptil ~ UniksPos
Description : Jenis hewan vertebrata yang berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Reptilia adalah tetrapoda dan dapat menghasilkan tel...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews
-->