5.27.2014

7 Sambal Pedas dan Khas di Indonesia

7 Sambal Pedas dan Khas di Indonesia -
UniksPos -
Orang Indonesia pasti kenal sama yang namanya sambal. Apapun namanya sambal itu, ada satu hal yang pasti sambal punya ciri khas, yaitu rasanya yang pades. Namun ternyata, tiap daerah di Indonesia memiliki sambal khasnya masing-masing. 
7 Sambal Pedas dan Khas di Indonesia
7 Sambal Pedas dan Khas di Indonesia
Hanya saja yang berbeda adalah rasa, bentuk dan warnanya, tapi tetap menggunakan bahan utama, yaitu cabai. Berikut ini ada tujuh sambal pedas yang khas di Indonesia. Mari kita simak bersama-sama!

1. Sambal Kemiri, Jawa Tengah
Sambal kemiri pedas ini enak dan gurih serta pas di hidangkan sebagai sambal nasi uduk atau di Acara keluarga makan bersama. Resep sambal istimewa ini berbeda dengan resep sambal terasi biasa. Selain itu, rasanya cukup unik bisa juga pedas sesuai selera. Adapun bahan yang diperlukan antara lain adalah kemiri, cabe merah, cabe rawit, bawang putih, tomat, terasi, gula merah dan garam.

2. Sambal Bajak, Banten
Sambal bajak cocok bila disajikan bersama nasi hangat. Ini merupakan sambal pedas asli dari Banten yang bahan-bahannya sangat banyak. Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal bajak adalah cabe rawit, pilih yang merah, cabe merah besar, bawang putih, bawang merah, tomat, terasi, gula merah dan garam. Selain itu bahan lain yang diperlukan yaitu daun salam, air asam, serai dan lengkuas.

3. Sambal Embe, Bali
Setiap daerah di Indonesia punya menu pelengkap berupa sambal, dalam berbagai variasi bahan. Dari Bali, Anda bisa mencicipi sambal embe yang pasti pedas. Sambal pedas ini berbahan dasar bawang merah, cabai rawit merah, cabai rawit hijau, terasi matang, garam dan jeruk limau.

4. Sambal Dabu Dabu Lilang, Manado
Ini adalah sambal yang cara penyajiannya cukup istimewa sehingga mampu memberikan daya tarik tersendiri. Rasa dari Sambal Dabu-dabu Lilang cukup mampu memikat lidah siapa saja yang mencobanya. Adapun bahan-bahannya adalah cabai merah, bawang merah, kemangi, cabai hijau, tomat, jeruk nipis dan garam. 

5. Sambal Rica, Manado
Ada satu lagi sambal pedas dari Manado, sambal rica-rica. Sambal ini dapat digunakan sebagai bahan sambal untuk daging. Proses memasak sambal rica-rica sangatlah mudah. Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah bawang merah, cabai merah, cabai rawit, jahe, serai, garam, gula dan jeruk nipis.

6. Sambal Kenari, Maluku
Mungkin sambal yang satu ini terdengar asing. Penasaran dengan cita rasa yang dihasilkan. Adapun bahan dasarnya adalah kenari, bawang merah, cabai merah, terasi matang, garam, gula pasir, dan lemon cina.

7. Sambal Parado, Nusa Tenggara Barat
Ini adalah sambal sederhana yang biasa disantap untuk teman makan ikan laut bakar ataupun ikan laut goreng yang berbahan dasar jeruk purut, cabai rawit merah, garam, gula pasir.

7 Sambal Pedas dan Khas di IndonesiaTitle : 7 Sambal Pedas dan Khas di Indonesia ~ UniksPos
Description : Orang Indonesia pasti kenal sama yang namanya sambal. Apapun namanya sambal itu, ada satu hal yang pasti sambal punya ciri khas, yaitu rasa...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews